Cara Memasukkan Foto Ke Adobe Lightroom

Adobe Lightroom termasuk software yang powerful dalam mengedit atau mengolah foto yang kita miliki.

Bagi Anda yang mungkin baru mengenal software editing foto, umumnya ada beberapa produk pabrikan Adobe yang terkenal contohnya Adobe Photoshop dan Adobe Photoshop Lightroom.

Khusus untuk Lightroom, memang belum terlalu banyak yang mengenal dan menggunakan software ini di Indonesia, namun di luar negeri umumnya para fotografer pro menggunakan Lightroom karena memudahkan pekerjaan mereka sehari-hari.

Cara Memasukkan Foto Ke Adobe Lightroom

Anda baru saja menginstal software Adobe Lightroom di komputer atau laptop Anda?

Bingung dengan tampilan yang ada? Hehe… Bagi yang baru pertama kali memang akan sedikit bingung dengan tampilannya, umumnya hal pertama yang di cari orang adalah bagaimana memasukkan foto ke dalam software ini, untuk kemudian diedit.

Jika pada Photoshop kita melakukan drag and drop file foto dan foto akan langsung masuk serta siap diedit. Pada Adobe Lightroom akan sedikit ribet karena kita akan melakukan proses import foto terlebih dahulu.

Berikut adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk memasukkan file foto ke dalam Adobe Lightroom

1. Pada toolbar Lightroom pilih FILE kemudian pilih Import Photos and Videos. Anda juga bisa menekan CTRL + SHIFT + I untuk shortcutnya.

Cara Memasukkan Foto Ke Adobe Lightroom

2. Nanti akan muncul jendela dialog baru, silakan pilih device tempat foto disimpan yang akan dimasukkan ke dalam Adobe Lightroom.

Adobe Lightroom

3. Masih di tampilan yang sama, selesai memilih device Anda bisa memilih akan mengcopy dan diconvert dalam format DNG, dicopy biasa (COPY) atau memindahkan (MOVE). lightroom3

Pilihan ADD artinya Anda hanya semacam mendaftarkan file yang foto ke dalam katalog Lightroom,namun tempatnya tetap di device sebelumnya, jika devicenya dicabut (contohnya memory card), Anda tetap bisa melihat foto tapi tak bisa mengedit, karena fotonya sendiri sudah tak terbaca di komputer.

4. Selanjutnya adalah pilihan FILE HANDLING, centang pada bagian Don’t Import Suspected Duplicates, dengan begitu setiap foto yang telah Anda import sebelumnya, takkan diimport lagi sehingga menghemat ruang penyimpanan.

Cara Memasukkan Foto Ke Adobe Lightroom

5. Pada pilihan berikutnya kita bisa mengubah nama file sesuai dengan yang kita inginkan, dengan begitu semua foto yang diimpor secara otomatis akan memiliki nama baru di katalog yang ada. Cara Memasukkan Foto Ke Adobe Lightroom

Silakan centang pada bagian RENAME FILES, kemudian pilih template custom name,lalu isikan nama file yang Anda inginkan

6. Pada bagian APPLY DURING IMPORT, kita bisa memasukkan preset pada file foto yang diimport. Umumnya bagian ini dibiarkan saja karena proses edit akan dilakukan selesai import foto. Satu hal yang bisa kita perhatikan pada bagian METADATA, disini kita bisa mengisi metadata sesuai preset yang telah kita buat. Hal ini juga bisa jadi salah satu cara melindungi hak cipta foto kita.

Cara Memasukkan Foto Ke Adobe Lightroom

Baca juga : Melindungi Hak Cipta Foto Anda : 6 Langkah Mengatur Copyright Di Lightroom

7.  Pilihan berikutnya adalah memilih tujuan tempat file akan dicopy. Secara default Lightroom akan memilih harddirsk C dan folder User yang digunakan saat Anda mengimport foto.

Cara Memasukkan Foto Ke Adobe Lightroom

Tentunya Anda bisa memilih folder tujuan yang lain untuk menyimpan file foto Anda.

8. Setelah semua pilihan selesai, Anda bisa langsung memasukkan foto ke Lightroom dengan cara memilih tombol IMPORT pada bagian kanan bawah tampilan Lightroom tadi.

Cara Memasukkan Foto Ke Adobe Lightroom

Dengan begitu secara otomatis semua file akan diimport ke dalam katalog Lightroom, tunggulah sampai semua proses ini selesai dan Anda siap untuk mengedit foto di Adobe Lightroom.

Sebagai catatan, Lightroom yang digunakan penulis memiliki versi 5.0 untuk Windows. Versi yang lebih rendah atau lebih tinggi mungkin saja berbeda tapi pada dasarnya, cara importnya sama.

Jika Anda mengalami kesulitan atau ada kendala dalam mengimport foto di Lightroom, silakan tuliskan komentar Anda di bawah ini, mungkin bisa dibantu untuk penyelesaiannya.

Terima kasih sudah membaca.

Baca Juga...

15 Responses

  1. dhepin yusuf says:

    mantap bang softtware nya. sayangnya gak punya software itu. andai aja kalo bisa di bagi softwarenya gratis. itung2 pahala bang heheheh….

  2. yulis says:

    bg aku gak bisa import fotonya, udah ikut tutorialnya tp tombol importnya gak mw aktif cm tampil foto samar2 gt.

    • Sheva says:

      Mungkin dicentang dulu foto yang mana yang ingin diimport, lihat dinomor 2, ada tulisan all photos yang dicentang, kalo gak dicentang tombol importnya gak bisa aktif (kan gak ada yang foto yang dipilih untuk diimport)

  3. jzandy says:

    gan gw import satu foto aja kok lama banget ya kagak gerak2 loadingnya.. ad salah knp ya?:|

    • Sheva says:

      Jika import dari memory card yang lalod, coba import dari flash disk atau hard disk internal, kalo jalan baik berarti memory cardnya bermasalah. Kalo sama juga lalod, mungkin dari programnya, pastikan tak bermasalah dari sisi komputernya.

  4. Ro'yan says:

    Gan file RAW nya msh ga bsa di import.. Apakah perlu softwre pendukung jg??

  5. Mukhammad nuur says:

    All fotonya sudah di centang semua,masih utuh tampilanya semar semar ,tapi itu hanya beberapa file foto,ga semuanya,knpa ya?

  6. Zeremia Taylor says:

    bang kan aku ambil foto dari Dropbox, tapi kenapa pas masuk ke lr gak kebaca/ could not preview?

  7. Zeremia Taylor says:

    padahal di lihat di dokumen bisa kebaca.. bisa dibuka

    • Sheva says:

      Format filenya JPEG ya? Kalo bisa kebaca di dokumen aneh juga kalo gak kebaca di LR. Kalo formatnya RAW mungkin tidak disupport. Coba di download lagi dari Dropbox, terus dicoba import lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *