Tips Memotret Dari Jendela Pesawat, Jadikan Perjalanan Menyenangkan Buat Kamu Yang Senang Memotret

Judul kali ini mungkin agak sedikit ‘alay’, bisa jadi kamu yang membaca akan berpikir “Biasa aja keleus”. Haha (PS. Judulnya sudah diubah, tadinya “Serunya Memotret Dari Atas Pesawat” :D).

Tapi tak mengapa, saya pribadi merasakan keseruan memotret dari jendela pesawat, apalagi jika ditambah sedikit unsur keberuntungan, rasa senangnya akan berlipat ganda.

Bagi kamu yang suka jalan-jalan atau traveling tentu senang melihat pemandangan dari atas pesawat, nah daripada hanya sekedar dilihat saja, ada baiknya kamu mencoba memotret pemandangan tersebut, hitung-hitung sebagai oleh-oleh pribadi hehe.

Foto berikut ini saya potret dengan sedikit keberuntungan, awalnya tak menyangka bisa mendapatkan foto sunset ini.

Tips Memotret Dari Jendela Pesawat

Foto sunset dari atas pesawat. f/4.5 1/1000 ISO 200 lensa 50mm. P.S. Bukan promosi maskapai ya..

Nah bagaimana mendapatkan foto yang bagus dalam perjalanan dengan pesawat, mari simak beberapa tips berikut.

1.Pilih tempat duduk yang asyik buat memotret

Saat memesan tiket dan chek in, pilihlah tempat duduk yang strategis buat memotret yaitu dekat jendela pesawat.

Kabar menariknya, beberapa maskapai penerbangan di Indonesia, mengizinkan penumpang melakukan check in online sekaligus memilih posisi tempat duduk.

Manfaatkan fitur check in online ini, dengan begitu kamu bisa pilih tempat duduk sesukamu, jangan sampai keduluan penumpang yang lain. Plus dengan melakukan check in online mempersingkat waktu check in di bandara.

Tips Memotret Dari Jendela Pesawat

f/5.6 ISO 200 1/320s 50mm

Soal bagian kiri dan kanan (jika mengejar sunset atau sunrise), kalau kamu bisa memperhitungkan posisi pesawat dan jago dalam hal navigasi peta, silakan turut diperhitungkan hehe.

Saya pribadi menyebutnya keberuntungan kalau mendapatkan foto sunset seperti yang pertama, oh ia kalo kamu sudah sering naik pesawat yah setidaknya kamu bisa memperhitungkannya berdasarkan pengalaman tadi (dengan asumsi rute penerbangan yang sama dan tidak diubah jalurnya oleh maskapai ya)

2. Persiapkan kameramu

Memotret sudah pasti pakai kamera, bukan pakai perasaan (oke becanda). Maksudnya adalah pastikan kamu sudah membawa kameramu di tempat duduk, jangan disimpan di bagasi pesawat (resiko rusak cukup besar).

Bawalah tas kamera kamu ke kabin, disimpan di bawah kaki juga kayaknya oke, saat sudah mengudara silakan keluarkan kameranya, dan persiapkan pengaturan yang sesuai.

3. Settingan kamera yang memadai

Pengaturan kamera silakan disesuaikan, tapi secara umum kamu bisa coba shutter speed 1/200 atau lebih cepat dari itu. Untuk bukaan lensa mulailah dari f/4-f/8. ISO yang ada cukup di 100-200.

Tips Memotret Dari Jendela Pesawat

Agak mistis-mistis gimana ya, f/5. 1/250s, ISO 100, 50mm

Pada foto sunset di atas saya menggunakan 1/1000 karena foto jadi terlalu over menghadap sinar matahari sunset tadi. Selain itu juga untuk mencegah blur karena getaran, soalnya lensa 50mm tidak memiliki stabiliser (IS/VR).

Oh ya, matikan flash ya, kasihan penumpang yang lain bisa kaget dengan kilatan lampunya, lagian itu tak ada gunanya sama sekali saat memotret objek yang sangat jauh dari ketinggian puluhan ribu kaki.

4. Gunakan lensa tele

Memotret dari jendela pesawat yang kecil itu akan lebih baik menggunakan lensa tele, karena kita bisa mendapatkan frame foto yang lebih terpusat pada objek yang diincar.

Tips Memotret Dari Jendela Pesawat

f/8, 1/1000, ISO 100 50mm

Lensa kit pun bisa kamu coba. Jangan lupa untuk memotretnya dalam format RAW supaya mudah diedit nantinya.

5. Susah Fokus?

Gunakan titik fokus yang paling sensitif di bagian tengah, atau jika masih susah gunakan manual fokus dan disetting ke infinity, jangan sampai kamu saat memotret malah terfokus di jendela pesawatnya. Paling parah kalau malah terfokus ke pramugarinya #eh hehehe.

6. Dekatkan dengan jendela kacanya

Sebelum itu, pastikan jendelanya sudah bersih ya. Biasanya sih sudah, tapi kalau agak kotor yah tak ada salahnya kamu gosok-gosok sedikit,  toh hitung-hitung kamu turut membantu kerja pegawai maskapainya, siapa tau dapat bonus minum dari pramugari (ini kok dari tadi pramugari terus yah… -_- )

Dengan mendekatkan lensa di jendela kaca, otomatis kaca tersebut akan ‘lenyap’ dalam foto nantinya, tak usah sampai menyentuh karena takutnya getaran pesawat malah membuat foto kamu jadi tidak karuan hehe.

7. Tajamkan mata dan potret sesuka kamu

Berbeda dengan saat memotret sehari-hari, kesempatan memotret dari atas pesawat tentu tidak terlalu sering. Yah meskipun kamu orang yang super sibuk sehingga hampir tiap saat melalang buana dengan naik pesawat, momen yang ada bukan sesuatu yang bisa kamu ulangi.

Kan tak mungkin kita suruh om pilotnya muter supaya dapat angle yang pas hehe, jadi silakan foto sesuka kamu, tapi pastikan tidak mengganggu orang lain tentunya yaa.

Kalo kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa dibagikan dengan teman lain ya. Bergabung juga dengan kami via Facebook atau Twitter untuk mendapat pemberitahuan artikel terbaru langsung di beranda atau timeline kamu.

Selamat memotret dan selamat menikmati jalan-jalannya.

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *