11 Lensa Terunik Dalam Sejarah Versi Petapixel

Jika sebelumnya situs Techradar merilis 8 Kamera Kompak Terbaik Di 2015, kali ini giliran situs fotografi terkenal dunia Petapixel yang merilis daftar 11 lensa terunik dan paling menarik sepanjang sejarah fotografi. Mari kita lihat lensa-lensa apa sajakah yang masuk dalam daftar tersebut.

1. Lensa Lomography Petzval

petzval_lens_quarter2_4_1_19

Lensa yang dibangkitkan kembali dari ‘kematiannya’ sejak abad ke 19 ini mulai diproduksi oleh pihak Lomograph sejak tahun 2013 lalu, tersusun atas dua buah lensa doublet serta aperture waterhouse, ciri utama lensa ini adalah blur yang sangat terasa di ujung pinggir dari frame foto yang dipotret. Lensa ini sendiri aslinya dibuat pada tahun 1840 oleh Joseph Petzval. Saat ini lensa ini dihargai dikisaran US4 599 atau sekitar 7,8 juta rupiah.

2. Lensa Nikkor 6mm f/2.8 Fish Eye

fe2

Lensa fish eye Nikkor 6mm f/2.8 ini merupakan lensa fisheye terlebar di dunia, bayangkan saja dengan ukuran 6mm sudut tangkap gambar lensa ini bisa mencapai 220 derajat, karena saking lebarnya lensa ini bahkan bisa menangkap gambar objek yang berada di belakangnya. Tersusun atas 12 elemen dalam 9 grup membuat lensa  seberat 5 kilogram ini hadir dan menjadi salah satu yang paling langka di dunia. Salah satu lensa ini terjual di London seharga US$ 160,000 atau sekitar 2 milyar rupiah !

3. Carl Zeiss Planar 50mm f/0.7

carl zeiss plannar file

Jika anda mencari sebuah lensa yang cukup cepat untuk memotret dalam kondisi remang, lensa ini bisa menjadi salah satu pilihan utama. Diproduksi sangat terbatas oleh perusahaan asal Jerman itu, lensa ini awalnya dirancang dan didesain khusus untuk digunakan oleh lembaga antariksa Amerika Serikat NASA. Diproduksi pada tahun 1966, Carl Zeiss Planar 50mm f/0,7 hanya dibuat 10 buah di dunia. 6 diantaranya dibeli oleh NASA dan 3 dibeli oleh Stanley Kubrick. Dengan lensa ini memungkinkan untuk Kubrick merekam adegan dalam film Bary London hanya menggunakan cahaya penerangan lilin !

4. Carl Zeiss Apo Sonnar T* 1700mm f/4

zeiss sonnar

Dipesan secara khusus oleh seorang fotografer anonim berbasis di Qatar yang pastinya kaya raya, pabrikan lensa Zeiss di Jerman memamerkan lensa Carl Zeiss Apo Sonnar T 1700mm f/4 super telephoto ini pada tahun 2006 silam di ajang Photokina. Hingga kini tak diketahui harga resmi dari lensa ini tapi melihat dari rentang zoom serta bukaan lensa pastinya lensa ini berharga ratusan juta rupiah atau mungkin lebih mengingat ini merupakan lensa custom atau pesanan langsung. Yang bisa diketahui dari lensa ini adalah fakta bahwa konstruksinya yang tersusun dari 15 elemen dalam 13 grup serta dirancang khusus untuk digunakan pada kamera medium format.

5. Sigma 200-500mm f/2.8

sigma

Dengan bentuknya yang menyerupai bazooka, jangan heran jika saat anda berniat untuk memotret sebuah gedung atau suatu area tertentu dan anda ditangkap polisi hanya karena dikira teroris yang akan membombardir daerah itu. Yup, lensa Sigma200-500mm f/2.8 ini merupakan salah satu lens tele zoom tercepat di dunia. Dilengkapi dengan 2x converter membuat anda bisa meningkatkan kemampuannya hingga mencapai 1000mm. Satu hal yang unik adalah lensa ini membutuhkan batere tersendiri untuk menjalankan motor fokusnya, wow. Kabar bagusnya adalah batere itu sudah anda dapatkan free bersama dengan pembelian lensa, tentu saja gratis harga lensa ini saja mencapai US$ 26,000 atau sekitar 350 juta rupiah dengan kurs saat ini.

6. Canon 5200mm f/14

5200mmcanonebay

Masih tidak puas dengan rentang fokal lensa di atas? Merasa kurang jauh? Mungkin lensa Canon 5200mm f/14 ini setidaknya bisa membuat anda terkesima, dengan rentang fokal mencapai 5200mm lensa ini bukanlah jenis lensa yang akan anda bawa saat traveling santai di saat liburan. Dengan berat sekitar 90 kilogram dibutuhkan penopang khusus untuk menjaga lensa ini tetap berdiri kokoh. Hanya ada tiga buah lensa ini yang diproduksi di dunia, salah satunya pernah ditawarkan di situs lelang e-bay seharga US$ 50,000 beberapa tahun lalu. Dengan jarak fokal lensa hingga 5200mm anda bisa menangkap objek dengan jelas hingga di jarak sekitar 48 kilometer jauhnya !

7. Leica Noctilux-M 50mm f/0.95

leica noctilux m

Mengusung nama besar Leica dalam hal kualitas optik tentu menjadi jaminan bagi lensa Leica Noctilux M 50mm f/0,95. Meski mungkin bukan lensa yang tercepat dalam hal bukaannya, lensa ini tetap disebutkan sebagai lensa aspherical tercepat. Sekalipun digunakan untuk memotret di bukaan terlebarnya, lensa ini diklaim mampu menghasilkan gambar dengan kualitas super tajam. Leica bahkan mengumbar dalam iklannya bahwa lensa ini mampu melampau kemampuan mata manusia, pada akhirnya konsumennya yang menilai. Dijual dengan harga sekitar US$ 10,000 atau sekitar 130 juta rupiah sebuah harga yang rasanya ‘normal’ untuk lensa Leica.

8. Meyer Optik Trioplan f/2.8

Trioplan lens

Lensa Meyer Trioplan f/2.8 ini memiliki ciri khas yang cukup mengesankan yaitu bokeh yang dihasilkan lensa ini tampak cantik seperti gelembung sabun. Aslinya lensa ini didesain pada tahun 1916 oleh Hugo Meyer. Perusahan Meyer Optic tampaknya akan segera meluncurkan lensa ini pada bulan Oktober mendatang dengan harga US$ 1000. Hal ini bisa terlaksana setelah upaya penggalangan dana untuk produksi kembali lensa ini berhasil dicapai di Kickstarter.

9. Lensbaby Composer Pro 50

Lens Baby Pro 50 File

Jika kebanyakan lensa di atas berharga di kisaran ribuan dollar maka kali ini Petapixel memasukkan salah satu lensa yang cukup terjangkau untuk anda miliki. Dengan harga sekitar US$299 atau sekitar  4 juta rupiah sebuah lensa Lensbaby Composer Pro 50 bisa dibawa pulang. Lensa ini terkenal unik karena kita bisa menggerak-gerakan bagian lensa ini untuk mendapatkan fokus pada bagian favorit di objek yang difoto sementara bagian tepi frame foto akan blur maksimal. Lensa ini tersedia dengan bukaan di f/2.5 dan kompatibel untuk kamera full frame dan APSC. Varian lain dari lensa ini tersedia untuk fokal lensa 35mm dan 80mm masing-masingnya seharga $379 dan $499 atau sekitar 5 juta rupiah dan 6,5 juta rupiah.

10. Canon 1200mm f/5.6

Canon 1200mm

Lensa Canon 1200mm f/5.6 ini merupakan salah satu raksasa telephoto di dunia. Diproduksi hanya sekitar 100 unit saja di seluruh dunia, lensa ini pertama kali muncul di Olimpiade Musim Panas di Los Angeles. Terdiri atas 13 elemen dalam 11 grup serta dengan jangkauan yang mengesankan membuat lensa ini tetap layak dalam daftar lensa-lensa terunik dalam sejarah. Salah satu lensa ini dijual di toko online B&H seharga sekitar US$ 180,000 atau sekitar 2,4 milyar rupiah !

11. Leica APO-Telyt-R 1:5.6/1600mm

Leica 1600mm

Lensa Leica ini memecahkan rekor sebagai lensa termahal di dunia. Seorang pangeran dari Qatar berani membayar hingga $2,064,500 atau sekitar 27 milyar rupiah dengan kurs saat ini untuk mendapatkan satu buah lensa Leica APO-Telyt-R 1:5.6/1600mm. Harga itu membuat lensa ini seketika menjadi lensa termahal yang pernah di jual di dunia. Sejak dipesan secara khusus, belum diketahui kualitas image yang dihasilkan oleh lensa tersebut. Yang bisa kita ketahui adalah lensa ini memiliki mount Leica R dengan panjang sekitar 1,2 meter dan berat hampir 60 kilogram.

Demikian daftar lensa-lensa yang mungkin bisa kita anggap sebagai yang paling unik atau paling menarik sepanjang sejarah fotografi versi Petapixel. Jika menurut anda ada lensa yang seharusnya masuk dalam daftar ini, jangan merasa sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar.

Baca juga : Mengenal Jenis dan Fungsi Lensa Dalam Fotografi

(Sumber : Petapixel.com)

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *