Tips Foto Bokeh, Trik Cepat Membuat Foto Model Menarik Dan Tampak Cantik

Foto bokeh senantiasa menarik untuk dilihat. Itu adalah fakta yang sudah sangat umum diketahui fotografer. Anda berniat untuk memotret model? Salah satu trik mudah dan cepat agar foto tersebut tampak menarik adalah dengan menambahkan efek foto bokeh di dalamnya!

Efek bokeh atau blur (kata bokeh sendiri diambil dari bahasa Jepang dengan arti serupa) ialah foto yang menonjolkan sebagian foto atau objek foto yang tampak tajam, sementara sisanya akan tampak tidak fokus atau blur.

Tips Foto Bokeh, Trik Cepat Membuat Foto Model Menarik Dan Cantik

Contoh foto model plus efek bokeh. Model : Maya

Seringkali juga dikenal dengan metode selective focus karena bagian yang terfokus di foto hanya bagian tertentu saja (selective). Hal ini bisa dicapai karena kita menerapkan bidang tajam yang kecil atau sempit (shallow depth of field).

Semakin blur atau semakin halus bokeh yang terlihat (sering diistilahkan dengan bokeh yang creamy), biasanya foto tersebut akan semakin terlihat menarik.

Nah, efek bokeh ini bisa menjadi salah satu trik bagi Anda saat memotret model agar foto tampak wah dan keren. Ketika kita memotret model, entah itu model profesional ataupun model jadi-jadian teman sendiri hehe.
Tahukah Kamu
“Jumlah blade diafragma pada lensa juga menentukan cantiknya bokeh pada foto. Semakin banyak blade diafragma pada lensa kamu, maka bentuk bokeh akan tampak semakin bulat atau circular.”

Terkadang kita menemukan situasi dimana lingkungan pemotretan kurang mendukung, contohnya background yang jelek atau terlalu ramai, atau malahan bertolak belakang dengan tema yang kita inginkan.

Tak hanya background, terkadang juga cuaca yang kurang bersahabat, situasi pemotretan yang canggung dan banyak faktor lain yang bisa membuat hasil foto jadi kurang baik.

Salah satu cara mengakalinya yaitu dengan memisahkan model Anda dari background menggunakan teknik bokeh, langkah cepatnya sebagai berikut:

1. Gunakan lensa prime berbukaan besar

Foto-foto di postingan ini, saya ambil menggunakan lensa 50mm dengan bukaan terbesar di f/1.8. Salah satu cara paling mudah mendapatkan efek bokeh adalah menggunakan lensa prime 50mm atau 35mm, kemudian atur di mode AV/A atau manual, pilih aperture paling besar yang ada misalnya f/1.8.

Baca juga :

Tapi hati-hati, menggunakan aperture paling besar tentu efek bokeh paling terasa, tapi foto jadi rentan salah fokus karena bidang tajam yang sangat sempit. Untuk antisipasi gunakan saja bukaan f/2-3.2.

Tips Foto Bokeh, Trik Cepat Membuat Foto Model Menarik Dan Cantik

Foto dengan lensa prime 50mm. Model : Linny & Eodya

2. Ambil foto portrait (wajah sampai bahu saja) atau separuh badan

Dengan mengambil foto portrait, artinya kita akan lebih mendekat kepada model yang ada, dengan begitu bokeh yang tercipta tentu lebih ciamik. Prinsip dasarnya adalah semakin dekat kamera dengan subjek foto, bokeh lebih mudah tercipta.

Tips Foto Bokeh, Trik Cepat Membuat Foto Model Menarik Dan Cantik

Efek foto bokeh. Model : Neno & Dinny

3. Jauhkan model Anda dari background yang ada

Karena tujuan utama kita untuk memisahkan model dari background dengan efek foto bokeh, maka usahakan model Anda posisinya lebih jauh dari backgroundnya.

Semakin jauh model dari background, maka akan semakin blur background tersebut jika kita meletakkan titik fokus pada model yang ada. Prinsip ini juga berlaku saat Anda menggunakan smartphone.

Nellani

Jauhkan background dari model untuk efek bokeh yang lembut. Model : Nellan

4. Punya lensa tele? Manfaatkan itu!

Mendekatkan kamera dengan model Anda tak hanya dengan secara fisik, kita bisa memanfaatkan lensa tele dalam hal ini. Dengan lensa tele maka objek yang jaraknya jauh akan terlihat dekat, dengan prinsip itu juga maka lensa tele mudah untuk membuat efek bokeh.

Belum tahu apa itu lensa tele? Baca kembali ulasan tentang jenis lensa dan fungsinya di artikel ini.

Canon-EF-70-200mm-f-2.8-L-IS-USM-Lens (1)

Canon EF 70-200mm f/2.8L IS USM. Salah satu lensa tele super untuk membuat foto bokeh. Sumber : The Digital Picture

Lensa 85mm juga termasuk lensa tele, meski tidak terlalu jauh. Saat dipasangkan di kamera APSC, fokal lensanya setara 127.5mm-136mm yang cukup tele. Memadukan lensa tele dengan bukaan besar tentu semakin mudah dan cantik efek foto bokeh yang didapatkan.

Belum punya lensa prime 50mm? Manfaatkan saja dulu lensa kit Anda, dan praktekkan tahap no 2-4 di atas, efek foto bokeh tentu masih bisa didapatkan meski tak secantik lensa prime dan hanya pakai lensa kit.

****

Demikian tips singkat bagi Anda dalam membuat efek foto bokeh saat memotret foto model, cara di atas sangat mudah untuk Anda praktekkan sendiri saat memotret model ataupun memotret teman sendiri sehingga hasilnya jadi menarik. Banyak-banyaklah berlatih dalam memotret dan menghasilkan efek foto bokeh.

Sebagai awalnya, berlatihlah terlebih dahulu dengan memotret benda mati atau objek tak bergerak di sekitar Anda. Setelah terbiasa, maka dengan mudah Anda bisa menerapkannya saat memotret model di sesi pemotretan yang lebih serius.

Suka dengan artikel serupa? Jangan lupa bergabung bersama kami via email di sini untuk mendapatkan pemberitahuan artikel terbaru di Saveseva.com.

Anda juga bisa mendapatkan info menarik lainnya dengan bergabung via Facebook atau follow akun Twitter kami.

Terima kasih sudah membaca.

All images copyright Saveseva Fotografi

Baca Juga...

2 Responses

  1. Dini says:

    Artikel yang sangat pas buat pemula seperti saya…thank you so much

  2. Ong Budi Setiawan says:

    Keren artikelnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *