Panasonic Lumix FZ300 : Kamera Prosumer 24x Zoom Dari Panasonic

Selain meluncurkan mirrorless GX8, Panasonic juga ternyata telah mempersiapkan kamera prosumernya Lumix FZ300 sebuah kamera superzoom yang dilengkapi dengan lensa zoom hingga 24x (equivalent 25-600mm di 35mm) dan bukaan konstan di f/2.8. Seperti apa keunggulan dari kamera prosumer ini ? Mari kita lihat bersama.

Sensor CMOS 1/2.3 inci dengan resolusi 12,1 megapiksel dan ditenagai dengan prosesor Venus Engine terbaru yang juga dimiliki oleh GX8, perpaduan keduanya membuat kamera ini mampu menangkap gambar hingga ISO maksimum 6400. Kamera ini memiliki bodi yang tangguh dan didesain untuk tahan debu maupun cipratan air

FZ300 FIle 3

Dalam hal kemampuan video, kamera prosumer ini bisa merekam video dengan resolusi 4K pada frame rate 30/24. Sama seperti kamera mirrorless GX8, fitur untuk membuat foto dari hasil rekaman video 4K tadi juga tersemat di kamera ini. Dengan resolusi foto yang diambil dari video tersebut hingga ukuran 8 megapiksel. Tentu untuk keperluan sehari-hari seperti upload media sosial itu sudah sangat mencukupi.

FZ300 FIle

FZ300 FIle 2

Pada bagian belakang dari kamera ini anda akan menjumpai viewfinder elektronik berresolusi 1.440.000 titik dengan kemampuan view hingga 100% di aspek ratio 4:3. Selain itu tersedia juga layar LCD touchscreen yang memiliki fitur swivel dengan resolusi hingga 1.040.000 titik

Sama seperti GX8 fitur autofokus yang disematkan di kamera FZ300 ini juga mengadopsi teknologi Depth From Defocus yang memungkinkan kamera mengunci titik fokus dengan sangat cepat. Panasonic mengklaim hanya membutuhkan waktu 0.09 detik hingga kamera bisa mengunci titik fokus. Apalagi ditambah kemampuan burst dari kamera ini yang mencapai 12fps, tampaknya kamera ini akan menarik minat bagi pecinta olahraga aksi yang butuh kemampuan fps tinggi serta kinerja autofokus yang mumpuni. Dengan adanya bukaan konstan dari lensa di kamera ini tentu membuat kemampuan menangkap cahaya pada zoom terjauh bisa lebih diandalkan.

Fitur-fitur lain yang tersedia antaranya adalah koneksi Wi-Fi, lapisan Nano Surface Coating pada lensa untuk menekan ghosting dan flare, image stabilezer, kemampuan untuk menyimpan hasil foto dalam format RAW, pop up flash internal yang sudah built in kamera, multi process noice reduction, kemampuan rekam video High Speed di 120fps di kualitas HD atau 240fps di kualitas yang lebih rendah setara VGA, fitur focus peaking, time lapse, stop motion, serta waktu start up yang singkat dari kondisi mati hingga kamera siap digunakan hanya dibutuhkan waktu sekitar 0,88 detik.

Jika melihat dari kemampuan zoom tentu kamera ini masih kalah dari Nikon P900 yang memiliki kemampuan zoom optik hingga 83x dan membuat kamera itu bahkan bisa memotret bulan. Tapi jika anda menginginkan teknologi autofokus canggih dari Panasonic serta sederet kemampuan lainnya maka kamera ini patut menjadi pertimbangan anda. Panasonic FZ300 akan tersedia mulai bulan Agustus 2015 nanti dengan harga US$ 600 atau sekitar 7.8 juta rupiah dengan kurs saat ini.

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *