Membuat Efek Bokeh Menggunakan Kamera Smartphone

Bokeh di wikipedia diterangkan sebagai “The aesthetic quality of the blur produced in the out of focus parts of an image produced by a lens”. Diterjemahkan secara kasar adalah keindahan yang dihasilkan dari bagian foto yang out of fokus atau blur, disebutkan juga bahwa bokeh berasal dari foto yang dihasilkan oleh lensa.

Sama sekali tidak disebutkan bokeh oleh lensa DSLR yang harganya bisa buat makan anak kos setahun, hehehe. Jadi pada dasarnya semua foto yang dihasilkan lensa, jika terasa keindahan dari bagian yang blur atau out of fokus termasuk bokeh juga. Hal yang sama berlaku pada kamera smartphone.

Foto Bokeh Kamera Handphone / Smartphone

Pada smartphone yang kamu pegang saat ini, pasti memiliki kamera, dan setiap kamera HP smartphone salah satu bagiannya adalah lensa. Jauhkan pemikiran bahwa lensa itu hanya yang besar-besar dan panjang kayak peluncur rudal :D.

Lensa juga terdapat pada smartphone, jika kamu mengamati spesifikasi smartphonemu, biasanya tercantum lensanya memiliki bukaan berapa.

Membuat Efek Bokeh Menggunakan Smartphone

Foto di atas saya ambil menggunakan smartphone teman saya, dengan ukuran 5 megapixel dan bukaan lensa f/2.6.

Bagaimana bisa mengetahuinya? kamu bisa coba sendiri, ambil foto dengan smartphonemu, kemudian copy foto tersebut ke laptop atau PC, lalu klik kanan pada foto kemudian pilih properties.
Tahukah Kamu
“Panasonic Lumix CM1 merupakan smartphone dengan sensor kamera terbesar mencapai 1 inchi, jauh lebih besar dari rata-rata ukuran sensor kamera yang dimiliki sebuah smartphone.”

Akan muncul semua keterangan mengenai foto tersebut, pilih tab details lalu scroll ke bawah, kamu akan menemukan informasi detail kamera smartphonemu, mulai dari camera maker, camera model sampai f/stop berapa.

Oke, sekarang bagaimana mengambil foto dengan nuansa bokeh atau background yang blur menggunakan smartphone?

Pada dasarnya bokeh bisa timbul ada beberapa faktor, tadi sudah disebutkan ada faktor lensa, selain itu ada juga faktor ukuran sensor kamera, faktor ketiga adalah seberapa dekat objek yang difoto atau yang menjadi point of interest dengan kamera, dan seberapa jauh objek yang difoto dengan backgroundnya.

Baca juga:

Berdasarkan foto yang paling atas di postingan ini, bisa dilihat bagaimana objek smartphone yang saya foto, sudah begitu dekat dengan kamera smartphone yang saya pakai memotret, sehingga objeknya hampir memenuhi frame.

Perhatikan juga bagaimana jarak antara objek smartphone dengan bangunan yang menjadi backgroundnya? Cukup jauh bukan?

Itulah yang menyebabkan munculnya efek bokeh atau blur pada background yang kita foto, sedangkan objek utamanya tetaplah terlihat tajam atau fokus.

Efek blurnya memang tidak terlalu wah atau megah jika dibandingkan dengan blur ketika kita memotret dengan dslr dan lensa bukaan besar. Tetapi untuk ukuran smartphone itu sudah cukup menarik perhatian orang yang melihat foto tersebut.

Membuat Efek Bokeh Menggunakan Smartphone

Nuansa sunset blur dengan smartphone. Samsung E7. Credit to : Eodya

Sekarang teknis pengambilan fotonya seperti apa? Ketika kita akan mengambil foto sebuah benda atau objek, usahakan agar supaya objek tersebut letaknya jauh dari background, lebih bagus lagi kalau backgroundnya berupa lampu lampu atau gedung yang bercahaya, karena efek blurnya lebih dramatis.

Kemudian dekatkan kamera smartphone yang kita gunakan memotret sampai jaraknya sedekat mungkin dengan objek, tentu saja diatur agar supaya sesuai dengan keinginan kita nanti hasil fotonya seperti apa, jangan lupa untuk memperhitungkan komposisinya juga.

Ketika kamera smartphone sudah cukup dekat, selanjutnya adalah kita menentukan fokus.

Pada smartphone keluaran terbaru seharusnya sudah dilengkapi dengan fitur touch to focus, fitur ini memungkinkan kita memfokuskan atau menentukan titik fokus pada foto, dengan menyentuh objek yang kita inginkan di layar smartphone.

Sentuhlah layar smartphone kamu pada bagian objek yang ingin difokuskan, secara otomatis kamera smartphone akan menentukan titik fokusnya di objek tersebut.

Pada tahapan ini kamu bisa langsung melihat background atau bagian selain objek yang disentuh menjadi blur, setelah fokusnya terkunci, tekan atau sentuh layar untuk mengambil gambar, dan kemudian kamu akan mendapatkan sebuah foto dengan efek bokeh menggunakan smartphone.

Jadi secara sederhana, teknis memotretnya bisa ditunjukan dengan gambar berikut

Membuat Efek Bokeh Menggunakan Smartphone

Secara garis besar, dekatkan kamera dengan objek yang difoto, jauhkan dari background, kunci fokus pada objek, kemudian jepret… Didapatkanlah hasil foto dengan efek bokeh atau blur menggunakan smartphone kamu.

Oh ya jika tak mau repot, pasti ada banyak aplikasi pembuat efek blur di toko aplikasi sesuai sistem operasi yang kamu pakai, tapi tentu jauh lebih menyenangkan jika kamu bisa membuat efeknya langsung.

Demikian tips sederhana membuat efek bokeh dengan smartphone, jika kamu mau memotret makanan dengan kamera smartphonemu, jangan lupa baca dahulu tips memotret makanan agar tampak lezat.
Terimakasih sudah membaca, jangan lupa dishare kepada teman-teman yang lain ya.

Baca Juga...

4 Responses

  1. Desi mutiara says:

    Jadi lupa waktu, keasyikan baca artikelnya. Saya adalah orang yang awam di bidang fotografi dan tidak memiliki kamera yang canggih, hanya kamera smartphone…itupun yang biasa saja, tapi saya mempunyai ketertarikan yang besar mengenai fotografi. Hobi saya memotret keindahan alam, detilnya bunga dan makanan, karena hobi masak juga. Terimakasih banyak atas ilmu yang Anda berikan, sangat bermanfaat bagi saya dan semakin ingin mendalami fotografi. Semoga Allah SWT menjadikan ini sebagai amal baik yang akan menolong Anda kelak..

  2. Susie says:

    Makasih banyak buat tambahan ilmu memotretnya ya–barokallah..

  3. Halim says:

    Terima kasih, saya pemula dan hanya pnya smartphone yg tak bagus pula, camera selalu pinjam dan lensa fix selalu nyewa. Ingin kelak memiliki sendiri. Trima kasih artikelnya, saya benar” mendaptkan ilmu:)

  4. Rizki says:

    Saya tambahin deh terima kasihnya. Makasih ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *