Lihat Foto Selfie Keren Dengan Latar Stasiun Luar Angkasa Yang Melintasi Langit!

Anda penyuka selfie atau memotret diri sendiri? Jika iya, bisa dipastikan bahwa sebagian besar memori handphone atau kamera anda berisi foto-foto diri sendiri ketimbang orang lain. Tentu itu bukanlah hal yang salah, apalagi jika potret diri anda latar belakangnya adalah stasiun luar angkasa internasional (ISS) yang sedang melintasi langit malam ! Whoaa….

Hal itulah yang dilakukan oleh Trevor Mahlmann, dia mengabadikan potret dirinya sendiri sementara memandang ke arah langit malam sambil duduk di atas sayap pesawat milik kakeknya. Di latar belakang fotonya tampak stasiun luar angkasa internasional (International Space Station) sementara melintas dan tampak sebagai garis cahaya melengkung.

Dalam proses pembuatan fotonya sendiri, Trevor mengungkapkan bahwa dia cukup memeras otak untuk menemukan bagaimana cara kreatif untuk bisa memotret ISS agar tampak lebih keren, akhirnya ide itu pun datang. Trevor menuliskan dalam postingan blognya  bagaimana jika dia mengeluarkan pesawat Cessna 150 milik kakeknya tadi keluar dari hanggar dan menempatkannya di bagian rerumputan, kemudian dia akan berdiri di situ sambil melihat ke langit ke arah ISS yang melintas.

Untuk mengetahui posisi tepatnya dari stasiun luar angkasa ISS akan melintas di langit, Trevor menggunakan layanan dari situs HeavensAbove.com. Situs tersebut mengungkapkan konstelasi rasi bintang mana saja di langit yang akan dilalui oleh ISS, mengetahui hal tersebut Trevor pun langsung bergerak. Dia mengatur posisi pesawatnya sedemikian rupa serta menempatkan kameranya agar supaya rasi-rasi bintang yang dimaksud akan tampil penuh tertangkap kamera dalam frame fotonya.

tes foto trevor

Setelah beberapa kali mengadakan uji coba eksposure yang tampak dalam foto, Trevor pun yakin dan memulai rangkaian pemotretannya menggunakan intervalometer (remote timer), setelah menekan tombol ‘start’ pada perangkat itu Trevor segera menaiki sayap pesawat tersebut menanti ISS muncul. Apa yang dinantikan Trevor menjadi kenyataan, stasiun luar angkasa terkenal itu mulai menampakkan dirinya dari garis batas horizon dan kemudian melintasi langit malam itu tepat di bagian rasi bintang yang digambarkan peta yang didapat Trevor.

foto final

Dalam pemotretannya Trevor menggunakan kamera Canon EOS Rebel T5i, ISO 100 dengan lensa fish eye 8mm di bukaan f/3.5. Dia memotret hingga 16 frame berbeda dalam jangka waktu 16 detik. Setelah proses post production untuk menggabungkan foto-foto tadi, didapatkanlah foto cantik karya Trevor Mahlmann yang menampilkan potret dirinya sementara menatap ke arah ISS yang melintas di langit seperti di atas.

Sebuah ide brilian dan eksekusi yang cerdas dari seorang fotografer ini. Silakan lihat karya-karya Trevor lainnya di website pribadinya atau kunjungi dia di Facebook. Jadi anda tertarik untuk selfie dengan latar belakang ISS juga ?

All images © Trevor Mahlmann

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *