Seri EOS 77D dan 800D Diperkenalkan, DSLR Canon Dengan 5 Axis Video Stabilization Di Bodi Kamera

Tak hanya memperkenalkan seri mirrorless terbaru EOS M6, Canon juga memperkenalkan duo seri DSLR teranyar: EOS 800D & 77D!

Kedua seri terbaru DSLR Canon ini mengusung spesifikasi yang serupa,hanya terdapat beberapa perbedaan minor dalam hal tampilan serta handling kamera.

Selain itu mari kita lihat sama-sama.

Spesifikasi utama yang diusung Canon 800D. Seri 77D juga memiliki kemampuan serupa dengan beberapa fitur tambahan. Source

Pembaharuan Seri 750D dan Penamaan Yang di Luar Jalur

Canon EOS 800D sejatinya adalah pembaharuan Canon untuk seri 750D karena kamera ini lebih ditujukan kepada para pengguna advance beginner.

Seri EOS 77D dan 800D Diperkenalkan, DSLR Canon Dengan 5 Axis Video Stabilization Di Bodi KameraBerbeda dengan itu, seri kamera 77D agak sedikit lain. Bukan hanya karena penamaannya yang di luar kebiasaan Canon, tampaknya kamera ini lebih diposisikan di antara seri 70D dan 80D (terang saja namanya 77D :)).

Selain target pengguna yang lebih kepada semi profesional, kamera ini juga tampaknya lebih untuk mengganti seri 760D yang sudah discontinue.

Baik 800D maupun 77D berbagi spesifikasi teknis yang hampir serupa seperti sensor maupun prosesor yang digunakan.

Spesifikasi EOS 800D dan 77D

Sensor: CMOS 24.7 Megapiksel | Prosesor: DIGIC 7 | Sistem Fokus: 45 titik fokus (cross type) | Dual Pixel CMOS AF yang berguna saat fokus dengan live view

Burst Mode: 6 foto berturut-turut | Shutter Speed: 30s – 1/4000s, Bulb | Metering: 7560-pixel RGB+IR metering sensor | Video: Full HD 1080p 60p | Konektivitas: Bluetooth, Wi-Fi, NFC | LCD: Touchscreen Vari Angle

Dari beberapa spek utama di atas bisa dilihat kemiripan kedua seri DSLR Canon ini.

Nah.. Untuk perbedaan sendiri terdapat pada fitur stabilizer 5 Axis In Camera yang hanya dimiliki Canon 77D (dan EOS M6 juga).

Baca juga:

Pada Canon 77D fitur ini bisa dimanfaatkan saat merekam video karena akan menjaga kestabilan gambar dengan mengurangi guncangan yang ada.

Selain dari fitur tersebut perbedaan yang terasa mencolok adalah pada tampilan kedua kamera. Pada Canon 77D terdapat layar tambahan di bagian atas kamera.

Seri EOS 77D dan 800D Diperkenalkan, DSLR Canon Dengan 5 Axis Video Stabilization Di Bodi Kamera

Perbedaan Canon 77D dan 800D dari tampak atas

Selain membantu fotografer saat mengganti settingan secara cepat, kehadiran layar tambahan ini juga menunjukkan ‘kelas’ kamera yang tampak lebih pro.

Perbedaan berikutnya terletak pada bagian belakang kamera dalam pengaturan tombol.

Seri EOS 77D dan 800D Diperkenalkan, DSLR Canon Dengan 5 Axis Video Stabilization Di Bodi Kamera

Tampak belakang kamera Canon 800D

Seri EOS 77D dan 800D Diperkenalkan, DSLR Canon Dengan 5 Axis Video Stabilization Di Bodi Kamera

Tampak belakang kamera Canon 77D

Perhatikan tuas lock yang berada di kanan bawah pada kamera Canon 77D serta roda putar yang mengelilingi tombol dial menunya.

Harga kamera Canon 800D dan 77D

Kedua kamera ini akan mulai dipasarkan pada April 2017. Untuk Canon 800D sendiri diperkirakan akan dijual di rentang harga Rp. 10.9 juta untuk paket body only sedangkan untuk Canon 77D di kisaran Rp. 11.6 juta.

Harga di atas masih belum dipastikan sampai pihak Canon Indonesia memboyong kedua produk ini ke pasar dalam negeri.

Haruskah Mengupgrade Kamera?

Pertanyaan ini mungkin saja terlintas di benak kamu yang tergiur dengan beragam fitur baru kamera teranyar.

Apalagi yang mulai melirik kamera mirrorless yang semakin hari semakin menggoda saja.

Jika kamu yang memang sedari awal ingin terjun di dunia fotografi, merupakan langkah yang baik jika gear yang dipakai merupakan yang terupdate. Selain menambah rasa percaya diri, tentu juga menambah nilai tambah di mata client.

Tapi bagi yang baru saja ingin belajar, silakan mulailah dengan kamera-kamera yang terjangkau (sesuai ukuran kantong tentunya). Ingat terjangkau di sini sangat relatif, jangan lupa juga pertimbangkan beberapa faktor ini sebelum membeli kamera.

(Via: Canon UK, Wexphotographic )

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *