Memahami Fokus Infinity Di Lensa Dan Cara Mengaturnya Saat Memotret

Umumnya kita tahu bahwa setiap lensa itu memiliki jarak minimum fokus yang berbeda-beda,  artinya seberapa dekat antara lensa dengan objek sehingga lensa bisa mengunci fokus pada objek tersebut.

Fokus Infinity Pada Lensa

Memahami Focus Infinity Di Lensa

Nah, bagaimana dengan jarak maksimum? Mungkin pertanyaan yang agak lucu, tapi wajar kan? Kalau ada jarak minimum maka harus ada jarak maksimum.

Untuk jarak fokus lensa, maka maksimumnya setiap lensa serupa yaitu infinity (tak terhingga). Artinya ketika sebuah benda berada di jarak jauh, sangat jauh, sampai super jauh, maka lensa tetap bisa memfokuskan objeknya dengan meletakan titik fokus pada infinity ini.

Terkecuali lensa tersebut bermasalah.

infinity fokus

Contohnya, missfokus atau kesalahan kalibrasi sehingga lensa tersebut tak bisa mengunci fokus di infinity.

Selain kesalahan tersebut, rata-rata lensa modern yang beredar di pasaran sudah memiliki kemampuan untuk mengunci fokus di infinity ini.

Simbol fokus infinity ini di lensa mirip huruf 8 tapi melintang. Kamu bsa menemukannya di distance scale pada lensa. Umumnya lensa-lensa manual dilengkapi dengan distance scale selain itu rata-rata lensa ‘mahal’ juga sudah dilengkapi dengan fitur ini.

Memahami Fokus Infinity Di Lensa Dan Pilihan Saat Memotret

Simbol fokus infinity atau tak terhingga di lensa

Jika kamu mau mencari lensa murah meriah yang sudah memiliki fitur ini, silakan tengok lensa 50mm, selain murah juga memiliki segudang keunggulan.

Bagaimana cara mengatur infinity fokus di lensa?

Jika kamu sementara memotret dan mendapati berbagai kesulitan untuk mengunci fokus, kamu bisa memilih infinity fokus dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

Lensa dengan distance scale

1. Pilih sistem fokus manual di lensa dengan cara geser tuas manual/auto (biasanya disimbolkan huruf M/A) ke bagian manual (M)

2. Putar ring fokus lensa sehingga garis tengah penunjuk fokus di jendela distance scale mengarah ke simbol infinity tadi (lihat gambar)

3. Biarkan lensa tetap di mode manual, silakan kamu memotret sepuasnya

Tak semua lensa yang dilengkapi dengan jendela skala jarak (distance scale), salah satu lensa yang populer tapi tak diberi fitur ini adalah lensa kit. Tapi kamu tetap bisa mengatur fokus infinity lensa kit, berikut langkah-langkahnya.

Lensa tanpa distance scale

1. Pada mode Autofokus (tuas fokus di A), silakan bidik kamera ke objek yang jauh. Gunakan titik fokus tengah yang sensitif untuk memudahkan mengunci fokus.

2.Tekan separuh tombol shutter kamera, hingga terdengar bunyi bip tanda fokus sudah terkunci di objek tadi

3. Lepaskan jari kamu dari tombol shutter, setelah itu geser tuas fokus ke mode manual (M), jangan diutak-atik lagi ring fokus di lensa

4. Kamu sudah bisa memulai memotret objek di jauh yang kamu inginkan.

Selain cara di atas, kamu juga bisa memutar fokus ring sampai mentok ( pastikan dulu tuas fokus di manual ya), untuk lensa Canon putar sampai habis ke kiri, dan arah sebaliknya untuk Nikon.

Berdasarkan pengalaman saya, untuk lensa kit  Nikon setelah ring fokus diputar habis ke kanan, ternyata masih belum fokus. Silakan putar kembali ke kiri sedikit untuk bisa mendapatkan titik infinitynya. Lihat live view di layar monitor sambil dizoom untuk memastikan fokus sudah tepat.

Untuk lensa-lensa selain kedua merk di atas, silakan dibaca kembali di buku manualnya.

Jangan lupa ya..

  • Pengaturan fokus inifinity ini digunakan untuk beberapa situasi pemotretan, contohnya memotret landscape, bulan, bintang (milky way), startrail dan sebagainya. Intinya objek yang berada di jarak yang jauh.
  • Jangan lupa padukan dengan Aperture kecil agar hasil foto lebih tajam, jangan lupa juga untuk menggunakan tripod.
  • Jangan lupa mengembalikan tuas fokus jika selesai memotret (banyak yang lupa dan saat memotret objek yang dekat eh malah blur)

Demikian beberapa langkah mudah untuk kamu saat memotret agar bisa mendapat titik fokus infinity di lensa, selamat mencobanya. Jangan lupa untuk dibagikan dengan teman-teman yang lain ya.

Jika kamu suka dengan artikel di atas, mari bergabung dengan kami via Facebook atau Twitter untuk mendapatkan pembaruan artikel terbaru kami, langsung di beranda timeline kamu. Terima kasih sudah membaca.

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *