E1 Kamera Micro Four Thirds Terkecil Di Dunia Yang Mampu Merekam Video 4K

Z Camera mungkin sebuah nama yang terbilang masih asing, bukan hanya di Indonesia tetapi juga di dunia. Perusahaan start up ini mungkin tak sebesar perusahaan terkenal macam Fuji, Panasonic atau perusahaan lainnya, tetapi baru-baru ini mereka meluncurkan sebuah produk yang cukup mencengangkan, sebuah kamera dengan format sensor micro fourt thirds terkecil di dunia yang mampu merekam video hingga resolusi 4K !

E1

Dengan konsep yang menggabungkan ukuran kamera aksi dunia seperti Go Pro bersama dengan kemampuan mengganti lensa dari mirrorless, hadirlah kamera E1 ini. Sekalipun ukurannya yang terbilang sangat mungil, tetapi spesifikasinya tergolong wah lihat saja kemampuannya dalam merekam video dengan kualitas setara bioskop 4K dengan resolusi 4096 x 2160 di frame rate 24fps, tersedia juga pilihan untuk Ultra High Definition di resolusi 3840 x 2160 dengan frame rate 30fps.

Sensor micro fourt thirds yang dimiliki kamera ini juga cukup mengesankan, diklaim mampu menghasilkan gambar berkualitas sekalipun di kondisi cahaya yang kurang. Z Camera mengklaim bahwa kameranya mampu mencapai ISO 102.400 dengan tetap menjaga kualitas tinggi hingga di ISO 6.400. Kemampuan 3D Noise  Filters yang disematkan di kamera ini mampu menjaga level noise tetap rendah pada hasil fotonya.

Bodi kamera E1 juga bisa dikatakan tangguh karena terbuat dari logam magnesium alloy yang kuat. Selain itu bodinya ini juga dirancang untuk mengurangi panas dari prosesor A9 yang bersemayam di dalamnya. Kamera ini juga dilengkapi mount yang mendukung lensa dengan kemampuan AF dari berbagai macam brand seperti Olympus, Panasonic, Leica ataupun Sigma.

Berikut adalah beberapa contoh foto yang diambil menggunakan kamera ini, anda bisa menemukan sampel galeri kamera ini di situs resmi Z Camera.

sampel E1

 

sampel E1 2

Berikut adalah beberapa fitur yang diusung juga oleh kamera ini antara lain

  • Kemampuan autofokus terus menerus baik itu saat anda merekam video ataupun saat memotret
  • Kemampuan batere hingga 45 menit untuk merekam video 4K bersama wi-fi diaktifkan, 80 menit tanpa wi-fi,
  • Ukuran layar 2,5 inci
  • Ukuran sensor 4/3 inci (Micro Four Thirds System)
  • Sistem autofokus deteksi kontras
  • Penyimpanan dalam bentuk microSD hingga 128 Gb
  • Konstruksi bodi dari logam magnesium alloy
  • Berat bodi kamera dengan baterei 209 gram

 

Anda bisa mengoperasikan kamera E1 dari smartphone anda hanya dengan menggunakan aplikasi khusus kamera ini yang tersedia di Google Play atau iOS Store. Dalam urusan konektivitas kamera ini juga sudah mendukung perangkat Wi-Fi dan bluetooth versi 4.0

E1 App

Adapun kamera ini direncanakan akan dijual di kisaran harga US$ 699 atau sekitar 9 juta rupiah. Sebelumnya pihak Z Camera memulai kampanye penggalangan dana untuk produk mereka ini di Kickstarter dengan target sebesar US$ 42.000 dimana anda yang berkontribusi sebesar US$ 499 akan mendapatkan satu perangkat kamera E1 yang akan mulai dikirimkan pada Desember 2015 nanti.

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *