10 Website Yang Akan Membantu Melindungi Hak Cipta Foto Anda

Jika anda mungkin sering bermasalah dengan para pencuri foto, atau orang yang suka menggunakan foto anda tanpa izin untuk tujuan komersil, maka sepuluh website ini bisa membantu anda untuk melindungi hak cipta foto anda di dunia maya.

A. Hak Cipta Dalam Data Exif Foto

Situs-situs berikut ini akan membantu anda memastikan bahwa setiap foto yang beredar di jagat maya, telah berisi informasi spesifik yang tercantum dalam data exif foto tersebut. Dengan data exif yang lengkap akan membuat foto anda mudah dilacak dengan menggunakan search engine.

Baca juga : Melindungi Hak Cipta Foto Anda : 6 Langkah Mengatur Copyright Di Lightroom

Di dalam data exif foto anda, maka yang harus dipastikan adalah nama anda tercantum dalam bidang creator, pemilik serta hak cipta. Dengan menambahkan tag tambahan dalam deskripsi gambar juga dapat membantu pencarian foto sewaktu-waktu nanti.

1. theXifer (www.thexifer.net)

Salah satu web editor exif yang mampu secara cepat mengisi data-data exif dalam foto anda. Sang desainer Andrea Piaggesi memberi catatan di website tersebut masih dan selalu dalam tahap beta.

Namun situs ini tetap mampu melakukan tugas-tugas dasarnya dengan sangat baik. Situs ini berbasis flash dan mengizinkan anda untuk mengupload beberapa foto sekaligus, dan ketika foto tersebut selesai dan siap didownload, foto-foto tersebut akan tersimpan selama 8 menit kemudian akan dihapus secara permanen dari server thexifer.

2. Exif Remover (www.exifremover.com) 

10 Website Yang Akan Membantu Melindungi Hak Cipta Foto Anda

Meskipun namanya adalah Exif Remover atau penghapus data exif, namun website ini memungkinkan anda untuk menambahkan data exif selain juga bisa menghapusnya, bagi yang tak suka dengan plugin flash, anda boleh merasa senang karena situs ini menggunakan skript PHP untuk konversinya.

Salah satu kekurangan yang cukup terasa dari situs ini adalah batas ukuran file yang bisa anda upload hanyalah 1Mb. Skript PHP yang digunakan untuk konversi berdasarkan basis skript open source yang bisa dengan mudah anda temukan di Sound Forge.

B. Daftarkan Foto Anda

Dengan mendaftarkan foto anda ke beberapa situs layanan register foto, akan membantu anda untuk membuktikan kepemilikan anda atas foto tersebut. Website tersebut akan berfungsi sebagai penjaga atas foto anda dan memastikan bahwa tak ada hasil kerja keras anda, yang digunakan tanpa sepengetahuan anda.

1. Myows (www.myows.com) 

10 Website Yang Akan Membantu Melindungi Hak Cipta Foto Anda

Salah satu website yang bisa anda andalkan dalam melindungi hak cipta foto anda secara online adalah myows.

Situs ini akan membantu anda mendaftarkan setiap foto yang anda miliki, membantu anda dalam hal perjanjian kontrak serta lisensi atas foto tersebut, menelusuri penggunaan foto anda yang tidak sah, serta membantu anda melawan pihak-pihak yang menyalahgunakan foto anda.

Jika anda bermaksud mencari solusi hak cipta dalam satu paket, maka myows adalah pilihan tepat terlebih lagi semua layanan tersebut anda bisa dapatkan secara gratis !

2. Safe Creative (www.safecreative.org)

10 Website Yang Akan Membantu Melindungi Hak Cipta Foto Anda

 Salah satu pilihan dalam mendaftarkan foto anda adalah di situs Safe Creative. Situs ini akan membantu penggunanya menampilkan bukti kepemilikan foto, yang bisa anda gunakan jika seandainya harus berhadapan dengan orang yang menyalahgunakan foto-foto anda.

Safe Creative bekerja dengan membuat sebuah registry yang mengumpulkan data dan informasi dari pemilik foto, kemudian akan menghubungi mereka jika dibutuhkan.

Menariknya situs ini tidak saja membatasi hanya untuk format foto saja, jika anda ingin mendaftarkan kepemilikan anda atas file audio, video, teks ataupun karya visual lainnya, semua itu diperbolehkan di Safe Creative.

C. Menemukan Foto Anda Di Internet Secara Manual

Jika anda tak terlalu menyukai pencarian foto anda secara otomatis menggunakan website-website tadi, beberapa layanan yang diperuntukkan mencari karya anda di internet secara manual, bisa menjadi pertimbangan anda.

Silakan upload foto yang ingin anda temukan,dan website tersebut akan menunjukan kepada anda dimana foto-foto kesayangan anda tersimpan atau ‘dicuri’.

1. TinEye (www.tineye.com)

10 Website Yang Akan Membantu Melindungi Hak Cipta Foto Anda

Salah satu layanan populer yang cukup mumpuni dalam melakukan pencarian foto atau gambar adalah TinEye. Situs ini mampu menunjukan lokasi foto anda, baik yang sudah diduplikasi ataupun yang dimodifikasi di internet.

Engine multicolor website ini akan membantu anda melakukan pencarian visual berbasis warna, yang digunakan dalam foto anda dengan kecepatan sebaik sistem pengenalan gambar lainnya.

TinEye juga menyajikan fitur otomatis jika anda ingin beberapa bantuan dalam proses pencarian foto.  Adapun beberapa perusahaan terkenal yang bekerja sama dengan TinEye antara lain Adobe, Associated Press, Groupon, Kayak, Shutterstock, Zoosk dan masih banyak lagi.

2. Google Images (www.images.google.com)

10 Website Yang Akan Membantu Melindungi Hak Cipta Foto Anda

Raksasa internet Google telah mengupgrade layanan pencarian gambar  ‘Google Images’ dengan memasukan sistem ‘reverse searches’ ke dalam metode pencarian miliknya.

Anda bisa menemukan foto anda beserta dengan link situs yang menggunakannya, hanya dengan mengupload file foto yang ingin anda cari. Salah satu kelemahan Google Images adalah anda hanya bisa mencari satu file foto saja dalam satu kali pencarian.

Sebagai raksasa search engine, tak heran jika tampaknya engine pencarian Google dalam mencocokan file gambar jauh lebih baik jika dibandingkan dengan milik TinEye.

D. Menaruh Watermark Pada Hasil Karya Anda

Perdebatan mengenai perlu tidaknya watermark pada hasil karya atau foto anda, sepertinya masih akan berlanjut sampai beberapa generasi kedepan. Dengan menggunakan watermark pada foto anda tentu akan memberikan penegasan akan kepemilikan anda atas foto tersebut.

Salah satu kelemahannya adalah watermark tadi, bisa dengan mudah dihapus menggunakan software pengolah gambar seperti photoshop, tentu itu bisa diakali dengan menaruh watermark pada tempat yang strategis di dalam frame foto, namun itu juga beresiko mempengaruhi keindahan foto secara keseluruhan

1. Watermark ws (www.watermark.ws)

Salah satu website terbaik dalam hal menaruh watermark di foto anda adalah watermark (ws). Website ini dengan mudah mampu menangani ratusan proses batch foto anda secara sekaligus baik ketika menaruh watermark, mengubah ukuran foto (resize), ataupun proses retouch.

Ada ribuan pilihan watermark di website ini, termasuk di dalamnya anda bisa mengkustom teks ataupun gambar.

2. WaterMarquee (www.watermarquee.com)

Salah satu pilihan dalam hal menaruh watermark secara online adalah dengan mengunjungi website Water Marquee.

Jika kekurangan pada Watermark(ws) adalah interface yang mungkin terasa sulit, maka desain antar muka web Water Marque sangatlah mudah untuk digunakan dan bekerja dengan baik di setiap web browser yang tersedia saat ini.

Pengguna bisa menambahkan watermark berupa stempel gambar ataupun teks ke foto mereka. Adapun untuk versi pro dari layanan ini menawarkan anda; watermarking tanpa batas untuk foto anda, share ke media sosial secara instan, dukungan tambahan untuk file serta menambahkan tiled watermarks.

E. Hentikan Penggunaan Ilegal Atas Foto Anda

Terkadang sekalipun kita sudah mendayagunakan segala upaya untuk mencegah foto kita disalahgunakan, tetap saja ada banyak orang yang tak bertanggung jawab, yang asal saja mengambil karya fotografi kita.

Namun jangan takut, beberapa situs berikut akan membantu anda dalam menghadapi pembajakan atas karya anda.

1. Plagiarism Today (www.plagiarismtoday.com)

Plagiarism Today adalah website terbaik yang menyediakan informasi serta sumber daya dalam menangani pelanggaran hak cipta, yang harus dibaca oleh semua fotografer yang memposting karya mereka di internet.

Di dalamnya termasuk sekumpulan stok surat yang bisa anda kirimkan, sebagai pemberitahuan untuk menghentikan penayangan atau penggunaan karya anda, baik itu kepada individu, host ataupun mesin pencari di internet.

Pelajari selengkapnya mengenai perlindungan hak cipta, serta apa yang bisa anda lakukan untuk memastikan hak cipta karya anda sendiri di Plagiarism Today.

2. Photo Attorney (www.photoattorney.com)

Photo Attorney adalah website resmi dari firma hukum Carolyn E. Wright yang mendedikasikan karyanya untuk menolong fotografer, guna mendapatkan bantuan hukum resmi.

Dengan biaya $10, mereka akan menyediakan sejumlah dokumen guna keperluan fotografi, seperti dokumen model releases, pemberitahuan transfer hak cipta, property releases, form klaim perjanjian penyelesaian (settlement agreement) serta banyak lagi.

Untuk biaya $10 rasanya sangat memadai. Jika seandainya terjadi kondisi yang lebih buruk, anda bisa memohonkan layanan hukum resmi kepada mereka.

Informasi di atas disadur dari  petapixel.com.

Adapun sejauh ini layanan perlindungan hak cipta foto masih berbasis di Amerika Serikat, saya masih belum menemukan layanan serupa berupa website untuk dalam negeri atau berbasis di Indonesia, jika pembaca mengetahui website serupa di Indonesia, jangan ragu untuk menambahkannya di kolom komentar.

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *