Olympus Air A01, Kamera Unik Untuk Smartphone Anda Siap Dipasarkan

Bagi anda pecinta smartphone photography, tampaknya tahun 2015 ini akan menjadi tahun favorit anda. Setelah beberapa waktu lalu telah diberitakan kamera DxO One yang mampu mengubah Iphone anda menjadi setara kamera DSLR, belum lagi pengembangan trigger wireless flash untuk Iphone, kini pabrikan Olympus baru saja merilis keterangan resmi mereka tentang ketersediaan kamera Olympus Air A01, sebuah kamera mirrorless dengan sensor berukuran micro four thirds, kamera ini akan tersedia di pasar Amerika bulan Juli ini.

Olympus Air A01, Kamera Unik Untuk Smarthone Anda Siap Dipasarkan

 

Hal yang unik dari kamera ini adalah bentuknya yang sepintas hanya seperti lensa dengan ujung mount terbuka. Menawarkan konsep yang mirip dengan DxO One, kamera ini sebenarnya adalah kamera mirrorless tanpa display LCD. Untuk menghubungkannya dengan smartphone anda, anda harus menggunakan aplikasi khusus kamera ini serta dikoneksikan menggunakan bluetooth ataupun wi-fi. Berikut adalah spesifikasi yang dimiliki oleh Olympus Air A01 dilansir dari Fstopper.com :

  1. Prosessor gambar TruePic VII
  2. Sensor Digital Live MOS beresolusi 16,05 Megapiksel
  3. Electronic Shutter yang mampu mencapai 1/16000s
  4. Kemampuan rekam video dengan resolusi Full HD 1080p di frame rate 30fps
  5. OA Central App tersedia untuk sistem operasi iOS dan Android
  6. Built in Bluetooth dan Wi-Fi untuk konektivitas
  7. Sistem Auto Focus cepat dengan burst mode 10fps
  8. Slot kartu microSD dan sudah memiliki batere sendiri di kamera

Olympus Air A01, Kamera Unik Untuk Smarthone Anda Siap Dipasarkan

Karena kamera ini adalah bagian dari sistem micro four thirds, maka mount kamera ini support untuk dipasang dengan semua lensa kamera MFT, selain itu juga tersedia untuk lensa lainnya tentu dengan menggunakan adapter khusus. Keunggulan tersendiri dari kamera Olympus A01 adalah aplikasi untuk menghubungkan kamera dengan smartphone, yaitu OA Central App bebas anda download baik itu di perangkat dengan sistem operasi iOS ataupun Android. Ini tentunya akan memberikan kemudahan ekstra bagi pengguna Android yang tertarik jika dibandingkan dengan DxO One yang eksklusif tersedia hanya untuk Iphone. Selain itu OA Central App dilengkapi juga dengan Photo Story, sebuah fitur unik yang mampu menggabungkan beberapa sudut pandang berbeda ke dalam sebuah foto dengan 4 pilihan berbeda. Juga tersedia fitur-fitur lainnya seperti Clip atau Genius yang memungkinkan anda untuk mengedit rekaman video dengan menambahkan musik atau efek tertentu, untuk Genius merupakan pengedit foto yang mengizinkan anda mengubah tingkat kecerahan, warna, ataupun efek-efek yang ada untuk dikombinasikan sehingga bisa menghasilkan 6 variasi berbeda dari sebuah foto.

Baca juga : Kapan Saat Yang Tepat Untuk Mengupgrade Kamera

Untuk harga, kamera Olympus Air A01 ditawarkan dengan harga US$ 300 atau sekitar 4 juta rupiah untuk bodi kamera saja, untuk versi built in lensa EZ 14-42mm harganya adalah US$ 500 atau sekitar 6,5 juta rupiah, kamera ini juga tersedia dalam versi warna hitam dan putih. Sayangnya belum dipastikan kapan kamera ini akan tersedia di Indonesia. Jadi tertarik untuk memilikinya ?

(Sumber : Fstopper.com)

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *