Teknologi ‘Post Focus’ Panasonic, Mampu Mengubah Fokus Foto Selesai Dipotret

Panasonic memperkenalkan teknologi fokus baru ke publik, teknologi yang dinamakan ‘Post Focus’ ini merupakan pemanfaatan dari mode burst 30fps yang dimilikinya saat merekam video 4K  untuk menghasilkan foto dengan titik fokus yang berbeda-beda. Teknologi yang memungkinkan fotografer mengambil foto dari rekaman video 4K yang direkamnya, sehingga menghasilkan foto dengan resolusi setara 8 megapiksel sudah diterapkan ke mirrorles terbaru Panasonic GX8 dan kamera prosumer FZ300 yang baru saja diluncurkan.

 

Menggunakan konsep di atas, teknologi ‘Post Focus’ Panasonic memungkinkan fotografer untuk mengoreksi kesalahan fokus yang dialami saat memotret. Selain itu fotografer juga bisa mengubah titik fokus yang ada jika dia menginginkannya saat proses pengeditan foto nantinya.

refocusing

Cara kerja teknologi ini adalah saat anda menekan shutter kamera menggunakan fitur ‘Post Focus’ maka kamera akan merekam gambar dengan frame rate hingga 30fps, dengan mode ini akan dihasilkan sekitar 50 gambar yang sama namun memiliki titik fokus yang berbeda-beda masing-masingnya. Fotografer dapat menentukan di titik mana dia ingin titik fokus foto dijatuhkan dan kamera akan memproses foto dengan titik fokus tersebut berdasarkan database foto-foto tadi kemudian menyimpan foto dengan titik fokus yang baru itu sebagai file foto yang terpisah.

Metode ini sebenarnya sudah diterapkan di beberapa perangkat smartphone baik itu Apple maupun Android dimana kamera smartphone akan menangkap beberapa gambar sekaligus, kemudian si pengguna akan memilih momen yang mana yang paling dia inginkan untuk kemudian disave menjadi foto tersendiri. Berkembang dari konsep itulah tampaknya Panasonic mengembangkan fitur ‘Post Focus’ ini, namun tentunya dengan pendekatan yang berbeda.

Teknologi ini akan diterapkan pada mirrorless GX8 serta prosumer FZ300 melalui firmware yang akan diterbitkan Panasonic pada akhir 2015 atau awal 2016 nanti. Sedangkan setiap kamera yang diproduksi Panasonic nantinya sudah akan memiliki fitur teknologi ‘Post Focus’ ini secara default di dalamnya.

(Sumber : Petapixel)

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *