10 Alasan Mengapa Lensa 50mm Terbaik Bagi Anda!

Punya lensa 50mm? Jika belum, Anda patut untuk mempertimbangkannya!

Kebanyakan orang yang baru saja membeli kamera ataupun yang baru menekuni dunia fotografi, umumnya hanya memiliki lensa kit sebagai lensa standar atau bawaan kamera, karena sudah satu paket dalam pembelian.

10 Alasan Mengapa Lensa 50mm Terbaik Bagi Anda!

Meski termasuk murah atau gratis bahkan, lensa kit tetap merupakan lensa yang berkualitas jika Anda bisa mengoptimalkannya.
Tahukah Kamu?
“Dalam beragam poling atau jajak pendapat oleh website fotografi ternama (Digital Photography School, Improvephotography etc) mengenai lensa yang paling sering digunakan (atau yang paling populer), seri lensa 50mm senantiasa masuk dalam daftar tersebut.”

Namun jika Anda ingin lebih meningkatkan kemampuan dalam memotret, tak ada salahnya untuk berinvestasi dalam membeli lensa. Salah satu lensa yang disarankan untuk Anda miliki setelah lensa kit, adalah lensa 50mm!

Mengapa lensa 50mm?

Lensa fix 50mm memiliki begitu banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan di bodi mungilnya, mari kita bahas kelebihan-kelebihan apa saja yang dimiliki lensa ini, serta mengapa layak untuk Anda pinang sebagai partner dalam memotret.

1. Lensa 50mm harganya murah!

Ya, faktor harga senantiasa menjadi pertimbangan serius bagi fotografer pemula yang mungkin baru saja mau belajar lebih soal fotografi. Bahkan bagi yang sudah lama menekuninya pun tetap jadi perhitungan.

Saat ini harga lensa 50mm bukaan 1.8 baik itu dari seri Canon, Nikon ataupun merk lainnya,  jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan seri lensa lainnya.

Untuk Canon EF-S 50mm f/1.8 II harganya saat ini dijual di rentang harga Rp. 1 jutaan sedangkan untuk versi STM dihargai sedikit lebih mahal, 1,6 jutaan.

Baca juga :

Untuk Nikon yang versi AF-50mm f/1.8 D, jika Anda rajin menelusuri lapak penjualan, mungkin masih bisa menemukan lensa ini dijual di rentang harga 1 jutaan. Untuk versi dengan motor fokus AF-S 50mm f/1.8G memang lebih mahal yaitu sekitar 2,6 jutaan.

Untuk merk yang lain, rata-rata berada di kisaran harga yang serupa.

2. Lensa cepat dengan bukaan besar

Umumnya lensa 50mm memiliki bukaan di f/1.8, bandingkan dengan lensa kit yang maksimal bukaannya hanya di f/3.5. Tentunya berbeda cukup jauh. Ada juga lensa 50mm yang berbukaan f/1.4 atau f/1.2 (Canon EF 1.2L misalnya).

Dengan bukaan sebesar itu, Anda dengan mudahnya bisa menggunakan shutter speed yang cepat dalam memotret, oleh karena itu lensa ini juga termasuk dalam kategori lensa cepat.

Baca juga :

3. Bokeh yang cantik!

Dengan harga yang terjangkau, Anda sudah mendapatkan lensa yang mampu membuat foto bokeh yang cantik. Imbas dari bukaan yang super besar di f/1.8, kita akan sangat mudah untuk membuat foto bokeh yang cantik.

Pada prinsipnya foto bokeh dihasilkan dari lensa, dan salah satu yang mendukung terciptanya bokeh atau latar belakang yang blur adalah bukaan besar pada lensa.

Saat Anda menggunakan lensa 50mm pada bukaan terbesarnya, silakan lihat sendiri bagaimana bokeh yang mampu dihasilkan lensa ini!

Lensa 50mm Terbaik Bagi Anda!

Bokeh cantik dengan lensa 50mm

4. Jagonya memotret low light!

Salah satu keunggulan dari bukaan yang besar adalah low light! Yup, dalam kondisi cahaya yang kurang, umumnya kita akan kesulitan untuk memotret apalagi dengan lensa berbukaan kecil.

Low light Lensa 50mm Terbaik Bagi Anda!

Namun dengan lensa 50mm, Anda tak perlu ragu memotret dalam ruangan dengan pencahayaan yang kurang. Salah satu keunggulan tentunya kita tak perlu memaksakan nilai ISO yang terlalu tinggi nantinya.

5. Hasil foto tajam!

Meski harganya tak sampai sepertiga lensa L series, tapi faktanya lensa 50mm ketajamannya cukup bisa diadu.

Salah satu faktor yang menyebabkan lensa ini tajam tentu adalah fakta bahwa lensa 50mm adalah lensa fix atau lensa prime. Rata-rata lensa prime lebih tajam dari lensa zoom.

6.Bobot lensa yang ringan

Tentu bukan hal yang mudah saat hunting foto dan menenteng kamera plus lensa lebih dari satu kg. Untungnya lensa 50mm rat-rata memiliki bobot yang ringan, Anda tak perlu membebani bahu saat memotret serta terhindar dari rasa pegal saat memotret.

7. Diajak memotret model juga oke!

Panjang fokal lensa 50mm ketika dipasang di kamera APSC akan jadi 75mm atau 80mm, belum paham tentang panjang fokal lensa? Baca kembali artikel ini.

Lensa 50mm Terbaik Bagi Anda!

Foto dengan lensa 50mm. Model : Neno

Fokal lensa seperti itu cocok untuk dipakai memotret model. Ditambah dengan kemampuan bokeh yang menakjubkan, cukup bagi Anda untuk menghasilkan foto model yang mulus.

8. Asyik dibawa jalan-jalan

Hobi traveling? Jangan lupa bawa lensa 50mm, apalagi ketika Anda traveling ke daerah terpencil dan berbaur dengan warga lokal. Lensa ini juga cocok untuk memotret human interest saat traveling.

10 Alasan Mengapa Lensa 50mm Terbaik Bagi Anda!

Foto human interest dengan lensa 50mm

Teman traveling Anda tentunya bakalan lebih senang jika dipotret dengan lensa ini di lokasi eksotis. 🙂

9. Value for money!

Dengan berbagai macam keunggulan tadi, bisa dikatakan lensa 50mm merupakan lensa yang layak masuk wish list Anda, value for money lah.

Harga yang ada sebanding dengan manfaatnya, bahkan mungkin lebih besar manfaatnya.

10. Membantu belajar fotografi lebih baik lagi!

Baru mau belajar fotografi? Anda takkan menyesal memiliki lensa 50mm sebagai investasi awal dalam proses belajar fotografi.

Dengan lensa ini Anda bisa belajar bagaimana memotret bokeh yang cantik hingga memotret makro dengan teknik reverse ring!

****

Itu tadi 10 alasan mengapa lensa 50mm layak untuk Anda miliki. Sudah punya lensa 50mm? Jangan lupa bagikan kesan Anda dengan lensa ini di kolom komentar yah.

Suka dengan artikel serupa? Mendaftar untuk mendapatkan info artikel terbaru di Saveseva.com langsung via email di sini. Anda juga bisa bergabung dengan kami lewat akun Facebook ataupun lewat Twitter.

Terima kasih sudah membaca.

Baca Juga...

128 Responses

  1. Arifin Sidiq says:

    50mm dipasang di kamera aps-c jadi serasa 75mm.. Apa gak repot untuk foto orang di tempat yg sempit?

    • Sheva says:

      Pengalaman selama ini sih kalo memotret di tempat sempit, yah tergantung sempitnya seperti apa. Masih bisa nyaman memotret tapi kita fokusnya ke portrait orang saja (dari kepala ke bahu), atau ke detail yang ada (jika dokumentasi). Untuk foto grup yah silakan pakai lensa lebar mas, atau lensa kit yg terjangkau.

  2. Tamz says:

    emang bener tuh..kapan hari habis jual fix 50 mm sekarang jadi pengen buyback dah.. :'(

  3. Lawzai says:

    Kak kalau misal kamera eos 1200d cocok lensanya pake apa ya? masih pemula hehe, baru dua bulan:d

  4. Andre says:

    Masalah selera juga kali ya.
    Saya suka environmental street photography (menampilkan lingkungan).
    Jadi pilihan saya adalah (asumsi pakai full frame) 35mm, atau kadang kala 24mm.

    50mm di FF saja bagi saya terasa sempit, apalagi di APSC. Jadinya ya buat portrait saja hehe.

  5. Firman says:

    Cukup menginspirasi untuk memutuskan membeli lensa 50mm.
    Masih pemula dan ingin belajar.

  6. Taufik says:

    Gan mohon pencerahannya , saya punya canon EF50mm kalo untuk memotret bikin pas photo cocok mana dengan lensa 18 ~55mm.tq

    • Sheva says:

      Dua-duanya cocok kok. Silakan dicoba dulu mas settingannya masing-masing

      • Taufik says:

        O ya gan, berdasarkan pengalaman untuk photo portrait settingan kameranya berapa gan,speed, iso dan bukaan berapa yang idela.TQ

        • Sheva says:

          Kalo pake lensa 50mm bisa coba f/4 ISO 200 1/100s , tapi sesuaikan dengan kondisi lingkungan. Kalo dalam ruangan mungkin ISO bisa dinaikkan. Kalo di luar ruangan shutter speednya bisa dinaikkan. Untuk mudahnya pake mode Av.

  7. Habibah says:

    Kak saya pemula pakai nikon D3200, klo pengen foto bokeh pake lensa apa ya kak, yg harga murah 😂

  8. Rama B says:

    Kak, sy pakai nikon1 j5 (mirorless) kira2 pakai lensa apa untuk dptin hasil foto bokeh yg cantik, tks

  9. Kak mohon direply kak.. saya udh pake lensa 50mm. Saya gunain kamera canon 1100d

    F 1/8 dan bukaan besar.. tapi hasil blurnya malah sperti kita moto goyang gitu.. kyk jadi nggak fokus gitu gan..

    Kalo tau letak masalahnya mohon direply atau di send ke email saya

    • Sheva says:

      Halo, mungkin shutter speed yang dipakai rendah, pastikan menggunakan shutter speed yang cukup tinggi (minimal 1/100s), turunkan bukaan di f/2.8 atau f/4 agar tidak mudah miss focus. Baca di sini dan di sini untuk penjelasan mengenai shutter speed.

  10. terry says:

    Kak mo nanya nhi.. Saya make eos m3.. Mo beli lens bokeh, kira” bagus ny lens khusus ef-m 22mm/f.2 atau 50mm yang harus di bantu dengan adaptor mount.. Thank yha..

    • Sheva says:

      Keduanya punya karakter yg berbeda, kalo soal bokeh 50mm lebih unggul karena menang di panjang fokal (yang turut berpengaruh kepada hasil bokehnya) serta sedikit lebih besar bukaan (1.8 vs 2), lensa ini lebih cocok motret portrait model atau orang, kalo yg 22mm menang di ukurannya yang lebih kecil serta paling asik diajak jalan-jalan, plus gak usah pake adaptor tadi. Coba liat di sini untuk contoh gambar dari Canon EF-M 22mm untuk bokehnya, di sini kita harus dekat dengan objek yang dipotret tentu.

  11. wendi says:

    Kak kalo pake lensa nikon 55-200 bagus gak untuk bokeh.
    soalny kalo pale 50mm cuma bisa potrait, gk bisa candid

  12. ridwan says:

    kak mau tanya dong. recommend lensa tele untuk belajar apa ya?

  13. ilyas says:

    hay gan, saya juga masih pemula pengguna d3300
    bingung buat milih lensa fix nya antara yg 50mm sama 35mm
    bisa kasih pencerahan nya gan, please?

    • Sheva says:

      Yang 50mm lebih tele, cocok untuk portrait setengah badan atau headshot. Sedang untuk 35mm sedikit lebih lebar, buat motret dalam ruangan jadi lebih leluasa. Tinggal dipilih kebutuhannya sih. Oh ya kalo untuk Nikon yg 50mm bisa dipake di kamera full frame (kalo ada rencana upgrade), yg 35mm bisa tapi nanti muncul vignette atau fotonya dicrop. Saran saya sih dibandingkan aja panjang fokalnya pake lensa kit, lihat di posisi 35mm dan posisi 50mm, rasain sendiri gimana kalo motret di panjang fokal itu. Soal kualitas keduanya mirip-mirip kok.

  14. boby says:

    Gan saya punya body kamera canon eos kies x50,, kalo pake lensa fix 50mm cocok gak untuk foto bokeh

  15. iga okvianti says:

    kak numpang tanya..
    kalo cameranya 600D cocoknya lensa nya berapa?

  16. abdul mujib says:

    Min kalau lensa 50 mm dipake ke body eos m10 bisa ga? Saya punya canon eos m10 min

  17. opick says:

    min skrang saya pake cano t5 sama lensa 75-300mm. tapi kok hasilnya sering agak blur ya padahal sudah pake shutter speed diatas 100. mohon saran nya ya min. makasih… hhh

    • Sheva says:

      Rumus minimal supaya hasil tidak blur itu 1/panjang fokal. Nah untuk bodi kamera Canon T5 itu APSC jadi untuk minimum focal length di 75mm itu setara 120mm di full frame. Mengapa begitu? Baca di sini. Jadi supaya minimal tidak blur shutter speednya harus 1/120 di panjang fokal 75 dan minimal 1/480 di panjang fokal 300mm. Semua hitung-hitungan tadi dengan asumsi objek yang dipotret diam ya tidak bergerak. Kalau bergerak shutter speed otomatis harus lebih cepat/tinggi lagi.

  18. Anto says:

    Saya pakai kamera nikon J3, ada lensa fix yg setara lensa fix ini ga ya? Yang bagus buat bokeh

  19. Ikhsan says:

    Numpang tanya min, di reply ya, pemula soalnya…
    Saya pengguna nikon D5300, suka genre lanscape & macro, kira2 lensa yg cocok bagi pemula apa ya?
    Alternatif buat lensa third party apa ya? Low budget soalnya.
    Atau kalo pake acc tambahan pake apa? Sempet kepikiran pake acc tambahan kaya extube, filter, reverse ring, & acc yg lain, tapi takut hasilnya kurang tajam, lensa wide angle & macro mahal2 soalnya, hehe…
    Thanks ya min…

    • Sheva says:

      Saran saya coba maksimalkan dulu lensa kitnya mas. Kalo buat landscape sih itu sudah sangat memadai. Kalo soal makro yaah untuk maksimalnya sih beli lensa makro. Kalo reverse ring sama ext tube itu gak pengaruh ke tajamnya soalnya kan optiknya sama. Baca di sini untuk review pake reverse ring, yang berpengaruh itu kalo pake filter, tapi kalo filternya berkualitas yah bagus juga. Biasanya sih ada harga ada rupa sangat berlaku di dunia fotografi.

  20. FEBRY says:

    Pemula numpang tanya,,,
    Saya biasa photo pakai mode auto, kamera sekarang pakai d3200 lensa kit. Kklo untuk photo (jualan) produk baju seluruh badan baik di orang ( ga bergerak) atau di patung biar hasilnya maksimal bagus n tajem pakai lensa apa yah? atau ganti mirroless + lensa apa yah? mohon saranya. tks

  21. Dian Melinda says:

    saya pake camera cannon 1000D , kirakira pake lensa 50mm itu cocok engga ya ?

  22. Dian Melinda says:

    atau kalo engga, minta di rekomendasiin lensa yang cocok buat camera 1000D itu apa

  23. Nataa says:

    Kalo pake fujifilm xa-2 pengen ganti lensa yang bikin potrait atau candid bokeh yang bagus apa ya? Bisa pake lensa canon/nikon jg emgnya? Fujinon mahal bgt:( 7jt keatas semua huhh

  24. faisal says:

    Mas, kamera saya canon 1100D. Kalo pake lens 50mm udah pasti cocok dan hasil tajam? Terima kasih

  25. Linda says:

    Agan mau tanya nih soalnya aku pemula 😅 Aku pake Canon EOS M3 , lensa yg sekiranya bisa buat selfie (yg wide) yg bokeh2 gtu pake lensa apa ya. Tentuny yg terjangkau hrgnya hehe

  26. aripp says:

    gan ane udh punya lensa ini nih, klo ane tambah pake wide converter kira kira bagus aja ga gan hehe

    • Sheva says:

      Belum pernah coba mas, cuma kalo lensa 50mm apalagi dipasang di kamera APSC ya rasanya gak terlalu terasa widenya. Untuk gampangnya, silakan dites dulu converternya langsung hehe.

  27. ilham says:

    min ane mau tanya, ane pake kamera eos m3, kalo di pake lensa 50mm bisa tidak ya? apa harus pake converter lagi

  28. Rian says:

    Permisi mas mau nanya, kalo untuk lensa 50mm ngambil bokeh full body masih dapet gak bokehnya? Dan apakah untuk foto lanscape 50mm bisa di andalkan mohon pencerahanya, kamera nikon D3200

  29. ozi says:

    saya pake 600d, mau upgrade lensa..
    kira2 lensa 50mm f1,4 dan f1,8 bagusan mana ya bokehnya? n tajam mana objeknya? n hrga brpaan?

  30. Umam says:

    Hay gan..
    Mau tanya mohon dijawab, please.
    untuk mengambil gambar bokeh di outdoor dan dimalam hari bagusnya memakasi lensa f/1 atau f2

  31. Citra says:

    Apakah lensa jenis inu bs di pakai utk mirrorless nikon j1 5?

  32. romy says:

    gan,numpang nanya,klo pakai lensa 50mm itu bs gak buat foto lanscape??
    tp gak blur..

  33. Nanda says:

    Gan mau tanya lebih baik pilih yongnuo 50mm atau nikon 55-200 vr? Hasil Ketajaman sama bokehnya bagus yang mana? Heheh makasih gan

  34. Erwin says:

    Gan kalau nikon afs 55-200 vr f 4-5.6 sama yongnuo 50mm hasil ketajaman sama bokehnya bagus mana?

    • Sheva says:

      2 lensa ini beda karakteristiknya sih (selain beda merk ya), kalau soal bokeh tentu lebih ke 50mm karena bukaan yang lebar (f/1.8), soal ketajaman belum pernah saya tes ya, tapi rata-rata di bukaan yang kecil setiap lensa seharusnya cukup tajam.

  35. obi says:

    gan linknya contoh hasil efm22mm for canon gak bisa dibuka, ada link lagi kah?

  36. Maulana Ghiffary says:

    Misi gan numpang nanya, pemula nih hehe
    Kalo misal kita lebih sering foto orang / model mending lensa fix atau tele yaa ? Masih bingung

  37. ceaciliaa says:

    min mau tanyaa pemula nih
    Kalau pake canon 1300d mau pake lensa bokeh hrs pake adaptor juga apa engga? atau langsung lensa aja?
    1 lagi min, bagusan mana canon 1300d atau M10? Makasih min

    • Sheva says:

      Tergantung mount lensanya ya.. kalau maksudnya lensa bokeh yg 50mm EF ya gak perlu pake mount. Kedua kamera itu bagus kok, cuma kalau pake M10 harus pake mount untuk 50mm. Kalo lensanya udah ada yah lebih baik 1300D.

  38. rizky says:

    min pemula bgt nih mohon bantuannya🙏 saya mau tanya, saya pakai fujifilm mirrorless xa10, tertarik punya lensa fix 50mm, baiknya pakai merk apa? apakah bisa pakai lensa fix canon 50mm? berhubung dari yg saya cari2 harga lensa fix tsb murah. tolong dijawab ya min makasih🙏🙏

  39. rizky adhie satrio says:

    min mau tanya, blm ngerti kamera.
    saya pakai mirrorless fujifilm xa10, rencana pengen pake lensa fix 50mm, baiknya merk apa ya? apa bisa kamera fujifilm pakai lensa fix canon 50mm? kalo pun bisa akan ada kendala gak? susah fokus misalnya atau dsb?

  40. Januar says:

    Min tolong di reply ya..
    Ane mau nyoba masuk kedalam dunia ftograpy, kira2 untuk pemula dengan budget 5 jt ckup gak ya beli kamera + lensa bokehnya? Tolong dijawab + merk dan type kameranya.. thx min

  41. Rafik says:

    Bang yang lensa 50mm merek yang bagus nya pake apa yah terus kalo lensa 50mm itu pake filter ga ? Sama cocok ga bang kalo lensa 50mm untuk di pakai di acara pernikahan atau yang lain nya ?

    • Sheva says:

      Yang paling bagus yah tentu yang semerek dengan kamera hehehe. Bisa kok pake filter tinggal disesuaikan dengan diameter filter lensanya (biasanya tertera di bagian depan lensa). Cocok kok motret wedding, cuma butuh satu kamera lagi buat mengejar yang fokal lebar.

  42. Ahmad says:

    Mohon pencerahannya
    Antara 55 & 35 recommended mana
    Keperluan untuk foto pengantin, model & traveling.
    Kamera Nikon 5300.
    Atau ada pilihan lain.
    Trims.

  43. Erwin says:

    Min Sya pengguna kamera nikon D7200 cocok nggak pake lensa fix 50mm

  44. Surya says:

    Saya pake canon eos M3..kira2 lensa yg cocok untuk segala jenis fasilitas apa cukup pakai 50 mm??

  45. Nizar says:

    lensa fix bagus yg mana antara canon 50mm, 40mm, dan 24 mm? Kamera saya canon 1300D

  46. Agung says:

    min mohon di reply ya…saya pnya canon 400d ingin beli lensa wide..kira kira ada gk rekom lensa wide yang harga miring namun kualitas hasil oke..soalnya mau belajar buat prewed dll….mau coba usaha…..

  47. PAUL says:

    Bang sya pengguna nikon d3300 lensa tele yang cocok dan bisa autofocus yang apa ya?untuk foto di alam terbuka bokeh jg dapet.thx bang

  48. PAUL says:

    Sekitar berapa harga pasaran bang 55-200mm dan 70-200mm?70-200mm bisa jauh jarak jangkauannya kah?

  49. yuli says:

    Bang reply yaa…
    Saya pengguna sony a5000 kira2 lensa yg cocok utk motret saat travelling atau street photography lensa yg apa bang?mohon rekomendasinya..

  50. heru g says:

    permisi mohon ijin bertanya, saya belum pernah memakai DSLR dan saat ini saya ingin beli budget saya 7 jutaan maks 8juta, saya sudah melihat di web tentang rekomendasi dan review tapi masih bingung mau beli merek apa, tolong rekomendasinya untuk kualitas foto terbaik dan harga lensa tambahan yang tidak mahal dan juga harga jual kembali yang bagus jika suatu saat ingin upgrade, dan lagi untuk canon vs nikon yang tipe apa dengan kelebihan dan kekurangannya ya bos, makasih banyak.

  51. Reza wardhana says:

    Mas saya pakai kamera mirrorless canon eos m2, ini masih lensa bawaan, cman efek bokehnya pngn lbh blur lagi, apa cocok dengan lensa ini ? Tks

  52. Sutono says:

    Lensa dslr canon 50 bisa masuk di camera mirrorless merk dan type apa aja kak? Thx so much for the answer

  53. soleh says:

    Kak, saya pke nikon d3000, kita2 ccok ngga ya klo pke yg 50mm. Dan bagusan mna kualitas gmbarnya lnsa nikkor 50mm apa youngnuo 50mm..trims

  54. Ncie says:

    Saya pakai canon 80 D,,pemula
    Apa cocok dengan lensa 50 Mm

  55. Yeyen says:

    Aq punya camera sony alpha. Mirrorles gtu. Aq klo mau blur tp fotonya full body gtu pake lensa tambahannya apa yah yg bagus.

  56. Gandi says:

    100d kalo pake 50 mm cocok ga bang. Maaf saya pemula

  57. Andi says:

    Salam kak, saya seorg pemula yg 1bln punya sony a6000 dan msh awam mengenai dunia foto2..
    Saya jg diminta oleh bbrp tmn utk baca2 buku, website, dan ntn di youtube seputar sony a6000 ini..
    Pertanyaan nya :
    (1) utk jenis lensa kit bawaan sony a6000 16-50mm f/3.5-5.6 OSS, itu lebih cocok nya utk memotret jenis apa??
    (2) utk jenis lensa kit bawaan sony a6000, supaya hasil foto nya tajam, bagus nya gimana??
    (3) utk acara seperti ultah atau weeding, apakah lensa jenis 50mm ini cocok?? (mengingat objek nya bergerak sana sini)
    (4) tlg kakak rekomendasi 1 lensa 50mm yg cocok utk sony a6000 tanpa pakai adapter lagi dan harga nya terjangkau
    Utk kakak pengasuh salam hormat dan terima kasih ^_^

    • Sheva says:

      1. Lensa kit cocok memotret casual ya, landscape bisa,liputan juga bisa. Coba baca artikel berikut: http://www.saveseva.com/8-keistimewaan-yang-dimilki-lensa-kit/
      2. Rata-rata lensa kit tajam di bukaan yang kecil, coba memotret di bukaan 8 atau 10. Tentu konsekuensinya shutter speed jadi lambat atau ISO dinaikkan (kecuali kamu memotret di siang hari terik atau cukup cahaya)
      3. Lensa 50mm cocok kok, cuma agak sulit karna kamu harus mundur cukup jauh (jarak dengan objek). Lensa ini cocok kalo kamu memotret portrait orang. Bukaan besar memungkinkan kamu menggunakan shutter speed cepat, tapi kalau liputan acara lebih disarankan menggunakan flash eksternal.
      4.Kalo lensa tanpa adapter bisa dicoba Sony E 50mm f/1.8 OSS, lihat harganya di sini: http://www.saveseva.com/harga-lensa-sony-untuk-mirrorless/

  58. Aguz says:

    Saya ada canon 70d
    Mw tanya untuk foto dekomentasi bagus nya pake lensa apa ya ?
    Mohon kasih solusi untuk lensa yg bner2 maxsimal

  59. Akbar says:

    Kalo lensa fix di pake foto rame” sama temen” bisa kagak min?

  60. Nico says:

    Mau nanya dong, saya pake Sony A6000. Untuk keperluan stage, potrait, kadang landscape, dan makanan kalo pake lensa 50mm memadai gak ? Dan kalo iya ada rekomendasi lensa gak ? Baik merk third party ato kaya Canon&Nikon gtu dan klo perlu pake adapter rekomendasi nya juga sekalian

  61. Nico says:

    Klo selain merk Sony ada rekomendasi ga ?

  62. Hakim says:

    Min Camera buat pemula yg cocok apa ya, utamakan canon ya min

  63. leepoo says:

    Min mo nanya nih..saya demen foto street sekaligus landscape. Lensa yg stidaknya cukup mewakilin keduanya apa ya.
    Sejauh ini sya udah reviu2:
    Canon 50mm
    Canon 18-135mm
    Canon 24-70L
    Canon 28mm f/1.8
    Canon 11-22mm
    Saya pakainya Canon EOS M6.

    Mohon masukannya min brgkali ada opsi lain. Trims.

  64. ayik says:

    Min klo untuk mirrorless fujixt20 untuk hasil bokeh yg bagus lensa apa tg rekomen terus apa bisa pake lensa YN50mm F1.8 dan jenis mounting apa yg digunakan

  65. Okomo says:

    Min, maaf mau nanya saya new bie, kalo mau beli lensa tambahan rekom mana meike, yongnuo atau 7artisans untuk hasil bokeh bagus, saya pake nikon 1 j5, dan pake yg 35mm atau 50mm, dengan budget mahasiswa, thanks

  1. April 14, 2016

    […] Baca juga : 10 Alasan Mengapa Lensa 50mm Terbaik Bagi Anda […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *