Tips Menggunakan Lightroom Dashboard, Website Yang Mampu Menganalisa Kebiasaan Fotografi Anda

Tips Menggunakan Lightroom Dashboard, Website Yang Mampu Menganalisa Kebiasaan Fotografi Anda

Ingin tahu kebanyakan lensa apa yang anda gunakan selama memotret? Atau anda ingin tahu fokal lensa yang menjadi favorit anda sepanjang anda menjalani hobi fotografi? Jika anda pengguna software Lightroom kini ada cara mudah untuk menganalisa semua data-data tadi. Anda kini bisa menggunakan aplikasi berbasis web browser bernama Lightroom Dashb0ard. Caranya sangat mudah, anda tak perlu untuk mendownload atau menginstal apapun ! Anda hanya butuh koneksi internet serta web browser kesayangan anda. Silakan saja buka website Lightroom Dashboard (www.lightroomdashboard.com) di browser laptop atau PC anda, kemudian tinggal drag and drop file katalog Adobe Lightroom anda ke browser anda yang sementara membuka laman tersebut.

Bagi yang belum tahu, software Adobe Lightroom senantiasa membuat file katalog berdasarkan file foto yang anda impor ke dalam komputer. Jika setingan Lightroom anda default atau tidak anda utak atik, biasanya file katalog tersebut terletak di folder Libraries ⇒Pictures ⇒ My Pictures ⇒ Lightroom. Default name untuk file katalog Lightroom adalah Lightroom 5 Catalog (tergantung versi berapa yang anda gunakan). File tersebut merupakan file katalog dari software Adobe Lightroom, anda bisa memastikannya dengan mengecek ekstensi file tersebut. Ekstensi file katalog dari Adobe Lightroom adalah  .lrcat. Jika anda kesulitan untuk menemukannya silakan gunakan fitur search di komputer anda, untuk windows tinggal mengetikkan *.lrcat maka file katalog tersebut akan nongol dengan sendirinya.

Hal berikut yang harus anda lakukan adalah mendrag file tersebut ke browser yang sementara membuka halaman Lightroom Dashboard tadi, caranya tentu seperti biasa dengan klik tahan tarik kemudian lepaskan di browser anda. Walaupun aplikasi ini takkan mengedit apapun dari file katalog anda, berdasarkan petunjuk di websitenya sebaiknya anda membuat backup file terlebih dahulu. Caranya tentu mudah tinggal copy paste saja file yang ada di folder lainnya. File hasil copian tadilah yang anda drag and drop ke websitenya.

Tunggulah sejenak sampai aplikasi ini akan membaca data file katalog Lightroom anda. Setelah selesai dianalisa tampilan berikutnya akan seperti di bawah ini :

LR Dashboard

 

LR Dashboard 2

 

LR Dashboard 3

LR Dashboard 4

Disamping data-data seperti di atas, masih ada beberapa data lainnya yang akan ditampilkan oleh Dashboard Lightroom ini seperti statistik resolusi yang sering anda pakai atau aperture yang menjadi favorit anda saat memotret. Dengan menggunakan aplikasi web browser ini tentunya anda bisa menganalisa seandainya ingin membeli sebuah lensa baru dan bingung dengan aperture yang mana yang terbaik antara f/4 atau f/2.8. Nah anda bisa meniliki dari kebiasaan anda selama ini, aperture yang mana yang paling sering anda pergunakan dengan begitu tentunya anda bisa lebih mudah menentukan pilihan.

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *