3 Langkah Mudah Menyimpan Preset Lightroom Kreasimu Sendiri (Bonus: Preset Warm Tone)

Kamu pengguna setia Adobe Lightroom? Tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya preset Lightroom.

Yup, preset Lightroom adalah salah satu cara paling mudah dan sangat menghemat waktu saat kita mengedit ratusan bahkan ribuan foto sekaligus.

Cara Sederhana Menyimpan Preset Lightroom Kreasimu Sendiri (Bonus: Preset Warm Tone)

Nah selain kita bisa mendownload preset Lightroom yang tersedia di internet, kamu juga bisa membuat preset Lightroom kreasimu sendiri.

Mari kita lihat langkah-langkahnya yang sangat sederhana.

1. Tentukan settingan terbaik yang ingin kamu simpan sebagai preset

Salah satu keunggulan dari Lightroom adalah kemudahan dalam mengedit. Dengan menggeser slider yang ada di tab Develop, maka kita dengan mudah bisa melihat dampaknya dalam foto secara langsung.

Nah saat kamu sudah menemukan settingan yang pas dalam sebuah foto, artinya kamu sudah selesai mengedit foto tersebut dan ingin menyimpan settingan tadi, kamu bisa menyimpannya dalam bentuk presetnya sendiri.

2. Masuk di Tab Develop

Klik Tab Develop yang biasa kamu pakai saat akan mengedit, dengan begitu akan muncul menu Develop di deretan menu kiri atas Adobe Lightroom kamu

Cara Sederhana Menyimpan Preset Lightroom Kreasimu Sendiri (Bonus: Preset Warm Tone)

3. Simpan Preset Kamu: Pilih Menu Develop Lalu Pilih New Preset

Untuk menyimpan settingan yang baru saja kamu pakai dalam mengedit foto sebagai preset baru, silakan klik menu Develop di bagian kiri atas tampilan Lightroom, akan muncul deretan menu di bawahnya.

Cara Sederhana Menyimpan Preset Lightroom Kreasimu Sendiri (Bonus: Preset Warm Tone)

Pilih New Preset, kemudian akan muncul jendela dialog baru New Develop Preset, masukkan nama sesuai keinginan kamu, usahakan nama yang ada mendeskripsikan efek yang ditimbulkan dari preset tersebut.

Cara Sederhana Menyimpan Preset Lightroom Kreasimu Sendiri (Bonus: Preset Warm Tone)

Jika sudah, masih dalam jendela dialog yang sama, kamu bisa pilih pengaturan mana saja yang ingin kamu simpan dalam preset tersebut dengan cara memberi centang masing-masingnya.

Setelah semua sudah selesai, silakan pilih ‘create’ maka preset baru kamu secara otomatis akan tersimpan dan akan tampil di bagian bawah deretan preset default Lightroom, khususnya di bagian ‘user presets’.

Dengan begitu tiap kali kamu pengen mengedit foto dan ingin menggunakan settingan yang sama seperti yang tadi, kamu tinggal menggunakan preset yang sudah tersimpan rapi tadi.

***

Mudah kan untuk menyimpan preset karyamu sendiri? Jika kamu ingin mengcopy preset tadi atau ingin dibagikan kepada orang lain, kamu bisa melakukannya dengan pilihan export.

Silakan klik kanan pada preset yang diinginkan lalu pilih export lalu tinggal pilih folder tujuan menyimpan preset.

Jika tertarik kamu bisa mendapatkan preset yang digunakan untuk mengedit foto di awal postingan dengan gratis di sini.

Senang dengan artikel serupa? Silakan bergabung dengan kami via Facebook atau Twitter untuk mendapatkan postingan terbaru di beranda atau timeline kamu.

Kamu juga bisa mendaftarkan email kamu lewat form di bawah artikel ini, untuk mendapatkan tips fotografi terbaru langsung di email kamu.

Terima kasih sudah membaca dan semangat memotret!

Baca Juga...

1 Response

  1. Rosemitha says:

    thanks ya sharingnya….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *