Panasonic GX8 : Mirrorless Micro Four Thirds Pertama Dengan Resolusi 20,3 Megapiksel

Pabrikan kamera Panasonic baru saja merilis produk terbaru mereka di segmen mirrorless, sebuah kamera dengan format sensor micro four thirds yang diberi nama Panasonic GX8. Kamera ini merupakan penerus dari kamera GX7 yang dirilis beberapa tahun lalu. Uniknya kamera ini merupakan yang pertama di jajaran micro four thirds yang berhasil menembus angka resolusi 20,3 megapiksel. GX7 sebelumnya ‘hanya’ memiliki resolusi maksimum 16b megapiksel.

GX8

Selain resolusi yang ditawarkan, kamera ini juga memiliki beberapa keunggulan lainnya. Mari kita simak spesifikasi selengkapnya dari kamera Panasonic GX8 ini.

  • Sensor CMOS berukuran micro four thirds baru
  • Prosessor Quad Core Venus Engine yang mendukung kinerja dan kecepatan dari kamera ini, ISO maksimum yang didukung oleh kamera ini pun meningkat hingga mencapai ISO 25600
  • Kecepatan foto berturut-turut yang mengagumkan, anda bisa memotret hingga 8 foto terus menerus, jika menggunakan fitur autofokus tracking kecepatannya menurun menjadi 6 foto berturut-turut.
  • Kemampuan rekam video hingga resolusi 4K pada 24/30fps, tentu fitur ini sangat menyenangkan bagi anda penggemar videography. Selain itu anda juga bisa mendapatkan foto kualitas 4K (setara 8 megapiksel) dari video yang anda rekam, dengan begitu tak perlu takut kehilangan momen foto saat anda merekam video menggunakan kamera ini.

GX8 2

  • Sistem stabilisasi gambar 4 axix, dengan adanya sistem image stabilization pada bodi kamera ini anda tak perlu takut jika menggunakan lensa yang punya fitur yang sama. Namun kemampuan stabilisasi kamera ini juga bisa bekerja sama dengan sistem stabilisasi yang terletak di lensa untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal tentunya.

Baca juga : Mengenal Lebih Jauh Fitur Image Stabilization

  • Teknologi autofokus yang dimiliki oleh Panasonic GX8 tergolong canggih, anda bisa mengunci fokus dalam waktu 0,07 detik. Teknologi autofokus yang digunakan di kamera ini adalah teknologi DFD (Depth From Defocus) yang mampu bekerja dengan baik dalam kondisi cahaya yang berlimpah ataupun kondisi yang remang dan kurang cahaya hingga tingkat EV -4.
  • Viewfinder yang canggih dengan resolusi hingga 2.3 juta titik, uniknya viewfinder pada kamera ini memiliki fitur tilting yang artinya bisa diputar menghadap ke atas. Untuk layar LCD belakang, GX8 menyediakan layar full touch screen yang bisa diputar ke segala arah, resolusi LCD sendiri mencapai 1.04 juta titik.

GX8 5

GX8 3

GX8 4

  • Bodi kamera Panasonic GX8 termasuk tangguh terbuat dari logam magnesium alloy dengan fitur weathershield yang melindungi kamera anda. Tentu fitur ini sangat berguna bagi yang sering memotret di alam bebas yang tak bisa kita perkirakan kondisi cuacanya.Untuk berat bodi kamera sendiri mencapai 487 gram sudah termasuk dengan baterei, jika dibandingkan dengan GX7 kamera ini lebih berat dan sedikit lebih besar ukuran bodinya.
  • Shutter speed mekanis yang tinggi hingga 1/8000s setara dengan beberapa kamera DSLR canggih, tersedia juga shutter speed dengan sistem elektronik yang mencapai dua kali lipatnya yaitu 1/16000s. Fitur-fitur lain yang tersemat di mirrorles ini diantaranya focus peaking, silent mode, time-lapse, dan kemampuan untuk membuat video stop motion.
  • Urusan konektivitas, kamera ini sudah mendukung penggunaan Wi-Fi serta Near Field Communication (NFC).

Kamera Panasonic GX8 ini ditawarkan dengan harga US$ 1200 atau sekitar 16 juta rupiah body only. Bagi anda pecinta kamera mirrorles dan sistem micro four thirds tentu bisa menjadi penawaran yang cukup menarik, apalagi jika anda sudah memiliki cukup banyak koleksi lensa micro four thirds silakan saja mengupgrade bodi kamera ke Panasonic GX8. Namun jika masalah kualitas dari sensor yang berukuran lebih kecil dari mirrorless lainnya, tentu anda bisa mempertimbangkan kamera-kamera lainnya di rentang harga yang sama.

 

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *