8 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Kamera

Apakah anda saat ini mulai mempertimbangkan untuk membeli sebuah kamera? Merasa tertarik dengan foto -foto indah yang bertebaran di internet, kemudian anda ingin bisa menghasilkan foto seperti itu?

Atau anda saat ini sudah mulai menabung untuk mengejar target anda, dalam beberapa bulan kedepan bisa memboyong kamera (atau smartphone dengan kamera yang keren).

8 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Kamera

Tentu kita tak ingin jika lembaran-lembaran uang yang telah disisipkan berbulan-bulan, dan pada saat membeli, anda merasa menyesal karena salah membeli, atau ternyata bukan seperti yang anda ekspektasikan.

 1. Kebutuhan ataukah keinginan

Agar supaya nantinya anda tidak seperti membeli kucing dalam karung, dan juga nantinya tak ada penyesalan di kemudian hari (apaan sih..) haha. Anda harus mulai mempertimbangkan beberapa hal berikut sebelum anda ke toko kamera, memilih dan ternyata salah.

Ini menjadi poin yang pertama, mengapa? Karena ada beberapa orang yang membeli kamera tanpa benar-benar mengetahui apakah dia membeli karena dia memang butuh, ataukah dia hanya sekedar ingin punya kamera.

Tak jadi masalah anda membeli hanya karena sebuah keinginan atau kebutuhan, itu hak masing-masing. Namun kalau anda menyadari anda membeli kamera itu ingin atau butuh, itu akan mempengaruhi langkah selanjutnya yang akan anda lakukan.

Camera

Kita lihat contohnya : Jika anda membeli hanya karena keinginan, umumnya orang akan sekedar melihat dari tampak luarnya saja kamera tersebut, apakah keren atau tidak, ketika orang melihat mereka akan terkagum-kagum dan sebagainya.

Namun jika anda benar-benar butuh, anda akan memperhitungkan segala hal berdasarkan kebutuhan anda. Misalnya anda butuh kamera untuk pekerjaan anda, tentu semua kamera yang sekiranya tidak mendukung pekerjaan anda, akang dilengserkan dari list anda.

2. Harga dan Budget

Harga dan budget adalah dua hal yang sangat berkaitan, anda menginginkan kamera dengan harga tertentu, tapi budget tak mencukupi tentu repot. Saya kalau ditanya teman, bagusnya beli kamera apa? Merk apa? Hal yang saya tanyakan dulu, kamu punya uang berapa? Mau dibelanjakan sebanyak apa?

Kalau anda memiliki budget tanpa batas, tentunya harga takkan pernah jadi masalah, beda kalau budget anda hanya beberapa juta saja, maka kita bisa menentukan range harga kamera sesuai dengan budget anda.

Semua kamera yang di luar budget, langsung otomatis tersingkir dari list pembelian bukan?

Namun jika seandainya anda sudah ngebet atau betul-betul menginginkan sebuah kamera dengan harga di luar budget anda, yah tak ada pilihan selain menahan diri dan menabung, sampai budget anda terpenuhi untuk kamera yang ditargetkan.

3.Tujuan membeli kamera

Nantinya ketika anda sudah memiliki kamera,  kamera itu akan anda bawa kemana saja? objek seperti apa yang akan anda foto? Atau jenis acara seperti apa yang akan anda foto?

Apakah model kamera sangat penting untuk gaya anda atau tidak? Semua pertanyaan itu serta pertanyaan-pertanyaan yang sejenis itu yang mungkin bisa anda pikirkan, harus diketahui jawabannya.

foto keren

Mengetahui jenis foto apa yang senang kamu potret akan sangat membantu menentukan kamera yang ingin dibeli

Kalau tujuan anda membeli kamera untuk dipakai berwisata, jalan-jalan, jangan membeli kamera dengan ukuran besar dan beratnya yang mencapai hampir sekilo. Berwisata sambil menenteng bawaan berat tentu akan jadi hal yang sulit.

4. Kualitas gambar yang dihasilkan

Apakah anda mementingkan kualitas gambar? Jika iya, pertanyaan berikutnya adalah apakah anda akan memamerkan hasil foto anda dimana? Jika anda berencana untuk mencetak besar dan dipajang, maka pilihlah kamera dengan kualitas tertinggi yang bisa anda beli.

Tapi jika hanya untuk diupload di Instagram, Facebook atau Path maka kamera digital pocket bahkan smartphone yang terbaru sekarang sudah sangat mencukupi.

Ingat juga pembahasan mengenai ukuran megapixel pada kamera, bagaimana kualitas gambar biasanya berbanding lurus dengan ukuran sensor kamera, dan ironisnya ukuran sensor kamera sama-sama berbanding lurus dengan harga kamera tersebut, semakin mahal kamera biasanya kualitasnya juga semakin bagus.

Pepatah lama di sini berlaku : Ada harga ada rupa.

5. Konektivitas kamera

Apakah anda seorang social-media-aholic, kemana-mana foto lalu upload, akun anda hadir merambah semua media sosial di dunia. Setiap menit selfie, groufie atau apalah namanya, kemudian diupload.

Jika anda tipikal orang seperti ini, maka konektivitas kamera hal penting yang harus dipertimbangkan.

Instagram banyak akun

Senang dengan sosial media? Pilih kamera yang punya fitur Wi-Fi atau NFC

Di era modern seperti ini rata-rata kamera terbaru sudah mendukung fitur wi-fi, dengan fitur tersebut anda bisa langsung menyalin foto dari kamera ke smartphone anda, lalu langsung diupload ke media sosial.

Carilah kamera yang mendukung atau memiliki fitur tersebut.

6.Ganti lensa atau tidak

Kebebasan untuk mengganti lensa juga patut anda perhitungkan, dengan mengganti lensa anda bisa memilih lensa yang terbaik untuk kamera anda, dengan tujuan penggunaan yang berbeda tentu.

Mulai dari lensa lebar sampai tele tersedia di pasaran, dari lensa yang bisa memotret semut sampai memenuhi frame, hingga lensa yang bisa memotret komedo di hidung teman, yang berjarak sejauh satu kilometer pun tersedia.

Sampel Canon 35mm f-1.4L II

Namun ingat saat anda membeli kamera yang bisa berganti lensa (bahasa kerennya Interchangeable lens), artinya anda juga membeli sistem merk kamera, karena kamera dengan merk tertentu tak bisa dipasang lensa dari merk lainnya, kecuali memakai adapter yang biasanya juga tidak optimal.

Jika anda tak mau repot dengan lensa-lensa segala macam pilihlah kamera saku atau smartphone sekalian.

7. Merk

Merk yang saya maksudkan di sini bukanlah dalam artian merk yang satu lebih bagus dari merk yang lain.

Sering sekali saya menerima pertanyaan mana lebih bagus Canon atau Nikon, dan saya biasanya cuma menjawab, kalau kamu yang memegang kamera dan belum mahir, biasanya sih dua-duanya tidak bagus hehe.

Yang saya maksudkan dengan merk adalah kemudahan anda mendapatkan produk kamera tersebut di pasaran, kemudahan mendapatkan aksesoris pendukung kamera, technical support dan service center yang terpercaya serta mungkin bisa mudah anda jangkau, juga sistem kamera yang mumpuni dalam artian lensa-lensa pilihan yang banyak, atau flash eksternal yang terjangkau.

Spesifikasi Dan Daftar Harga Lensa Canon Terbaru

Pilihan merk kamera juga cukup berpengaruh

Jangan lupakan garansi kamera yang dijamin, apakah itu hanya garansi toko, distributor, atau garansi international. Khusus mengenai lensa dan flash eksternal, biasanya produsen pihak ketiga seperti Sigma, Tamron atau Tokina hanya menyediakan lensa dan aksesoris untuk Canon dan Nikon, serta beberapa juga untuk Sony.

Di Indonesia sendiri dua merk itu juga yang memegang pangsa pasar cukup besar, tentu produsen dari merk lain tetap juga patut anda perhitungkan.

8. Komunitas

Komunitas maksudnya adalah rata-rata teman-teman anda menggunakan kamera apa?

Keuntungan jika anda menggunakan kamera yang mirip dengan milik teman-teman anda, anda bisa dengan mudah mempelajari cara mengoperasikan kamera tersebut, tentu karena ada orang yang bisa membimbing anda.

Baca juga: 6 Komunitas Fotografi Indonesia Yang Layak Kamu Ikuti Di Instagram

Keuntungan lainnya adalah bisa meminjam lensa yang sama merek atau support dengan kamera yang anda punya. Tapi jika anda mau tampil beda tentu juga hal itu tak menjadi masalah hehe.

Demikian 8 hal yang harus anda pertimbangkan sebelum membeli kamera baru, pastikan juga anda sudah mempelajari bagaimana foto slow speed tanpa tripod bisa anda dapatkan.

Thanks for reading.

Header from www.kenrockwell.com

Baca Juga...

33 Responses

  1. Cakbro says:

    Halo gan, ane pengen beli kamera digital dgn spesifikasi berikut:
    1. Tujuan utk foto dan video (film2 pendek)
    2. Diatas 20 mega pixel
    3. Budget dibawah 5 jutaan
    4. Bisa utk memotret objek bergerak
    5. Fitur wifi

    Mohon rekomendasinya, thanks

  2. eten says:

    halo gan, saya boleh minta rekomendasi kamera dengan budget 7jt an untuk bikin video pendek dalam ruangan. satu rekomendasi untuk dslr dan satu untuk mirrorless. terimakasih

  3. Ridolf says:

    Halo gan…aq mau beli kamera budget 10jutaan…dipake kl hanya jalan2 sama keluarga…ada wifi biar mudah transfer k smartphone.tks sblmnya.

  4. abuabu says:

    om , gua mau bli pentax kr keluaran 2011 .. masih worth it gak ? soalnya pas dicompare dengan nikon d3300 masi tinggian ni dslr .. gimana ?

    • Sheva says:

      Yah tergantung dapatnya harga berapaan ya hehe. Yang perlu diingat adalah dukungan lensa dan aksesoris Pentax yang tentu lebih jarang dibanding merek lain.

  5. dewi says:

    halo gan mau tanya… aku mau foto buat hasil karya makeup in orang… jd before dan after makeup… disini aq butuh utk kualitas kamera yg bagus dan tajam btw mendingan dslr ato mirrorless…. ada gk sih kamera yg gk ad noisenya ato minim noise itu dslr ato mirrorless….rekomendasi donk utk budget 7 – 10jt thx gan

    • Sheva says:

      Noise itu tergantung ISO yang dipakai. Kalo kondisi kurang cahaya, biasa dipakai ISO tinggi. Nah akibatnya noise mncul. Cara sederhana supaya tidak muncul noise yah memotretlah di tempat yang terang 🙂 atau kondisi cahaya bagus. Di budget segitu rata-rata sudah sangat mencukupi. Bisa coba Nikon D5500 atau Canon 70D. Untuk mirrorless bisa dapat Sony A6000.

  6. Nikolaus Januardi says:

    Gan, ane mau beli kamera mirrorless, budget 8jt kebawah pengen beli utk foto landscape dan kadang utk dibawa travel. Tapi ane juga memikirkan nantinya akan nambah lensa. Dan saya pengen punya merk/jenis kamera yg harga lensanya murah pas dikantong. Ane sudah search beberapa merk kamera, spt Panasonic Lumix, Olympus, Canon, dan Nikon yg lensa mereka tidak semahal Fujifilm dan Sony. Kira-kira kamera apa ya gan yg cocok? Thanks

    • Sheva says:

      Rata-rata mirrorless dengan lensa kit sudah mencukupi untuk landscape dan traveling. Tapi buat alternatif bisa coba mirrorless Canon untuk pertimbangan upgrade lensanya.

  7. Nurul says:

    Gan, ane mau beli camera harga 2,5 jutaan ke bawah, yg kualitas hasil jepretannya bagus, body nya ringan, bisa jepret objek bergerak, bisa buat rekam video juga, utk foto hal yg objeknta cepat, traveling juga

    • Sheva says:

      Budget segitu bisanya dapat kamera saku, jadi jangan terlalu berharap untuk kualitasnya. Kamu bisa melirik Nikon Coolpix L830 untuk harga 2 jutaan.

  8. Kri Manuel Johannes says:

    Saya perlu kamera untuk fotografi dan videografi. Budget saya maksimal 5 jt, saya mempertimbangan Nikon d3300 dan Canon 1300d. Yg terpenting kamera tsb nyaman digunakan dan cepat dipelajari pemula. Kira2 saya hrs pilih yg mana? Terima kasih

  9. ARIF WIBOWO says:

    Mas aku maw nanya..
    Ane maw beli kamera tpi bgung pilih mirorles atau DSLR..
    Kalau kebutuhan sih saya suka buat Video2 gitu untuk youtubers trus yg hasil potret nya bagus..

    Pgen mirorles kelihatan simple tpi suka yang DSLR krn suka bodinya yg gede..

    Menurut mas kamera yg mencakup ke2anya apa ya???

  10. Putri says:

    Kak aku mau kamera budget under 3jt, mau yg murah dulu tapi bagus dan cocok buat ambil gambar yg lumayan tajam. Mendingan canon eos 1100d atau nikon l830 ya kak? Trims kak sebelumnya

  11. dena says:

    hallo aku mau beli kamera nih kebutuhan nya cuma buat foto foto atau vlog yang hasil nya kaya selebgram gtu. tapi dengan budget 5,5 kebawah. kira kira rekomendasi apa ya mirroles apa dslr ?

  12. Kalo kamera dslr yang terjangkau tapi bagus untuk videografi bagusnya merk apa mas?

  13. Ahmad says:

    Budget 25jt, kamera apa yg bagus mas? Kebutuhan bakal dipake utk pre/wedding, photo acara seminar indoor, perpisahan sekolah, dan lain lain. Kemungkinan bakal bnyak dipake di dalam ruangan, jdi mau cari yang noisenya sedikit saat dipake ISO tinggi.

    • Sheva says:

      Kalo tidak termasuk lensanya, rekomendasi Nikon D750. Kalo sekalian lensanya disarankan Canon 80D atau Nikon D7200, jangan lupa peralatan lighting semacam flash eksternal, jauh lebih penting saat pemotretan dalam ruangan.

  14. Ayuduha says:

    Kalau nikonD7000
    Bagus gk y, kalau utk traveling dan potret bergerak?
    Kira2 harga brp ya?
    Mohon masukannya
    Trimakasih

  15. ORGE says:

    Mau tanya dong gan/sist mending A6000 atau X-A5 ya ? kebutuhan sih buat travel travel aja,cuman masih bingung milih antara 2 kamera itu soalnya hampir mirip mirip juga sih,dan saran lensanya ya.
    Terima Kasih

  16. Edward Tanjung says:

    Kak recommend dong kamera dslr
    -di bawah 6jt
    -LCD touchscreen
    -wifi
    -20mp keatas
    -zoom yg jauh

  17. Rama says:

    Gan kalo beli kamera bekas .ngga ada dus gimana menurut agan ?

    • Sheva says:

      Yang pasti cek fungsi kameranya dulu, normal atau tidak. Setelah itu cek hasil fotonya, kualitasnya baik atau tidak. Intinya sih itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *