Menghalangi Petugas Pemadam, Drone Anda Bisa Ditembak Jatuh Di California !

Beberapa kasus kebakaran akhir-akhir ini di Amerika Serikat diwarnai dengan aksi drone yang menghalangi kegiatan pemadam kebakaran di lokasi. Menghadapi hal itu, kini para pembuat undang-undang di negara tersebut tampaknya mulai mengambil tindakan.

Pada hari Senin lalu, Senator California Ted Gaines mengumumkan bahwa ia akan memperkenalkan rancangan UU baru, UU Senat 168 dimana dalam UU tersebut akan melindungi petugas pemadam kebakaran dari aksi drone saat dia bekerja. Meski salinan resmi UU tersebut belum dipublikasikan, Gaines mengungkapkan bahwa UU itu akan memberikan kekebalan hukum bagi setiap petugas pemadam untuk menjatuhkan drone atau melakukan segala tindakan yang diperlukan untuk menghilangkan gangguan yang disebabkan oleh drone di kawasan yang menjadi tugas mereka tanpa harus takut dituntut.

Sebuah undang-undang lainnya juga telah diperkenalkan yang akan memberikan pelajaran bagi setiap orang yang kedapatan memiloti drone dan mengganggu aktifitas atau kegiatan pemadaman kebakaran. Pengguna drone itu akan dihukum denda hingga US$ 5,000 dan kurungan penjara selama 6 bulan.

Gaines mengungkapkan bahwa tujuan utama dari UU ini untuk menyadarkan masyarakat bahwa drone jika rusak atau hilang masih bisa diganti, namun tak demikian dengan nyawa yang melayang karena kelalaian seperti itu. Disaat para petugas pemadam kebakaran mempertaruhkan nyawa mereka untuk memadamkan api tak seharusnya orang bermain-main dengan drone yang bisa membahayakan nyawa orang lain dalam kondisi seperti itu.

(Sumber : Senator Ted Gaines, Petapixel)

Header image © Pixabay.com

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *