Photobooth 3D Ini Menggunakan 120 Buah Kamera Panasonic Lumix GH4 !

Pernah membayangkan untuk memiliki patung figuran diri sendiri dalam bentuk mini ? Dengan teknologi saat ini hal tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil, dengan menggunakan scanner serta printer 3D anda sudah bisa mencetak figuran diri anda sendiri, bahkan di beberapa negara sudah tersedia outlet resmi untuk mendapatkan figuran tersebut secara langsung. Namun teknik scanner ini memiliki kelemahan tersendiri yaitu membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses scanningnya hingga beberapa detik, dalam waktu tersebut tentu anda tak boleh bergerak agar supaya hasil yang didapatkan maksimal. Menggunakan konsep yang sama, Panasonic baru-baru ini memperkenalkan stan foto 3D yang mampu menghasilkan figuran diri anda sendiri dalam tiga dimensi. Alih-alih menggunakan scanner 3D, pihak Panasonic malah menggunakan ratusan kamera digital micro four thirds milik mereka sendiri, Panasonic Lumix GH4.

photobooth 3d

photobooth 3d panasonic2

Setiap kamera ini ditempatkan sedemikan rupa di dinding ruangan tersebut, sehingga dapat mengambil foto setiap orang yang ada dalam ruangan dari keseluruhan sisi dan sudut pandang. Setiap foto yang ditangkap kemudian diproses menggunakan software tertentu, kemudian digabungkan untuk menjadi objek model tiga dimensi. Jika anda ingin, maka hasil olahan 3D tadi bisa dicetak untuk mendapatkan figuran tiga dimensi diri anda dalam ukuran skala 1:10. Keunggulan dari penggunaan kamera sebagai pengganti scanner 3D adalah anda bisa bergerak sesuka hati anda, melompat atau berpose semau anda karena kamera-kamera tersebut akan memotret dengan kecepatan hingga 1/1000 detik, dengan begitu gerakan seperti apapun yang anda buat hasil potretnya akan tetap tajam.

photobooth 3D (2)

Untuk ruangan yang digunakan Panasonic sendiri cukup luas sehingga bisa menampung sampai dua orang sekaligus, jadi kalau anda lagi kasmaran dan ingin narsis dengan cara unik bersama pacar silakan saja berfoto di sini, bahkan ada pasangan pengantin yang mengabadikan potret mereka menjadi patung figuran kecil. Setiap kamera Lumix GH4 disinkronisasikan untuk bisa memotret secara bersamaan dalam waktu 1/1.000.000 detik sehingga akurasi fotonya sangat terjamin. Berikut adalah video singkat yang menampilkan ‘3D Photo Lab’ ini.

Jika tertarik anda bisa mengunjungi Panasonic Center di Osaka, Jepang. Sayangnya patung figuran 3D tersebut dihargai cukup mahal, anda harus merogoh kocek sebesar 55000 Yen atau sekitar 6 juta rupiah untuk bisa membawanya pulang. Namun hal itu mungkin bisa dimaklumi, untuk membuat photobooth itu Panasonic menggunakan sekitar 120 kamera Lumix GH4 yang masing-masingnya seharga sekitar Rp. 20 juta body only, sehingga total keseluruhan harganya mencapai 2,4 milyar rupiah hanya untuk bodi kamera saja belum termasuk lensa dan lain-lainnya, wow ! Jadi bagaimana, tertarik untuk berfoto di sini ?

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *