Awas Salah Beli! Ketahui Beda Lensa Nikon AF-S dan AF-D

Sudah ngebet ingin beli lensa Nikon incaran Anda?

Awas jangan sampai salah dalam memilih lensa, khususnya mengenai lensa AF-D dan AF-S. Hal ini penting terutamanya ketika Anda baru saja ingin mengupgrade gear Nikon Anda dengan tambahan lensa baru.

Beda Lensa Nikon AF-S dan AF-DPerbedaan utama antara kedua lensa ini adalah lensa Nikon dengan kode AF-S (Auto Focus Silent), adalah lensa Nikon yang sudah memiliki motor fokus di dalam bodi lensanya, jadi saat memotret, tetap bisa autofokus meski bodi kamera tak punya motor fokusnya.

Untuk lensa dengan kode AF-D(Auto Focus Distance) , belum memiliki motor fokus di bodi lensa. Lensa AF-D ini tetap bisa autofokus hanya saja harus ditunjang motor fokus di kamera Nikon Anda.

Beda Lensa Nikon AF-S dan AF-D

Salah satu lensa Nikon AF-D tanpa motor fokus di bodi lensanya

Sayangnya tak semua kamera Nikon memiliki motor fokus terintegrasi dalam bodi kamera. Tampaknya guna menekan harga jual kamera seri pemula, maka umumnya kamera Nikon seri tersebut tak memiliki motor fokus di bodinya.

Mari kita lihat seri kamera Nikon yang tak memiliki motor fokus di bodi.

  • Nikon D3100, D3200, D3300 (terbaru).
Beda Lensa Nikon AF-S dan AF-D

Kamera pemula Nikon D3300. Sumber: Wikipedia.org

  • Nikon D5100, D5200, D5300 dan D5500 (terbaru)
Beda Lensa Nikon AF-S dan AF-D

Kamera pemula Nikon terbaru, D5500. Sumber : Techradar.com

Apa sih pentingnya motor fokus di lensa Nikon AF-S?

Dengan adanya motor fokus di lensa, jika yang Anda miliki saat ini kamera Nikon pemula (yang notabene harganya jauh lebih terjangkau), saat memotret, Anda bisa menikmati fitur autofokus yang lebih akurat dan cepat, serta tak perlu ribet mengatur manual fokus seperti pada lensa AF-D

Memangnya tidak bisa pakai lensa AF-D?

Tentu saja bisa! Hanya saja itu tadi jika kamera Anda tingkat pemula, kendalanya adalah tidak bisa autofokus. Jika Anda memang penggemar manual fokus atau memotret jenis foto yang tak perlu autofokus, silakan beli lensa ini. Contohnya saat memotret produk atau still life.

Jika Anda suka merekam video atau film,  lensa Nikon AF-D ini bisa menjadi pilihan menarik serta ekonomis, hal ini karena umumnya orang yang merekam video menggunakan kontrol fokus manual.

Kamera saya Nikon D7000, apa bisa autofokus dengan lensa Nikon AF-D?

Nikon D7000, D7100, D7200 termasuk kamera advance Nikon, jadi sudah memiliki motor fokus di bodi kameranya, silakan saja beli lensa tipe AF-D. Selain itu, kamera seperti Nikon D90, D300s serta semua kamera full frame Nikon semacam D610, D700, D750 atau D810, bisa autofokus dengan tipe lensa ini.

Beda Lensa Nikon AF-S dan AF-D

Kamera Nikon full frame D5, penerus D4S yang dirumorkan akan diluncurkan Nikon. Saat ini semua seri kamera full frame Nikon sudah dilengkapi motor fokus di bodinya

Apa ada pengaruh terhadap kualitas hasil foto?

Secara umum kualitas foto lebih tergantung pada optik lensa dan sensor kamera, jadi tidak terpengaruh dari kemampuan autofokus lensanya (AF-S atau AF-D), hanya saja ini berpengaruh dalam bentuk lain.

Misalnya Anda memotret acara  dengan momen yang cepat, saat menggunakan lensa AF-D di bodi pemula tentu kita tak bisa mengatur fokus secepat lensa AF-S, malah kemungkinan momennya keburu hilang. Pada akhirnya hasil foto yang didapat tidak terlalu bagus seperti yang diharapkan. 🙂

Jadi saya harus beli lensa yang mana? Jadi bingung nih.

Kembali ke awal lagi, kamera Anda seri apa? Punya motor fokus atau tidak di bodinya? Seringnya motret acara, even olahraga dan orang yang bergerak cepat atau tidak?

Jika kamera Nikon Anda tingkat pemula serta butuh memotret event dengan momen yang cepat, silakan beli lensa Nikon AF-S. Salah satu yang murah meriah adalah Nikon AF-S 50mm f/1.8G.

Baca juga : 10 Alasan Mengapa Lensa 50mm Terbaik Bagi Anda

Jika kamera Nikon Anda sudah tingkat semipro atau enthusiast, beli lensa tipe apa saja tetap bisa digunakan ( Uniknya yang memiliki kamera semipro ataupun pro jarang menanyakan beli lensa yang tipe apa 🙂 )

Anda bisa mengecek daftar harga lensa Nikon terbaru di artikel ini, silakan jadikan acuan saat membeli lensa Nikon kesayangan Anda tentunya.

Baca Juga...

30 Responses

  1. Rifki Santosa says:

    saya pengguna nikon d3200 vr 2, lensa yang cocok apa yaa ? untuk potret harian

  2. isep ilham says:

    Kemaren saya pinjam lensa tokina 100-300 sama teman..
    Saya punya D90..
    Kok nggak bisa terhubung ke kamera lensanya..
    Ada tulisan “F–” di tampilan atas..
    Kenapa ya..

    • Sheva says:

      Pastikan lensa Tokinanya memang untuk Nikon, atau bisa jadi kameranya tidak support untuk lensanya. Bisa dites di kamera Nikon lain untuk lensanya.

  3. Herlina Novianti says:

    Maaf nimbrung, Saya beli Kamera Nikon D3200 Second, kondisi mulus & lengkap… tapi setelah 3 ari pakai fungsi AFnya hanya berjalan di mode GUIDE, pas COD-an seinget saya bisa jalan di menu AUTO, SPORT, MACRO, dll. AUTO, (ada bunyi beep). Posisi Tombol autofocus ada di A, bukan di M. Apakah kamera/lensa ini ada kerusakan? mohon pencerahannya. terima kasih 🙂

    • Sheva says:

      Kalo masih bisa jalan di mode Guide yah seharusnya lensanya tidak masalah ya, coba dites pake lensa lain punya temen. Kalo bisa kemungkinan kameranya bermasalah.

  4. abdi kurniawam says:

    harga ekomomis dan sudah memiliki motor autofokus type apa ya min untuk merk nikon

  5. Yay says:

    Aku beli nikon 3300 min,,bagusnya pake lensa ap?
    Biasa foto gerak cepat sama pantai gitu min,tlong ya minn

  6. berarti yang d7200 bisa pakai yang AF-D 50 mm ya mas? soalnya di sini yang termurah cuma lensa af-D itu

  7. fauzan says:

    Saya punya kamera nikon d3300 lensanya masih bawaan, menurut saya hasilnya masih kurang puas, kasih saran dong pake lensa apa ya?

    Newbie

    • Sheva says:

      Senangnya motret apa dulu? Kalo portrait atau foto orang, bisa lirik lensa fix 35mm atau 50mm, dua lensa itu cukup murah kok. Kalo senang motret candid jarak jauh bisa lensa tele 55-250mm.

  8. dudu says:

    lensa third party yang ada motor fokusnya ada om ? keperluan sebagai pengganti lensa kit,kalau beli nikkor afs 17-50 mahal amat …

  9. lala says:

    saya pakai kamera D5100 dan saya suka membuat video2 travelling, foto2 travelling.. kira2 saya perlu ganti lensa apa ya min ?

    • Sheva says:

      Biasanya kalo untuk traveling bisa coba lensa 55-200mm. Dipadukan dengan lensa kit sudah cukup untuk mengcover semua. Kalau tak mau repot bisa coba yang tipe sapujagat 18-200mm.

  10. afdal says:

    Bang saya suka moto model atau dlam suatu foto acara kamera saya nikon 7100 harus ny lensa fix apa bnh dipakei?? Tkss bng salam newbi hee

  11. salwa says:

    Kak saya punya kamera d3100,kalo pake lensa fix afd tetep bisa kan ya? Buat foto orang aja gitu hhe

  12. Arya weda says:

    Bang kamera saya nikon D3200 , kan bodynya tidak d dukung motor fokus d body ,
    Saya mau beli lensa fix
    Tolong rekomendasikan seri lensa nya agar bisa ccok d kamera saya . Klo bisa yg isi auto fokus , dan bocoran harganya

  13. Agung says:

    Bang klo gua mau foto model, fokus ke modelnya dan juga foto2 buat bokeh, mending pake lensa apa? Camera saya nikon d5500

  14. Septyan al-ayyubi says:

    Kamera saya nikon d3200 bisa pakai lensa nikon 70-200mm F2.8 gak gan??

  15. Sahroni says:

    Saya mau beli lensa nikkor af 70-300
    Kira2 suport ga sama nikon d3300

    • Sheva says:

      Yang seri AF (bukan AF-S) gak support fokusnya karena tak ada motor fokus. Coba cari yang versi AF-S atau kalo bisa ngasih saran mungkin bisa melirik seri AF-S 55-200mm.

  16. agung says:

    kalau d3400 gimana min? udh aea motornya di dalem apa belum ?

    • Sheva says:

      D3400 belum ada motornya. Seri D3000-an sama D5000-an merupakan kategori entry level jadi kayaknya gak bakal diberi motor fokus di bodinya. Gak tau kedepannya bagaimana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *