Tips Sederhana Komposisi Rule of Thirds

Fotografi pada dasarnya adalah sebuah karya seni dan sama seperti karya seni lainnya, dalam dunia fotografi pun dikenal istilah komposisi. Komposisi sendiri berarti susunan atau tatanan.
Menurut KBBI juga bisa diartikan sebagai integrasi warna, garis dan bidang untuk mencapai kesatuan yang harmonis.

Tips Sederhana Komposisi Rule of Thirds

Salah satu komposisi dalam fotografi yang paling terkenal adalah komposisi Rule of Thirds. Begitu terkenalnya karena komposisi rule of thirds ini sebenarnya sangat mudah untuk kita pelajari,bahkan untuk seorang yang masih pemula atau baru saja belajar fotografi.

Satu hal lagi, teknik komposisi ini bisa anda praktekkan tanpa memandang batasan kamera apa yang anda gunakan, pakai smartphone pun jika anda menerapkan teknik komposisi ini, foto yang anda hasilkan akan terlihat lebih menarik.

Pada dasarnya komposisi Rule of Thirds adalah dengan membagi ruang pada frame foto anda menjadi 9 bagian yang sama besar. Seperti pada foto di bawah, 9 kotak yang membagi foto tersebut terbentuk dari dua garis horizontal dan dua garis vertikal.

Titik perpotongan antara dua garis tersebut yang kita tempatkan point of interest atau objek foto yang utama,

Komposisi Fotografi Rule of Thirds

Langkah – langkah utama untuk mencoba komposisi foto ini adalah sebagai berikut :

1. Tentukan objek utama yang akan menjadi point of interest dari foto anda secara keseluruhan

Sebelum anda memotret, setidaknya anda sudah mendapatkan bayangan seperti apa jika foto tersebut jadi nanti. Tentu saja dalam menentukan point of interest foto merupakan pilihan pribadi masing-masing kita,  sesuai dengan tempat pemotretan atau objek yang dipotret.

Usahakan juga agar latar belakang yang ada tidak terlalu mengganggu perhatian, sehingga ketika orang melihat foto anda perhatian mereka langsung tertuju pada objek utama foto.

2. Bayangkan garis imajiner pada saat anda melihat di viewfinder kamera

Jika anda menggunakan layar LCD, gunakan garis bantu yang biasanya bisa kita munculkan pada mode live view. Jika anda menggunakan kamera smartphone anda bisa membayangkan garis imajiner tadi membagi layar smartphone seperti foto di atas.

3. Tempatkan objek utama pada titik persimpangan garis

Anda bisa memilih dari empat titik tersebut, yang mana paling menarik, tentu jangan lupa sesuaikan dengan background foto anda.

Komposisi Fotografi Rule of Thirds

 

4. Jangan ragu untuk mencoba beberapa titik lainnya dari komposisi ini

Sampai anda mendapatkan foto yang benar-benar sesuai dengan keinginan anda. cobalah untuk kembali memotret objek yang Anda inginkan tersebut.

5. Jika masih terasa kurang, anda bisa melakukan crop atau editing foto tersebut dengan aplikasi editing foto.

Biasanya pada aplikasi pengedit foto sudah disediakan garis bantu saat kita akan mengcrop foto, tinggal anda sesuaikan dengan foto yang akan diedit.

Demikian tips sederhana komposisi rules of third, jika saat memotret anda menggunakan format raw, cari tahu kelebihan memotret raw dengan membaca 8 Kelebihan foto dengan format raw.
Thanks for reading.

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *