Harddrive Dicuri Orang, Jurnalis Foto Kehilangan Semua Hasil Kerja Keras Seumur Hidupnya

Kisah pencurian yang semakin marak tentunya harus membuat kita semua semakin mawas dengan apapun juga yang kita punya, setelah beberapa saat lalu seorang fotografer di Australia kehilangan kamera serta beberapa gear miliknya, yang syukurnya bisa dia dapatkan kembali. Kewaspadaan kita akan resiko kehilangan ini juga harus lebih ditingkatkan apalagi jika menyangkut hasil kerja keras kita seumur hidup. Sama seperti yang dialami seorang jurnalis foto asal Montreal Kanada, Jacques Nadeau adalah jurnalis yang bekerja untuk surat kabar Le Devoir harus mendapati kenyataan pahit saat pulang ke rumahnya pada awal pekan ini dan menemukan rumahnya dibobol maling.

featured Jacques Nadeau

Seperti dilansir dari CBC News Jacques pertama menyadari bahwa TV di rumahnya telah hilang digondol si pencuri, pencuri itu tampaknya cukup tahu nilai berharga dari sebuah foto karena dia juga mengambil sebuah foto terkenal milik Jacques yang mana menampilkan gubernur Quebec René Lévesque era tahun 1981 yang sementara bermain biliard.

Melihat kondisi rumahnya seperti itu, Jacques segera ke tingkat atas rumahnya dan menyadari benda yang menurutnya paling berharga di rumah itu sudah tak ada lagi. Ya 5 buah harddrive yang semuanya berisikan foto-foto karya dirinya selama 35 tahun ini telah hilang lenyap tak berbekas dibawa si maling. Jacques memperkirakan bahwa ada sekitar 30 ribu sampai 50 ribu foto di dalam hard drive tersebut.

“Orang bisa mengambil apa saja di rumah ini, tapi jangan foto-foto saya itu” Ungkap Jacques.

Memilih media penyimpanan untuk foto yang paling aman memang sesuatu hal yang masih kurang familiar bagi kebanyakan fotografer. Ada begitu banyak hal yang menjadi perhitungan, tapi tentu jangan sampai kita kehilangan rangkaian foto yang begitu berharga barulah kita menyadari perlunya media yang aman. Kamera dan peralatan fotografi yang hilang mungkin masih bisa kita beli kembali, tetapi setiap momen dan event yang kita telah lalui serta kita abadikan takkan mungkin terulang lagi.

Header diambil dari wawancara Jacques dengan Photogaspesie tahun 2012

(Sumber : CBC News)

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *