8 Keistimewaan Yang Dimiliki Lensa Kit

Lensa kit mungkin adalah lensa yang paling banyak dimiliki orang. Setiap orang yang baru membeli kamera DSLR, pada umumnya memilih paket pembelian kamera langsung dengan lensa.

Nah lensa yang sering dipaketkan bersama dengan kamera itulah yang disebut lensa kit atau lensa bawaan.

Bagi anda yang  baru punya kamera dan hanya sekedar jepret, mungkin tidaklah memiliki masalah dengan keberadaan lensa bawaan, lah pokoknya bisa dipake foto-foto kan sudah bagus.

8 Keistimewaan Yang Dimilki Lensa Kit

Lensa Kit Nikon AF-S 18-55mm

Tapi lain halnya dengan mereka yang mungkin hobi fotografi, atau anda yang saat ini ingin lebih mendalami teknik fotografi lainnya, dan mulai melirik lensa di etalase toko, tentu dengan segudang promosi yang diumbar, hehehe.

Tahan dulu sejenak keinginan anda untuk membeli lensa baru, dan cobalah untuk memaksimalkan lensa yang anda miliki saat ini.

Yah karena setidaknya lensa kit memiliki 8 keistimewaan. Berikut adalah keistimewaan lensa kit ini:

1. Lensa kit itu ringan dan simple.

Tak bisa dipungkiri kalau lensa kit itu salah satu lensa yang ringan dan simple, contoh sederhananya adalah lensa kit yang dimiliki Canon, dengan panjang fokal klasik 18-55mm beratnya tidak lebih dari 210 gram dengan ukuran panjang maksimalnya hanya 6 cm.

 

Lensa ini sangat praktis dan tidak akan membebani anda khususnya jika bepergian. Bukan hal yang menyenangkan  jika harus menenteng lensa plus kamera, dengan bobot 1.5kg disaat anda pengennya santai berlibur. 😀

 2. Panjang fokal lensa yang fleksibel

Umumnya lensa kit yang beredar di pasaran, memiliki panjang fokal 18-55 mm, untuk fotografi harian atau secara umum, panjang fokal seperti itu sudah cukup memadai untuk bisa mengcover keperluan pemotretan.

8 Keistimewaan Yang Dimiliki Lensa Kit

Di panjang fokal 18mm anda sudah bisa mendapatkan foto dengan perspektif lebar setara 27mm di kamera full frame, bagi yang memiliki hobi foto landscape atau pemandangan alam, itu sudah cukup memadai. Sedangkan di panjang fokal 55mm sudah cukup untuk memotret orang atau model, mau candid pun bisa asal tidak terlalu jauh.

3. Memotret makro lebih mudah

Kemampuan foto makro yang dimiliki oleh lensa kit cukup mengagumkan, hal itu karena lensa kit memiliki minimum focus distance yang cukup dekat, artinya anda bisa memotret cukup dekat dengan objek yang ingin anda ambil gambarnya.

Pada lensa lain, jika terlalu dekat dengan objek yang akan difoto, lensa tersebut biasanya tidak bisa mengunci fokus. Berbeda dengan lensa kit yang tetap bisa mengunci fokus, meski jaraknya cukup dekat dengan objek foto.

8 Keistimewaan Yang Dimiliki Lensa Kit

4. Hasil foto yang tajam

Banyak yang mengeluhkan hasil foto dengan lensa kit tidak cukup tajam, sayangnya itu mereka katakan karena mereka membandingkan lensa kit dengan lensa yang jauh lebih mahal, misalnya dibandingkan dengan lensa L series Canon yang harganya berlipat ganda.

8 Keistimewaan Yang Dimiliki Lensa Kit

Setiap lensa pada dasarnya memiliki sweet spot lens atau bukaan paling tajam lensa, dimana lensa akan mereproduksi foto yang tajam pada bukaan tertentu, dan itu biasanya pada bukaan yang kecil atau dua stop dari bukaan terbesarnya.

Sedangkan pada lensa kit, anda akan bisa mendapatkan foto dengan ketajaman maksimum bila anda menggunakan aperture yang kecil, ditandai dengan nilai f besar, misalnya f/8-f/11, tentu juga harus diimbangi dengan ketersediaan cahaya yang cukup pastinya.

5. Harga yang murah tapi tak murahan

Saya rasa untuk keistimewaan yang ini tidak membutuhkan penjelasan yang panjang lebar, kita semua sudah tahu bagaimana harga lensa kit yang sangat terjangkau, bahkan bisa dikatakan gratis kalau kita membeli satu paket dengan kamera baru.

Mengapa harga lensa kit bisa begitu terjangkau? Sesuai dengan hukum pemasaran, untuk menekan harga jual maka selain menekan ongkos produksi, kita juga harus meningkatkan jumlah produksi. Lensa kit bisa dikatakan salah satu lensa yang paling banyak diproduksi, nah otomatis ongkos produksinya bisa lebih rendah lagi tentunya.

6. Lensa kit mudah untuk memotret low key

Dalam memotret Low Key kita membutuhkan bukaan lensa yang sangat kecil, agar supaya cahaya dari background tidak bocor. Prinsip dasar low key adalah kita membuat foto dengan background yang gelap total atau hitam, bagian yang terang hanya objek atau model yang ingin kita foto. Lensa kit memiliki aperture yang bisa dikecilkan sampai nilai f/32.

8 Keistimewaan Yang Dimiliki Lensa Kit

Dengan bukaan sekecil itu kita bisa dengan mudah mendapatkan foto low key, bandingkan dengan lensa 50mm yang bukaan minimalnya hanya sampai f/16

7. Ukuran filter yang mudah didapat dan murah

Ukuran filter lensa kit umumnya adalah 52mm, nah bagi anda yang suka menggunakan foto slow speed dengan filter ND, atau pun anda suka memasang jenis filter lainnya, harga filter berbanding lurus dengan ukuran filter, semakin besar diameter filter, semakin besar juga jumlah uang terkuras dari dompet anda. Hehehe.

filter ND

 

8. Bokeh

Bokeh dari lensa kit sebenarnya bisa kita dapatkan, jika kita mengatur jarak antara lensa dengan objek yang akan kita foto. seperti pada foto makro di atas, disitu kita bisa lihat ada batas yang cukup jelas antara bagian yang tajam, dengan bagian yang blur.

8 Keistimewaan Yang Dimilki Lensa Kit

Uang logam dan bokeh. 55mm f/6.3 iso 100 1/160s

Gunakan fokal length paling panjang atau di  jarak fokal 55mm, kemudian usahakan kamera dengan objek cukup dekat, sementara jarak objek dengan background cukup jauh, maka kita bisa mendapatkan bokeh yang kita inginkan.

****

Demikian pembahasan mengenai 8 keistimewaan yang dimiliki lensa kit atau lensa bawaan kamera, pada intinya sebelum kita menginginkan untuk upgrade peralatan yang kita miliki, alangkah baiknya jika kita mengoptimalkan apapun yang kita punyai saat ini.

Jika kita sudah menguasai dan memaksimalkan apa yang ada, tentu lebih mudah mempelajari yang baru nantinya. Jangan lupa juga simak pembahasan tentang kamera dengan megapixel besar.
Thanks for reading.

Baca Juga...

5 Responses

  1. areil says:

    sangat bermanfaat

  2. Soetomo says:

    Usia saya 77 th, dpt hadiah d5500+kit dari cucu, postingannya bermanfaat buat saya, terima kasih mas.

  3. agung nurtjahjo says:

    luar biasa ulasan dari saveseva..sangat bermanfaat bagi saya yg baru belajar hobby jeprat jepret…!!!

  4. Enriko says:

    Ijin nanya,min..saya baru 2 beli dslr nikon d3300, dapat lensax kit 18-55mm f/3.5-5.6. Saya suka bikin foto bokeh, liat tutorial, di srh pake mode A,focal length 55 dan aperture terkecil nilainya. Kok saya nggak bisa pake aperture f/3.5 ya?cuma mentok di f/5.6. Apakh settingan yg salah?mohon pencerahannya dong..

    • Sheva says:

      Tipe lensa kit itu bukaannya berubah-ubah sesuai panjang fokal. Semakin panjang fokalnya bukaannya akan semakin kecil. Jadi di panjang fokal 18mm baru kita bisa pakai bukaan f/3.5, sebaliknya kalo menggunakan 55mm bukaannya akan mengecil menjadi f/5.6, udah mentok di situ hehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *