New Leica Q, Kamera Kompak Full Frame Dari Leica

Beberapa hari lalu, pabrikan kamera asal Jerman, Leica, mengumumkan kamera kompak full frame terbaru mereka, Leica Seri Q. Dengan desain khas Leica, kamera ini mengusung sensor fullframe dengan resolusi 24 megapixel dan dilengkapi dengan lensa Summilux 28mm f/1.7. Leica Q sendiri didesain sebagai kamera kompak yang siap anda ajak kemana saja. Dengan konstruksi bodi yang terbuat dari aluminium dan magnesium alloy, apakah kamera ini layak untuk ditebus dengan harga lebih dari 4 ribu dolar?
Menurut tim desain Leica, kamera ini didesain spesial untuk street photography, dimana anda yang menggemari genre ini tentu tak ingin sebuah kamera yang mencolok perhatian. Selain desain, beberapa keistimewaan dari kamera ini antara lain adalah electronic view finder (EVF) dengan kerapatan yang mencapai 3.680.000 titik. Hingga saat ini Leica Q merupakan kamera yang memiliki resolusi EVF paling tinggi, jika dibandingkan dengan kamera mirrorless lainnya di pasaran. Selain itu, anda juga akan terbantu untuk meninjau foto, dengan layar LCD touch screen seluas 3″ beresolusi hingga 1.040.000 titik. Anda juga bisa memanfaatkan layar touch screen secara cepat, untuk memilih titik fokus yang anda inginkan. Dengan mengusung fitur multitouch pada LCD, memungkinkan anda melakukan pinching atau gerakan mencubit untuk zooming pada foto.Jika anda sudah melihat bagaimana desain dari Leica M, tentu anda akan tahu bagaimana kamera tersebut dibangun dengan cita rasa tinggi, serta build quality yang baik namun terkendala dengan berat yang cukup terasa. Leica Q seperti adik dari Leica M, dengan berat 640gr Leica Q memang lebih berat dari pesaing utamanya Sony RX1, tapi perbedaannya tidak terlalu jauh, cukup untuk memberikan kesan berkualitas pada Leica Q.
New Leica Q, Kamera Kompak Fullframe Dari Leica

 

Lensa yang dipasang sendiri memiliki kualitas yang sangat baik, dengan fokal length 28mm tentu sudah sangat mencukupi untuk memotret street photography, bukaan yang besar hingga di f/1.7 membuat anda tak perlu kuatir dengan tingkat pencahayaan yang ada. Barel lensa sendiri sudah dilengkapi dengan aperture control dan ring fokus, sehingga memudahkan anda dalam mengatur setingan yang diinginkan. Terdapat satu lagi pengaturan pada lensa yang bisa anda pilih, yaitu opsi untuk memotret makro, dengan opsi ini maka jarak minimum fokus lensa akan berubah sehingga anda bisa memotret makro dengan cukup mudah.

New Leica Q, Kamera Kompak Fullframe Dari Leica

Leica Q sudah tersedia di pasaran dengan harga US$ 4,250 atau sekitar 56 juta rupiah. Hmmm tentu dengan harga seperti itu anda bisa mendapatkan sebuah kamera DSLR tingkat atas, tapi kembali ke selera masing-masing pastinya. Jika anda menginginkan sensor fullframe di body yang compact, ditambah bonus nama besar Leica kenapa tidak?

Baca juga :

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *