Pilihan Kamera Mirrorless Terbaik Dengan Budget 5 Juta Rupiah, Untuk Teman Jalan-Jalan Kamu!

Ingin membeli kamera mirrorless namun hanya punya budget terbatas? Mari simak 5 kamera mirrorless terbaik dengan harga di kisaran 5 juta rupiah.

Catatan: Artikel ini telah diupdate untuk menyesuaikan beberapa tipe yang disebutkan sebelumnya di daftar ini sudah sulit dijumpai di beberapa camera store. Selain itu ada juga penambahan beberapa tipe kamera baru di rentang harga 5 jutaan.

Kamera Mirrorless Dengan Budget 5 Juta Rupiah

Mengapa memilih kamera mirrorless?

Kamera mirrorless semakin menjadi favorit di kalangan fotografer maupun orang awam yang tertarik membuat foto bagus tapi tak ingin memiliki DSLR yang berat.

Dengan beberapa kelebihan yang dimilikinya seperti bobot yang ringan dan hasil foto yang mendekati atau bahkan setara DSLR (untuk ukuran sensor yang sama), membuat mirrorless menjadi teman yang menyenangkan untuk diajak traveling maupun memotret serius.

Selain itu kamu jadi lebih tampil gaya tentunya bersama teman-teman kamu.

Baca juga : 

Untuk kamu yang memiliki budget pas-pasan, kami hadirkan daftar kamera mirrorless berkualitas yang bisa didapatkan dengan harga di rentang Rp. 5 jutaan.

1. Olympus E-PM2

Olympus E-PM2 Kamera Mirrorless Dengan Budget 5 Juta Rupiah

Sumber : Digitalcamerareview.com

Olympus tampaknya cukup serius dengan produk-produk mirrorless yang mereka usung. Jika kamu benar-benar memiliki budget yang terbatas, namun ingin mendapatkan kamera mirrorless yang cukup andal, Olympus E-PM2 ini bisa menjadi pilihan kamu.

Ukuran Sensor : 17,3 x 13mm Micro Four Thirds | Resolusi kamera: 16 megapiksel | Lensa kit : 14-42mm, f/3.5-5.6 | Ukuran Layar 3-inch Touch Control | Viewfinder: -| Kemampuan foto berturut-turut: 8fps | Video: Full HD 1080p | Konektivitas: Wi-fi capable | Berat: 269gr

Ukuran yang mungil serta kemampuan baterai yang cukup andal, membuat kamera ini bisa menjadi teman perjalanan kamu saat berlibur ataupun traveling.

Untuk kualitas gambar yang dihasilkan sendiri sudah cukup memuaskan meski hanya memiliki sensor gambar Micro Four Thirds yang lebih kecil dari APSC.

Saat ini Olympus E-PM2 dijual di kisaran harga Rp. 4.8 juta*. Kamu juga bisa baca review lengkap kamera ini di sini.

2. Sony A3500

sony 3500 Kamera Mirrorless Dengan Budget 5 Juta Rupiah

Sumber: Sony.com.au

Penerus dari kamera Sony A3000 ini cukup menjanjikan bagi kamu yang memiliki budget terbatas, dengan ukuran sensor APSC, tentunya kamera mirrorless ini sudah mampu menghasilkan gambar berkualitas setara DSLR.

Ukuran Sensor: 23.5 x 15.6 mm APSC | Resolusi kamera: 20,1 megapiksel | Lensa kit : 18-50mm, f/4-5.6 | Ukuran Layar 3-inch 230.400 titik | Viewfinder: EVF True Finder | Kemampuan foto berturut-turut: 3,5fps | Video: Full HD 1080p | Konektivitas: – | Berat: 411gr

Salah satu kelemahan utama Sony A3500 mungkin adalah tidak adanya W-Fi terintegrasi, padahal kebutuhan akan kecepatan transfer file gambar tentu sudah sangat penting di saat ini. Selain itu resolusi LCD yang hanya 230ribu titik tentu masih kalah dengan beberapa pesaingnya.

Di luar kelemahan tersebut, hasil gambar serta kemampuan lainnya sudah sangat mencukupi bagi kamu penghobi fotografi, berbagai mode pemotretan serta kemampuan standar kamera seperti mode manual dan bulb, sudah cukup menantang kamu untuk bereksperimen dalam memotret.

Kamera mirrorless Sony A3500 ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp. 4.5 juta*.

3. Canon EOS M10

Kamera Canon EOS M10. Sumber

 

Deretan kamera mirrorless Canon sebenarnya sudah diluncurkan sejak lama. Sayangnya produk yang diluncurkan Canon awalnya kurang memuaskan penggemar setia salah satu penguasa pasar DSLR ini.

Lambatnya autofokus serta deretan kekurangan lainnya membuat seri awal EOS-M (penamaan Canon untuk seri mirrorlessnya) kurang diterima pasar.

Belajar dari pengalaman membuat Canon semakin memperbaharui lini mirrorlessnya hingga saat ini deretan mirrorless Canon sudah cukup banyak beredar. Salah satunya adalah seri EOS-M10.

Kamera ini berhasil masuk ke daftar top kamera mirrorless 5 jutaan selain karena harganya yang cukup terjangkau, juga karena kualitasnya yang bisa diacungi jempol.

Diluncurkan pada akhir tahun 2015 EOS M-10 mengusung spesifikasi seperti sensor APS-C dengan resolusi 18 megapiksel, layar touchscreen yang bisa dilipat ke atas, dan berat yang hanya 301 gram membuat kamera ini enak ditenteng kemana-mana.

Baca juga:

Salah satu kekurangan yang mungkin terasa adalah tak adanya hot-shoe untuk memotret dengan flash eksternal. Tapi buat kamu yang hanya ingin memotret untuk having fun saja, hal tersebut tentu bukan hal yang mengkhawatirkan.

Berikut adalah spesifikasi utama kamera mirrorless Canon EOS M10:

Ukuran Sensor: 22.3 x 14,9 mm APSC | Resolusi kamera: 18 megapiksel | Lensa kit : EF-M 15-45mm, f/3.5-5.6 | Ukuran Layar 3 inch touch screen 1.04 juta tititk | Viewfinder: – | Kemampuan foto berturut-turut: 4,6 fps | Video: Full HD 1080p | Konektivitas: Wi-Fi & NFC | Berat: 301gr (battery include)

Kamu bisa baca review kamera ini secara mendalam di sini (english). Oh ya, kamera mirrorless Canon hanya bisa menggunakan lensa tipe EF-M, untuk menggunakannya bersama seri lensa Canon EF dan EF-S kamu bisa menggunakan adaptor.

Saat ini harga kamera mirrorless Canon EOS M10 ada di kisaran Rp. 5.255.000.

4. Sony A5000

sony-a5000__ Kamera Mirrorless Dengan Budget 5 Juta Rupiah

Varian murah dari Sony ini cukup mempesona, dengan tampilan minimalis dan mungil membuat kamera ini cukup populer, diluncurkan bersamaan dengan kakaknya A6000, perbedaan harga keduanya memang cukup signifikan.

Ukuran Sensor: 23.5 x 15.6 mm APSC | Resolusi kamera: 20,3 megapiksel | Lensa kit : 16-50mm, f/3.5-5.6 | Ukuran Layar 3 inch 460.800 titik | Viewfinder: – | Kemampuan foto berturut-turut: 2,5fps | Video: Full HD 1080p | Konektivitas: Wi-Fi & NFC | Berat: 210gr

Yang menarik dari kamera mirrorless Sony adalah dukungan lensa yang cukup memadai, kamu bisa memilih beberapa lensa dengan panjang fokal tertentu untuk E-Mount khusus mirrorless Sony, selain itu kamu juga bisa memasangkan lensa dari DSLR merk lain, menggunakan adaptor yang banyak tersedia.

Tahukah Kamu?
“Kamera mirrorless Sony A5000 memiliki saudara yaitu Sony A5100, meski terlihat hampir serupa namun keunggulan A5100 adalah memiliki touch screen serta lebih canggih sistem fokusnya”

Kelemahan utama dari kamera Sony A5000 ini adalah ketidaktersediaannya hotshoe, jadi kamu tak bisa menggunakan flash eksternal untuk kamera mungil ini.

Jika hanya dipakai untuk jalan-jalan tentu itu tak jadi soal penting. Selain itu kemampuan autofokus kamera ini juga tidak terlalu cocok untuk fotografi aksi.

Baca juga: Harga Kamera Mirrorless Sony Terbaru

Sama seperti NX3000, layar kamera A5000 juga bisa dilipat ke atas hingga 180 derajat guna keperluan potret diri sendiri atau selfie.

Kamera Sony A5000 ini bisa kamu bawa pulang dengan harga 5, 5 juta – 5.9 juta rupiah*, menariknya pihak Sony seringkali mengadakan promo berupa cashback hingga Rp. 1 juta, tentu otomatis harga kamera ini jadi lebih murah. Silakan cek di toko kamera kesayangan kamu apakah ada promo serupa.

 

5. Fujifilm X-A1

Fuji X-A1 Kamera Mirrorless Dengan Budget 5 Juta Rupiah

Merk kamera Fujifilm sempat tenggelam beberapa waktu lalu, tapi kemudian bangkit dengan jajaran kamera mirrorless berkualitas. Saat ini merk mirrorless Fujifilm terkenal dengan kualitas gambar yang ciamik serta tampilan yang keren, termasuk juga seri kamera mirrorless Fuji entry level ini, Fujifilm X-A1!

Ukuran Sensor: 23.5 x 15.6 mm APSC | Resolusi kamera: 16,3 megapiksel | Lensa kit : 16-50mm, f/3.5-5.6 | Ukuran Layar 3 inch 920.000 titik | Viewfinder: – | Kemampuan foto berturut-turut: 5,6fps | Video: Full HD 1080p | Konektivitas: Wi-Fi | Berat: 330g

Salah satu yang sering dipuji dari kamera Fujifilm adalah hasil olahan gambar langsung dari kameranya. Sekalipun bodi kameranya sendiri harus ada kompensasi kualitas dengan harga, namun beberapa hal penting dalam kenyamanan memotret tetap diperhatikan Fuji.

Diantaranya adalah dua tombol putar di bagian kanan kamera, yang sangat memudahkan dalam mengatur aperture dan shutter speed.

Salah satu kekurangan Fujifilm X-A1 adalah di kondisi cahaya yang redup, kamera akan sedikit kesulitan dalam mengunci fokus. Namun memang ini adalah hal yang umum untuk kamera mirrorless di kelas entry level.

Selain itu layar LCD juga akan tampak gelap jika kamu memotret di situasi yang sangat kurang cahayanya.

Namun jika kamu memotret di kondisi biasa, bahkan untuk mengejar momen dengan burst 5,6 fps pun masih bisa didapat. Dengan bodi mungil dan berdesain retro, tentu akan sangat menyenangkan buat kamera ini dipakai memotret human interest.

Untuk saat ini, kamu bisa mendapatkan kamera Fujifilm X-A1 dengan banderol harga Rp. 5,6 juta*.

 

* Harga berdasarkan pengecekan di beberapa toko online terpercaya di Indonesia, dan dapat berubah sewaktu-waktu.

****

Demikian beberapa kamera mirrorless untuk kamu yang senang jalan-jalan namun memiliki budget terbatas, jangan lupa untuk membagikan artikel ini buat teman-teman lainnya yang lagi hunting kamera mirrorless untuk dipakai traveling.

Jika kamu punya pilihan sendiri untuk kamera mirrorless dengan budget Rp. 5 jutaan, silakan ditambahkan di kolom komentar.

Bonus

Kamera Mirrorless Terbaik Lainnya (No Budget)

Sudah melihat rangkaian kamera mirrorless untuk budget 5 jutaan di atas?

Nah bagi kamu yang mungkin ‘ingin lebih’ dari rangkaian kamera di atas, tanpa memusingkan budget atau batasan harga (entah ingin menabung dulu atau menunggu arisan hehe).

Berikut beberapa pilihan kamera mirrorless yang kami hadirkan sebagai bonus spesial untuk kamu:

1. Sony Alpha 6000

Kamera ini memenangkan Gold Award dari situs review kamera terkemuka Dpreview (Baca di sini untuk review lengkapnya)!

Hal yang wajar, karena pada saat diluncurkan (tahun 2014) kamera ini bisa dikatakan mengalahkan para kompetitornya di tingkat kelas yang sama, bahkan bisa melampaui beberapa tipe kamera DSLR yang notabene berada di jalur berbeda.

Sony A6000

Beragam keunggulan dari kamera ini antara lain adalah kemampuan fokusnya yang menakjubkan, bahkan mampu melebihi DSLR mid-entry level.

Saat diluncurkan, pabrikan Sony mengklaim bahwa kamera ini merupakan mirrorless dengan autofokus tercepat di pasaran, di saat mirrorless lainnya agak tertatih saat mencari fokus, A6000 bisa melesat dengan burst hingga 11 frame per detik! Jauh melebih kamera D7100 yang hanya 7 fps.

Ukuran Sensor: APSC | Resolusi kamera: 24,3 megapiksel | Lensa kit : 16-50mm, f/3.5-5.6 | Layar: LCD Lipat 3 inch 1.440.000 titik | Viewfinder: Electronic Viewfinder | Kemampuan foto berturut-turut: 11 fps | Video: Full HD 1080p | Konektivitas: Wi-Fi & NFC | Berat: 468gr (termasuk baterai)

Selain kemampuan fokus yang canggih, kualitas gambar kamera ini patut diacungi jempol.

Dukungan konektivitas serta kemampuan rekam video dengan manual control turut menambah nilai plus kamera ini.

Saat ini Sony A6000 dijual di rentang harga Rp. 8.500.000 untuk body only.

Kamu yang ingin versi mutakhirnya bisa melirik A6300 yang diluncurkan belum lama ini (Mei 2016), tentu dengan harga lebih mahal (Rp. 14.000.000 untuk bodi saja).

2. Fujj XT1

TerFujilah.

Hehe.

Komunitas pecinta Fuji di Indonesia saat ini cukup banyak, ditambah dengan gencarnya promosi yang dilakukan Fujifilm Indonesia menggandeng beberapa fotografer pro, membuat popularitas kamera ini cukup diperhitungkan.

Fuji X-T1

Nah salah satu kamera andalah dari pabrikan ini adalah Fuji XT1. Ditempatkan sebagai kamera mirrorless kelas pro, sudah tentu fitur pro yang bisa kamu dapatkan tersemat di dalam bodi mungilnya.

Ukuran Sensor: APSC | Resolusi kamera: 16 megapiksel | Lensa kit : 18-55mm, f/2.8-4 | Layar: LCD Lipat 3 inch 1.040.000 titik | Viewfinder: 2,36 dots OLED Electronic Viewfinder | Kemampuan foto berturut-turut: 8 fps |ISO: 200-6400, plus 100 – 51200 expanded | Video: Full HD 1080p | Konektivitas: Wi-Fi | Berat: 330g

Fuji X-T1 ini dirancang weather shield! Artinya kamu yang hobi memotret sambil bermain gerimis hujan pun tak masalah.

Desain ala retro atau kamera jadulnya pun tampil sangat mempesona. Ditambah deretan roda kontrol di bagian atas kamera, akan membuat pengguna sangat terbantu dalam mengganti settingan kamera sesuai yang diinginkan.

Selain itu seperti disebutkan sebelumnya di seri  Fuji X-A1, hasil gambar fresh from camera sangatlah menawan untuk merk Fuji. Bisa dikatakan Instagramable banget!

Kamu yang tertarik dengan kamera Fuji X-T1 ini bisa mendapatkannya di beberapa toko kamera ternama dengan rentang harga mulai dari Rp. 15.999.000 untuk paket body only.

****

Demikianlah beberapa kamera mirrorless yang layak kamu miliki dengan harga sekitar 5 jutaan. Bagi yang masih kepincut dengan kamera DSLR, bisa dibandingkan dulu dengan harga kamera DSLR Canon atau Nikon ini.

Oh ya, pastikan kamu menyimak beragam  tutorial dan tips menarik dalam bentuk video (segera diupdate) di channel Youtube Saveseva Fotografi.

So semangat memotret!

Baca juga:

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *