Kampanye Rusia Menekan Angka Kematian Akibat Selfie

Di seluruh dunia tampaknya selalu saja ada kasus kematian akibat memotret diri sendiri yang populer dengan istilah selfie. Setelah adanya peringatan dari Union Pacific akan bahaya memotret di lintasan kereta api, kini giliran Kementrian Dalam Negeri Rusia bersama dengan satuan kepolisiannya memulai kampanye mereka untuk menunjukan betapa berbahaya dan mematikannya, mengambil potret diri sendiri dengan cara selfie. Dilansir dari AP kepolisian Rusia melaporkan bahwa setidaknya 10 orang tewas dan 100 orang lainnya terluka akibat mengambil foto selfie. Hal ini tentunya disebabkan karena ketika seorang berkonsentrasi mengambil foto dirinya, dia menjadikan dirinya beresiko terhadap segala bahaya yang timbul dari lingkungan sekitarnya, karena fokusnya berpusat pada handphone dan menurunkan tingkat kewaspadaan terhadap lingkungan sekitarnya.

selfie 2

Peringatan bahaya selfie !

Kementrian dalam negeri Rusia mencoba menunjukan bahaya selfie tersebut melalui gambar grafis serta ikon-ikon yang cukup jelas untuk memperingati warganya. Seperti bisa anda lihat bagaimana peringatan tersebut menunjukan bahaya selfie di jalur kereta, di atas perahu, selfie dengan hewan liar, serta berbagai macam hal lainnya yang semuanya memang bisa mendatangkan bahaya bagi orang yang melakukannya. Pihak kementrian Rusia juga menekankan khususnya kepada setiap pemuda dan pemudi yang umumnya melakukan selfie. “Pastikan anda berada di lingkungan yang aman dan bahwa hidup anda tidak sedang dalam bahaya saat anda ingin melakukan selfie !” Tulis kementerian dalam negeri Rusia melalui websitenya.

Hal ini tentu menjadi warning juga bukan hanya di Rusia, tapi juga seluruh dunia yang sepertinya sedang keranjingan selfie, jika tak mau nyawa anda melayang percuma karena aktifitas itu, sekali lagi perhatikan dimana anda melakukan selfie serta kondisi lingkungan maupun bahaya seandainya anda melakukan selfie di tempat itu. Jika selfie hanya membahayakan anda, untuk apa melakukannya bukan ?

(Sumber : Petapixel, AP )

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *