Surat Kabar Menampilkan Gambar Kartun Foo Fighters Saat Konser Untuk Memprotes Kebijakan Kontrak Foto Mereka !

Setelah beberapa surat kabar terkenal di dunia melakukan boikot dan protes kepada penyanyi dan musisi yang tak adil dalam hal kontrak dengan fotografer, dalam hal ini ada Washington Post dan The Irish Times, kini bertambah satu lagi surat kabar terkenal di Kanada Le Soleil yang melakukan aksi protes atas kebijakan artis yang dinilai terlalu tak adil kepada fotografer.

karikatur dari The Foo Fighters

Karikatur dari kartunis yang menampilkan band The Foo Fighters dalam konser mereka.

Dalam artikel yang dirilis surat kabar tersebut di website resminya, pihak redaksi menuliskan bahwa mereka mengutus kartunis Francis Desharnais ke acara konser The Foo Fighters daripada menandatangani kontrak tak adil dari pihak manajemen artis tersebut. Tentu ini merupakan salah satu babak baru dalam ajang protes media atas ketidakadilan kontrak fotografer yang diharuskan artis atau manajemennya.  Adapun fotografer resmi dari surat kabar itu Jean-Marie Villeneuve tetap hadir di acara konser The Foo Fighters, namun ketimbang memotret dari tempat resmi yang disediakan untuk pers (yang tentu mengharuskannya menandatangani kontrak terlebih dahulu), dia lebih memilih memotret dari tempat lain yang lebih tinggi.

Artikel dari Le Soleil ini terbit hanya sehari setelah artikel serupa dimuat di Huffington Post yang menyatakan 6 orang fotografer dari Montreal menolak untuk menandatangani kontrak foto Taylor Swift.

Header image © Noah Sussman

Cartoon image © Francis Desharnaiss

(Sumber : Petapixel)

 

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *