Sony A7S II Akan Mampu Merekam File RAW 14 Bit Tanpa Kompresi !

Sebuah kabar menarik baru saja dirilis oleh pabrikan kamera Sony, setelah meluncurkan kamera terbaru mereka Sony A7S Mark II yang digadang-gadang sebagai kamera paling sensitif urusan low light, kini disebutkan Sony dalam postingan resminya bahwa kamera Sony A7S II tadi akan mampu memotret dengan file RAW format 14 bit tanpa kompresi!

Kemampuan tersebut seperti dilansir dari Sonyalpharumors akan langsung disematkan di kamera Sony A7S II, kamera itu direncanakan akan beredar di pasaran bulan Oktober 2015 nanti. Menariknya, tak hanya Sony A7S II saja yang diberikan kemampuan itu, melainkan kamera Sony A7R II juga.

Khusus untuk kamera Sony A7R II, kemampuan merekam file foto dalam format RAW 14 bit tadi akan ditambahkan melalui update firmware, updatean ini nantinya akan tersedia gratis bagi setiap pemilik kamera Sony A7R II tersebut.

Sony A7S II Akan Mampu Merekam File RAW 14 Bit Tanpa Kompresi

Mungkin Anda berpikir, apa istimewanya file RAW 14 bit itu ? Jika kita analogikan foto sebagai layar handphone atau smartphone, maka format JPEG adalah layar qHD standar sedangkan RAW 12 bit adalah layar Full HD, nah untuk RAW 14 bit tanpa kompresi itu ibarat layar 4K atau 8K.

Foto dengan format RAW mampu menampung data lebih banyak serta dynamic range yang super lebar, untuk RAW 12 bit mampu menyimpan 68 milyar warna di dalamnya, sedangkan RAW 14 bit bahkan bisa lebih dari  4 triliun (iya triliun !) warna di dalamnya, bandingkan dengan JPEG 8 bit yang hanya mampu sebanyak 16 juta warna saja.

Baca juga : 8 Kelebihan Foto Format RAW

Dengan adanya format 14 bit tanpa kompresi ini, pengguna kamera Sony bisa lebih banyak menyimpan data di dalam setiap foto yang dijepret. Namun konsekuensinya adalah ukuran file foto yang akan membengkak menjadi puluhan megabyte lebih besar tentunya.

Menurut pihak Sony, penambahan fitur ini untuk mengikuti kemauan pihak konsumen yang banyak menginginkan fitur ini di kamera milik mereka. Selain fitur rekam file RAW ini, Sony juga mengumumkan akan ada penambahan 8 lensa FE pada awal 2016 mendatang. Jadi, apa pendapat anda tentang kamera ini?

(Sumber : Sonyalpharumors)

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *