ANKR : Teknologi Anti Maling Untuk Barang-Barang Anda

ANKR adalah sebuah ide teknologi dengan memanfaatkan kemampuan smartphone yang semakin canggih saat ini, dilansir dari tulisan Thomas Hawk seorang blogger dan fotografer di Petapixel.com, perangkat kecil yang berukuran tak lebih besar dari gantungan kunci umumnya, memiliki fungsi yang sangat besar dalam hal mengantisipasi kemungkinan barang-barang anda dicuri.

Sistem dan cara kerja dari alat ini adalah memperingati anda saat barang anda sudah berada jauh terpisah dengan anda. Ketika anda memasang perangkat mungil ini ke tas anda, atau ke dompet atau apa saja, ketika benda itu dicuri atau berada jauh, dia akan mengirimkan sinyal yang bisa diterima oleh smartphone anda. Untuk itu telah tersedia aplikasi khusus untuk perangkat ini di iOS store. Dilengkapi dengan fitur geolocation, anda bisa dengan mudah menemukan lokasi barang anda yang dibawa lari atau dicuri tersebut secara cepat. Dengan ukurannya yang mini tentu saja ini merupakan salah satu keuntungan besar, anda bisa menyisipkannya di bagian tersembunyi dari ransel atau tas kamera anda, menaruh di lipatan terdalam dompet anda, atau bahkan menyisipkannya di antara kunci motor atau mobil anda, ekstrimnya jika anda ingin melindungi kendaraan anda, mungkin bisa ditaruh di dalam bagasi atau tempat yang cukup tersembunyi.

ANKR saat ini tampaknya baru tersedia di pasaran Amerika Serikat, saya pribadi mengharapkannya bisa segera masuk ke Indonesia. Bayangkan dengan harga US$ 25 atau sekitar 300 ribu rupiah anda mampu meminimalisir resiko kehilangan perangkat fotografi atau bahkan kendaraan anda seharga puluhan bahkan ratusan juta rupiah, khususnya bagi para traveler yang hobi membawa kamera dan perangkat berjuta-juta di tasnya, tentu itu resiko besar. Dengan perangkat ini setidaknya kita bisa merasa aman, walaupun tentu masih perlu adanya tindak lanjut seandainya (seandainya ya, tak ada orang yang menginginkan hal in terjadi ) barang-barang anda dicuri, satu kekurangan yang masih terasa adalah ketersediaan aplikasi hanya di perangkat iOS, semoga segera juga dirilis di perangkat populer lainnya seperti Android.

(Sumber : Petapixel.com)

Baca juga : Membuat Efek Bokeh Dengan Smartphone

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *