Sony RX1R II : Kamera Kompak Full Frame 42,4 MP Baru Dari Sony

Pabrikan Sony baru saja mengumumkan kehadiran kamera kompak barunya, Sony RX1R II. Salah satu kamera kompak paling ‘gahar’ di era modern saat ini. Dengan sensor full frame tertanam dalam bodi mungilnya, tentu kualitas foto kamera ini tak perlu diragukan lagi.

Sony RX1R II : Kamera Kompak Full Frame 42,4 MP Baru Dari Sony

Kamera ini mengusung sensor CMOS Exmor R back iluminated full frame dengan resolusi mencapai 42,4 megapiksel. Dengan sensor tersebut memungkinkan fotografer untuk memilih ISO dari rentang 100-25.600, tersedia juga pilihan expand hingga 50-102400.

Sony mengklaim bahwa sensor barunya ini memiliki kemampuan transfer output data lebih cepat hingga 3,5 kali dari RX1 R generasi pertama.

Salah satu fitur yang diunggulkan Sony untuk kamera barunya ini adalah fitur low pass filter, untuk generasi pertama RX1R, filter anti aliasing ini dibuang agar supaya kamera mampu menghasilkan foto lebih tajam.

Sony RX1R II : Kamera Kompak Full Frame 42,4 MP Baru Dari Sony

Dengan dibuangnya filter tersebut, tentu hasil foto jadi lebih tajam namun kekurangannya adalah foto jadi rentan terhadap moire. Moire sendiri merupakan kelemahan sensor kamera saat memotret objek dengan pola yang rapat dan beraturan, contohnya garis-garis pada pakaian.

Ketimbang membuat dua jenis kamera yang memiliki filter dan yang tidak ada filter, Sony tampaknya lebih memilih membuat filter variabel yang bisa diaktifkan atau dinonaktifkan.

Seperti dilansir dari Petapixel, fitur optical variable low pass filter ini merupakan yang pertama di dunia. Fotografer yang menggunakannya pun bisa memilih tiga tingkatan filter, dari off, standar ataupun high.

Sony RX1R II : Kamera Kompak Full Frame 42,4 MP Baru Dari Sony

Pada tingkatan high kamera mampu mengatasi moire dengan sangat baik namun berdampak pada ketajaman foto akhir nantinya, dengan begitu kita bisa leluasa memilih, jika memotret landscape yang notabene tak takut dengan moire, fitur ini tentu bisa di ‘off’ kan untuk ketajaman maksimal.

Spesifikasi lainnya dari kamera RX1R II ini adalah sebagai berikut :

  • Prosesor BIONZ X™
  • Lensa ZEISS Sonnar T* 35 mm F2 yang dilengkapi dengan shift ring untuk memotret makro pada jarak 14cm
  • Modul auto fokus hybrid yang dilengkapi dengan 399 titik fokus, hampir setengah dari bidang gambar tercover oleh titik-titik fokus ini
  • Viewfinder elektronik XGA OLED 2,4 juta titik yang bisa dipop up layaknya flash internal kamera DSLR
  • Layar LCD 3 inch 1,2 juta titik yang bisa ditilting
  • Burst mode 5fps
  • RAW file tak dikompres 14bit
  • Rekam video full HD pada frame rate 60/30/24 fps
  • Koneksi Wi-Fi dan NFC terintegrasi

Meski memiliki ukuran yang kompak untuk digenggam hanya dengan satu tangan, jangan kira harganya juga akan ikut-ikutan ‘kompak’.

Sony RX1R II : Kamera Kompak Full Frame 42,4 MP Baru Dari Sony

Dengan segudang keunggulan yang dimilikinya, kamera Sony RX1R II ini dibanderol dengan harga US$ 3,300 atau sekitar Rp. 44 juta. Tertarik untuk memboyongnya? Belum diketahui kapan Sony akan memasarkannya di Indonesia.

Berikut adalah salah satu contoh hasil foto yang dipotret menggunakan kamera Sony RX1R II ini.

Sony RX1R II : Kamera Kompak Full Frame 42,4 MP Baru Dari Sony

M mode, 1/80 sec., F11, ISO 100, Manual white balance

(Sumber : Sony, Petapixel)

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *