11 Hal Menyebalkan Ini Hanya Bisa Dipahami Oleh Seorang Fotografer

Mengaku seorang fotografer? Mungkin kamu pernah mengalami beberapa kejadian di bawah ini, atau malahan sampai mencak-mencak saking kesalnya hehe.

11 Hal Menyebalkan Ini Hanya Bisa Dipahami Oleh Seorang Fotografer

1. Kartu Memori Ketinggalan Di Laptop

Kamu sudah begitu semangatnya memotret, tiba di lokasi acara ataupun lokasi hunting bareng teman kemudian saat kamu menghidupkan kamera muncul pemberitahuan ‘Error No Card”.

11 Hal Menyebalkan Ini Hanya Bisa Dipahami Oleh Seorang Fotografer

Pemberitahuan sederhana yang cukup bikin copot jantung 😀

Kemudian kamu baru ingat semalam selesai menyalin foto di laptop, ternyata kamu lupa mencabut kartu memorinya waaaah… Rasanya tak terbayangkan. Yah syukur kalo rumah kamu dekat buat balik ambil kartu memorinya, ya kalau tidak.. Bisa gawaaat!

2. Baterai Cadangan Yang Lupa Dicharge

Fungsi utama baterai cadangan tentunya sebagai back up agar supaya jika seandainya baterai kamera kita habis, kita bisa tetap memotret menggunakan baterai cadangan.

Nah, bagaimana jika baterai cadangannya pun ternyata kosong alias belum dicharge hehehe. Bagi yang pernah mengalami tentu hal ini sangat mengesalkan, buru-buru mengganti baterai karena takut ketinggalan momen.. Eh malah baterai penggantinya juga low. 😀

Dalam sebuah pemotretan acara penting, kamu sebagai seorang fotografernya pasti bakal kelimpungan gara-gara hal sederhana namun cukup memusingkan ini.

3. Quick Release Plate Tripod yang terselip entah dimana

Quick Release Plate Tripod mungkin tampak sepele, karena bentuknya yang tak lebih besar dari ukuran baterai kamera. Namun karena itu juga benda ini bisa sangat mudah terselip atau jatuh jika tak dipasangkan ke kamera atau tripod.

11 Hal Menyebalkan Ini Hanya Bisa Dipahami Oleh Seorang Fotografer

Benda ini jika hilang lumayan memusingkan

Masalahnya adalah sebuah tripod akan jadi tak berguna jika quick release platenya hilang atau ketinggalan, kan gak mungkin kamu mengikat kamera pake tali rafia agar bisa dipasangkan di tripod hehe.

4. Pop Up flash yang lupa dimatikan

Pengennya sih ambil foto candid gadis cantik yang duduk di seberang meja, kamu sudah siap-siap memotret, sengaja dipilih aperture yang besar supaya bokehnya asoy.

Kemudian kameramu mulai diarahkan pelan-pelan, menunggu momen si dia tersenyum dan jeprett… Betapa kagetnya kamu ketika lampu flashnya tiba-tiba terangkat dan menyala hahaha. Gagal candid dehh…-_-

11 Hal Menyebalkan Ini Hanya Bisa Dipahami Oleh Seorang Fotografer

Pop up flash via usa.canon.com

Ok, itu merupakan awkward momen bagi seorang fotografer. Untuk itu pastikan kamu memilih mode kamera yang tepat agar tidak ada kejadian pop up flash menyala tanpa diinginkan.

5. Hujan Tiba-Tiba Saat Hunting Landscape

Hujan memang adalah berkah bagi kebanyakan orang, tapi bagi seorang fotografer yang sedang mengejar setoran foto landscape yang keren, hujan di tengah acara hunting merupakan sesuatu yang cukup menyesakkan dada.

Apalagi kalau tempat huntingnya cukup jauh, rasanya yaaah mau gimana lagi… Untuk itu pastikan kamu tetap sabar ya

6. Dihalangi saat memotret acara resmi

Pernah tidak kamu ditugasi memotret sebuah acara resmi, semisal acara pernikahan. Nah ketika kamu sementara sibuk memotret dan mencari angle yang pas, eh tiba-tiba saja ada orang yang nyelonong masuk dan menghalangi kamu karena ingin memotret juga…. pake hape!

11 Hal Menyebalkan Ini Hanya Bisa Dipahami Oleh Seorang Fotografer

Kalo kamu pernah meliput acara wedding, pasti kamu pernah merasakan dihalangi para fotografer jadi-jadian di acara tersebut

Uh.. minta digetok pake tripod nih orang haha, memang kebanyakan orang sekarang dengan smartphonenya yang katanya canggih, serasa ingin memotret semua hal lalu diupload ke medsos.

Yah itu sih sah-sah saja, wong yang punya hape dia, tapi yaah jangan mengganggu pekerjaan orang lain keleus… -_-

7. “Wah hasil fotonya bagus ya… Wajar sih, kameranya mahal!”

Pernah mendapat komentar seperti itu?

Beberapa orang memang cukup menyebalkan untuk berpikir karena pake DSLR yang mahal maka hasil fotonya bisa bagus.

Mereka tak tahu bagaimana kerasnya upaya seorang fotografer untuk belajar memotret, banyaknya waktu (dan juga kuota) yang harus dibayarkan untuk search artikel fotografi yang bagus di internet.

situs fotografi

Belajar otodidak di situs fotografi saja tetap butuh usaha dan kuota kan

Banyak-banyakin sabar deh kalo ada yang mengomentari foto kamu seperti itu yaa…

8. Foto dicuri atau digunakan tanpa izin

Ini hal yang sangat-sangat menjengkelkan. Serius. Apalagi kalo foto kamu dipakai untuk tujuan komersil, wah bener-bener deh.

Tentunya sebagai seorang fotografer, kamu bisa mengambil beberapa langkah pencegahan, contohnya dengan menaruh watermark ataupun copyright di setiap foto kamu.

Tapi ingat juga, pastikan saat mengupload foto di situs semacam Flickr, 500px dll kamu mensetting lisensi foto kamu tidak di Public Domain, karena jika demikian tentu sama saja kamu memberikan kesempatan orang lain untuk menggunakan fotomu secara bebas.

9. Tidak diacuhkan model saat memotret ramai-ramai

“Hai… Nina… Lihat sini dong.. Yuhuuuu… Haloooww”

Tapi sang model bergeming, tak menggubris wajah memelas kamu yang sudah memohon-mohon hehehe.

Memotret model patungan memang mengasyikkan, tapi salah satu kekurangannya yah karena banyaknya orang yang memotret, sehingga kadang harus rebutan.

11 Hal Menyebalkan Ini Hanya Bisa Dipahami Oleh Seorang Fotografer

Memotret model ramai-ramai. Via Traxmagz

Bagi kamu yang wajahnya lumayan, salah satu keuntungan karena biasanya si model jadi tertarik untuk bergaya, tapi kalau wajahnya yah di bawah standar uhh… Sabar aja deh.

Salah satu trik mudahnya, ajak si model kenalan sebelum memotret, dengan begitu dia jadi kenal kamu dan lebih mudah ‘merespon’.

10. Diminta fotoin acara teman tapi pengennya gratis

Kalo kamu seorang yang benar-benar baik hati dan mau berkorban (waktu, tenaga, uang) untuk teman kamu, no problem.

Tapi yah, kalau memotret adalah mata pencaharian kamu, agaknya teman yang kayak gini menyebalkan juga.

Emangnya kamera itu dibeli pake daun ya.

11. Dilema bawa tripod

Hal yang kadang cukup menjengkelkan adalah saat kamu mau memutuskan bawa tripod ataukah tidak. Pengen bawa tapi takutnya bawaan jadi berat dan repot, pengen ditinggal tapi takutnya memotret nanti jadi tidak maksimal. Hmmm….

****

Jadi, apakah kamu pernah mengalami 11 hal di atas? Jika pernah atau kamu punya pengalaman yang lain, yuk share lewat kolom komentar.

Senang dengan artikel serupa? Yuk bergabung bersama kami via Facebook atau Twitter, untuk mendapatkan pemberitahuan artikel terbaru kami langsung di beranda atau timeline kamu.

Jangan lupa juga dibagi dengan teman-teman fotografer lainnya yaa. Semangat memotret teman-teman!

Baca Juga...

8 Responses

  1. yudi says:

    yg no 6 sering saya alami

  2. Gilang Galunggung says:

    Saya tambah satu ya om.
    12. Ketika diminta seseorang untuk memfotokannya, dengan hasil yang jernih dan membuatnya tersenyum puas.
    Tapi ketika kita minta pada seseorang untuk memfoto kita, hasilnya jauh dari yang diharapkan, blur dan gelap. Padahal itu adalah moment terindah untuk sang fotografer. Sejak saat itu saya lebih suka selfiiii….!!

  3. Hardianto says:

    Pernah sekali waktu sdh berencana motrek acara ijab kabul, dengan gaya yakin datang bawa flash stand dan flashnya…singkatkata flash stand sdh terpasang beserta payungnya/diffuser pada saat pasang flash eeeeee ternyata trigernya lupa gak dibawa….malu, kesel pengen marah tapi lha piye wong ndak dicek dulu sebelum berangkat….hahaha.
    Semoga gak ada yg ngalami seperti saya…malu abis broooowww

  4. bagi2 music says:

    5 saya tidak setuju walau hujan masih tetap bisa moto malah ada efek yang bagus

  5. Ismi Liutami says:

    Kalau tiba-tiba ada yang berdiri depan kamera padahal kita udah dapet angle yang tepat, siap jepret itu gimana ya? Boleh ditabok pake tripod? 😂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *