Vincent Van Gogh Tampil Dalam Foto Berusia 128 Tahun

Namanya orang terkenal, maka semua hal tentang orang tersebut biasanya menjadi buruan orang banyak, bahkan untuk sebuah foto tua berusia sekitar 128 tahun !
Seperti dilansir dari Petapixel, ahli foto Perancis Serge Plantureux menuliskan hal ini di majalah L ‘Oeil de la Photographie (The Eye of Photography), menurut Serge, foto tersebut menarik perhatiannya setelah dibawa kepadanya oleh dua orang yang membeli foto tersebut.Sebuah foto grup dari tahun 1887 dilaporkan merupakan foto pertama kali dari Vincent Van Gogh setelah dia menjadi terkenal sebagai pelukis. Jika perkiraan para ahli benar, maka orang ketiga dari kiri yang sementara mengisap cerutu merupakan Van Gogh sendiri.
Vincent Van Gogh Tampil Dalam Foto Berusia 128 Tahun

Para pemilik foto tersebut mengaku telah lama tertarik kepada seniman abad ke 19, dan mereka merasa mengenal wajah dalam foto tua itu. “Mungkin itu merupakan wajah sang tokoh yang selama ini belum pernah terlihat” ungkap mereka kepada Plantureux.

Pantureux dan teman-temannya sesama ahli fotopun, mulai menyelidiki keaslian foto yang dipasang pada selembar karton hitam itu. Mereka mulai meneliti kapan foto tersebut dibuat, identitas setiap orang yang ada dalam foto, tempat diambilnya foto tersebut, serta fotografer di balik karya tersebut.

Meskipun mereka belum merilis detail dari penelitian mereka, Plantureux meyakini bahwa ia dan para ahli lainnya telah mengidentifikasi Van Gogh dan para sahabatnya di foto tersebut.

Foto tersebut telah dilelang pada 19 Juni lalu di The Romantic Agnov, Brussels, Belgia. Menurut daftar lelang, foto tersebut merupakan jenis melanotype yang dibuat oleh Jules Antoine, yang menunjukkan Van Gogh sementara berbicara dengan teman-temannya sesama artis, antara lain Paul Gauguin, Emile Bernard, Felix Jobbe-Duval dan Andre Antoine.

Dari hasil lelang yang ada, sayangnya foto tersebut belum mencapai harga terendah yang diinginkan yaitu 120,000 Euro. Hal tersebut diperkirakan karena masih ada pertanyaan mengenai keaslian akan foto tersebut. Hmm 120,000 Euro jika dirupiahkan saat ini sekitar 1,8 milyar rupiah. Jumlah yang fantastis untuk sebuah foto tua berusia 128 tahun.

Baca juga :

Baca Juga...

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *