Trigger Wireless Flash Pertama Di Dunia Untuk Iphone

Bayangkan ketika Iphone anda, bisa dipadukan dengan flash eksternal. Sistem cahaya ultimate untuk pemotretan dengan sebuah Iphone, bukan hal yang mustahil lagi !

 

Trigger Wireless Flash Pertama Di Dunia Untuk Iphone
Kiri dengan flash eksternal, kanan dengan built in flash iphone. Sumber : Kickstarter.com

Tric adalah sebuah perusahaan yang berbasis di Vancouver, Kanada yang berkeinginan untuk membuat trigger flash eksternal pertama di dunia, spesial untuk Iphone ! Dengan semakin meningkatnya pengguna Iphone, perusahaan ini meluncurkan proyek barunya di kickstarter. Sebuah proyek untuk mewujudkan harapan mereka, membuat trigger flash berbasis wireless pertama untuk iphone. Dengan trigger ini akan memungkinkan pengguna Iphone untuk menggunakan flash eksternal saat memotret.

Seperti yang dikatakan dalam iklan Kickstarter merek, Tric menekankan bagaimana tantangan dalam memotret menggunakan Iphone, umumnya saat memotret dealam kondisi low light, cahaya dari flash built in sangat tidak memadai. Oleh karena itu mereka mencoba menawarkan solusi ini, sebuah teknologi trigger dengan berbasis bluetooth untuk memicu flash menyala. Untuk mengaplikasikannya harus ada pemancar khusus yang terpasang di Iphone anda. Tapi benarkah ini sesuatu yang betul-betul bermanfaat ?

Oke sebelum anda menjual kamera anda dan beralih menggunakan Iphone, ada beberapa kekurangan fatal yang harus anda hadapi saat menggunakan trigger dari Iphone ini. Yang pertama, anda hanya bisa menggunakan shutter speed sebesar 1/30s, tidak lebih !  Kekurangan kedua adalah tidak ada mode TTL, anda hanya bisa memperkirakan berapa besar kekuatan flash yang anda butuhkan. Kekurangan yang ketiga adalah sistem ini hanya eksklusif untuk Iphone, tampaknya belum ada rencana kedepan dari trigger ini untuk mendukung sistem operasi Android.

Yang sedikit mengganjal bagi kami, tentu jika anda memang seorang profesional, bahkan melengkapi diri anda dengan sebuah flash eksternal, hanya menggunakan sebuah DSLR sederhana yang harganya jauh lebih murah dari sebuah Iphone pun, sudah mampu menghasilkan foto dengan kualitas berkali lipat dari Iphone. Kelebihan utama memotret dengan Iphone adalah portabilitas dan konektivitas yang mudah ke internet. Namun jika memotret kemana-mana sambil membawa-bawa flash eksternal dan tiangnya, sama juga bohong kan.Bagaimana menurut anda ?

 

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *