Simpan Foto Ke Laptop Dari Kamera Nikon Via Wi-Fi Dengan Airnef !

Kemampuan koneksi wireless antar perangkat semakin berkembang setiap saat, tak terkecuali dengan kamera. Saat ini rata-rata seluruh kamera modern sudah dilengkapi dengan kemampuan tersebut.

Demikian juga dengan pabrikan kamera Nikon, beberapa produk kameranya yang baru diluncurkan sudah memiliki fitur Wi-Fi default di bodi kamera.

Simpan Foto Ke Laptop Dari Kamera Nikon Via Wi-Fi Dengan Airnef

Sebut saja kamera di format APSC seperti Nikon D5300 , D5500 dan D7200. Bahkan untuk format full frame pun terdapat Nikon D750. Jika anda memiliki kamera Nikon yang tak punya fitur Wi-Fi, tetap ada pilihan untuk menggunakan adapter khusus WU-1a atau WU-1b agar kamera anda bisa terhubung via wi-fi.

Meski demikian, masih ada beberapa kelemahan fitur Wi-Fi di kamera Nikon ini, antara lain anda hanya bisa mengirimkan foto dari kamera ke smartphone atau gadget saja.

Sejauh ini software resmi yang mendukung untuk transfer wireless baru tersedia di OS Android dan iOS, yaitu Nikon Wireless Mobile Utility.

Selain itu tetap ada batasan file yang bisa didownload, biasanya ukuran foto yang bisa didownload hanya untuk preview atau bukan file originalnya. Software tersebut akan menyesuaikan ukuran file dengan layar smartphone atau gadget anda.

Anda juga tak bisa mendownload format video ataupun foto dengan format raw ( di Nikon diberi ekstensi .NEF).

Menyiasati hal tersebut, kini telah tersedia software Airnef yang bisa anda gunakan untuk menyimpan file langsung dari kamera ke laptop atau komputer via wireless atau Wi-Fi.

Simpan Foto Ke Laptop Dari Kamera Nikon Via Wi-Fi Dengan Airnef,

Airnef merupakan program open source yang dirancang untuk bisa bekerja di sistem operasi Windows, OSX, ataupun Linux. Software ini ditulis dengan bahasa pemrograman Phyton dan Anda hanya perlu menginstalnya di PC atau laptop untuk menggunakannya.

Salah satu kelebihan software ini, kita bisa mendownload foto dari kamera dalam semua ukuran dan format. Baik itu JPEG original ataupun foto dengan format RAW pun bisa disimpan langsung.

Tak hanya foto, file video dengan format .mov pun bisa ditransfer dengan aplikasi ini.

Silakan dilihat bagaimana penggunaan software ini pada video berikut, di video tersebut diterangkan langkah-langkah menggunakan program Airnef saat menyimpan foto dari kamera Nikon D7200.

Menariknya kita juga bisa memilih format file mana yang ingin kita download, skip file yang telah tersimpan sebelumnya, maupun menentukan waktu kapan akan menyimpan atau mendownload file dari kamera ke komputer.

Untuk urusan kecepatan transfer, download file RAW bisa mencapai 2-2,5 Mb per detik, sehingga rata-rata file RAW dengan ukuran 20-an Mb bisa didownload 10-15 detik.

Kecepatan transfer tersebut bisa dicapai karena software ini menggunakan sistem MTP (Media Transfer Protocol) yang menjaga kecepatan download di kisaran 2,5 Mbps.

Simpan Foto Ke Laptop Dari Kamera Nikon Via Wi-Fi Dengan Airnef,

Tentunya dengan kemampuan menyimpan file langsung ke laptop via wi-fi dari kamera Nikon ini, akan sangat membantu jika Anda tak mau direpotkan dengan penggunaan kabel yang ribet.

Sebagai catatan, software ini juga bisa digunakan untuk simpan foto via wifi dengan kamera Canon, yah jika Anda kurang menyukai software bawaan Canon, EOS Utility.

Silakan mengunjungi website resmi aplikasi ini untuk mendownload langsung installernya ke komputer Anda, ukuran file downloadnya sendiri hanya di kisaran 5,8 Megabyte.

(Sumber : Airnef, Petapixel)

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *