Sony Investasi Puluhan Triliun Rupiah Guna Meningkatkan Produksi Sensornya

Seperti kita ketahui bersama, pabrikan Sony adalah salah satu market leader untuk pasar sensor kamera di dunia, 40 persen dari sensor kamera yang dijual tahun 2014 di seluruh dunia diproduksi oleh perusahaan ini. Dengan semakin meningkatnya animo masyarakat terhadap produk kamera serta smartphone membuat Sony meraup keuntungan luarbiasa dari lini bisnis sensornya ini. Hal ini juga ditambah dengan produk smartphone Apple, Iphone yang laku keras di pasaran. Sony sendiri merupakan partner Apple dalam memasok sensor untuk Iphone.

Pada beberapa tahun lalu Sony telah menetapkan akan memfokuskan lini bisnisnya pada tiga pilar utama, yaitu digital imaging, mobile dan game. Dilansir dari Reuters, perkembangan terbaru dari keputusan pabrikan yang berpusat di Jepang ini cukup mengejutkan. Pihak Sony tampaknya berencana untuk menginvestasikan sekitar 4 miliar dolar Amerika atau sekitar 52 triliun rupiah untuk pendanaan produksi sensor mereka. Guna mendapatkan dana sebesar itu, Sony bahkan dalam rilis resmi mereka akan menerbitkan sejumlah saham baru. Ini merupakan yang pertama kalinya dalam rentang 26 tahun terakhir pihak Sony menerbitkan saham baru. Sebuah indikator yang menunjukan keseriusan pabrikan pimpinan Kazuo Hirai ini dalam bidang sensor kamera.

Lini digital imaging mungkin bisa menjadi pertahanan terakhir Sony setelah sebelumnya mereka mengalami kerugian yang cukup besar, dimana penjualan produk televisi dan smartphone mereka kurang laku di pasaran. Ketimbang mengeluarkan produk di bawah mereknya sendiri, Sony tampaknya lebih berfokus untuk menjadi suplier komponen berkualitas tinggi untuk produsen lain. Awal tahun ini Sony hanya mampu memenuhi permintaan sensor sebesar 50% saja dari produsen smartphone yang berbasis di China. Guna merangkup ¬†pangsa pasar yang sedemikian besar itulah tampaknya Sony tak ragu-ragu menggelontorkan dana triliunan untuk basis produksi sensornya. Tentu ini tetap merupakan sebuah langkah panjang dari Sony yang hanya bisa dilihat hasilnya dalam rentang beberapa waktu ke depan. Satu hal yang pasti, meniru tagline produk minuman dalam negeri “mau kamera atau smartphone apa yang anda punya, Sony tetaplah sensornya !”.

Baca juga : Akhir Dari Kamera Sony Dengan Cita Rasa Hasselblad

(Sumber : Reuters)

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *