4 Tips Sederhana Mendapatkan Hasil Foto Keren Dengan Biaya Murah

Hobi fotografi itu mahal? Namun bercita-cita menjadi fotografer yang handal dan menghasilkan karya foto keren? Pertanyaan yang satu ini memang sering sekali dilontarkan orang yang baru mau belajar ataupun baru saja mencoba memotret.

Foto Keren karya fotografer handal

Kesan mahal yang ada mungkin terasa karena melirik harga peralatan foto yang memang cukup terasa di kantong.

Saat ini rata-rata harga kamera DSLR ataupun sejenisnya masih di atas 3 jutaan, itu untuk jaminan ukuran sensor yang memadai dalam memotret tentunya.

Meski satu hal yang tak bisa kita pungkiri bahwa namanya hobi apapun juga tetap akan terasa mahal, tapi tidak bagi orang yang menekuninya!

Kembali ke masalah hobi fotorafi yang terasa mahal, nah bagaimana jika keuangan yang kita miliki rata-rata kurang memadai dan tetap ingin menghasilkan karya fotografi yang keren?

Tentu saja hal itu bukan mustahil, malah sangat mungkin jika kita memiliki sedikit keberanian dan kreatifitas, untuk itu mari kita simak beberapa tips berikut yang akan membantu Anda menghasilkan karya fotografi yang keren, dengan biaya seadanya.

1. Beli peralatan fotografi bekas

Ini mungkin hal yang cukup beresiko bagi beberapa orang. Namun tetap merupakan pilihan yang  tepat, jika Anda kepingin memiliki gear idaman tapi tak memiliki cukup dana untuk membeli yang baru.

Membeli kamera atau lensa bekas (second hand) tentunya membutuhkan ketelitian dalam memilih. Jangan sampai Anda membeli barang yang harganya sudah tidak sesuai dengan kondisi barang yang ada.

Jika Anda masih ‘awam’ dalam dunia fotografi, jauh lebih baik jika Anda mengajak seorang teman yang sudah berpengalaman untuk bersama meneliti barang yang ingin dibeli.

Telitilah sebaik-baiknya gear yang ditawarkan tadi, jika memungkinkan, akan lebih baik lagi jika Anda bisa memegang dan mencoba secara langsung gear tersebut.

Tips Mendapatkan Hasil Foto Keren Dengan Biaya Murah

Contohnya untuk kamera bekas, jangan lupa untuk meneliti shutter count kamera tersebut untuk lebih memastikan usianya. Belum tahu apa itu shutter count? Baca kembali artikel ini.

Jika Anda memutuskan untuk membeli lensa bekas, ujilah terlebih dahulu dengan body kamera Anda. Perhatikan secara seksama apa ada cacat atau malfunction selama menggunakannya. Perhatikan juga debu, jamur ataupun kotoran lainnya yang bisa berpengaruh pada hasil akhir foto.

Baca kembali artikel ini untuk melihat beragam cacat pada lensa yang mungkin Anda dapati saat membeli lensa bekas.

Terlepas dari semua resiko yang ada saat Anda memutuskan untuk membeli peralatan fotografi second, tetap saja ini merupakan cara yang murah untuk mendapatkan hasil fotografi yang keren.

2. Kreatif dengan membuat aksesoris DIY

Aksesoris DIY (Do It Yourself) merupakan tantangan tersendiri bagi kita yang hanya memiliki dana pas-pasan, namun tantangan ini hasilnya tetap akan sangat memuaskan jika Anda mau mencobanya.

Ada banyak aksesoris fotografi yang sebenarnya sangat mudah untuk Anda buat sendiri, salah satu yang sempat kami singgung adalah bagaimana membuat diffuser khusus untuk flash internal, linknya bisa Anda lihat di artikel ini.

Aksesori yang paling umum untuk kita buat sendiri, biasanya ketika kita bermain strobist.

Baca juga : Seri Belajar Strobist : Apa Itu Strobist?

Contoh sederhananya Anda bisa berkreasi membuat softbox sendiri dari bahan-bahan yang mudah didapat, ini hanya tergantung dari kreatifitas Anda.

Tips Mendapatkan Hasil Foto Keren Dengan Biaya Murah

Hasil foto makro dengan reverse ring

Jangan lupa untuk bergabung dengan komunitas-komunitas fotografi, karena umumnya di dalam komunitas kita bisa saling share kreatifitas dalam hal ini.

Tak hanya aksesoris saja, Anda juga bisa berkreasi dengan apa yang Anda miliki saat ini, contohnya membalikkan lensa untuk mendapatkan hasil foto makro yang keren, Anda bisa baca artikelnya di sini.

3. Kuasai Peralatan yang dimiliki

Salah satu hal paling umum ketika kita melihat sebuah foto, umumnya kita akan melihat data EXIF fotonya, di sana akan tertera jenis kamera dan lensa apa yang digunakan. Ketika kameranya pro atau lensanya canggih, maka orang akan mulai ngeles dengan berkata “Tentu saja fotonya bagus, kameranya puluhan juta!”.

Yup, terkadang kita terlalu mengharapkan punya peralatan yang lebih canggih sambil berpikir hasil foto akan lebih keren. Sayangnya itu tak sepenuhnya benar, Anda pasti ingat dengan istilah “Man behind the gun”, ya hasil utama sebuah foto tetap tergantung pada fotografernya sendiri, terlepas dari peralatan yang dia gunakan.

Tips Mendapatkan Hasil Foto Keren Dengan Biaya Murah

Oleh karena itu, kuasailah peralatan fotografi yang Anda miliki! Hanya punya kamera pemula dan lensa kit? Tak mengapa, pelajari sungguh-sungguh, ketahui dengan detil setiap letak tombol dan fungsinya.

Hanya punya smartphone? Pelajari bagaimana trik agar hasil foto smartphone bisa tampak keren!

Baca juga : Tips Memotret Sunset Dengan Smartphone

Dengan menguasai peralatan yang Anda miliki, Anda akan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari peralatan Anda. Dengan begitu tentu Anda bisa memaksimalkan sebisanya kemampuan gear yang Anda miliki.

Camera

Jangan dulu tergiur untuk membeli gear baru, jika mengatur ISO saja Anda masih kebingungan.

4. Keluar Dan Memotret

Anda takkan bisa mendapatkan hasil foto yang keren jika tak memotret, oleh karena itu cara paling mudah dan murah untuk sebuah karya fotografer handal adalah keluar dan memotret!

Istilah practice makes perfect tepat dalam hal ini, mengerti setidaknya dasar dari fotografi tentu penting, tapi bila tak dipraktekan adalah hal yang percuma.

tripod dan fotografer

Mulailah memotret dari lingkungan sekitar Anda, pelajari hal-hal menarik yang bisa dipotret, jiks memungkinkan, pastikan kamera Anda selalu tersedia bersama agar Anda tak kehilangan momen menarik yang terjadi.

Baca juga : Mendapatkan Hasil Jepretan Yang Tepat Di Waktu Yang Tepat

Cobalah berbagai genre fotografi kemudian temukan spesialisasi Anda, sesuatu yang paling menarik diri Anda untuk dipotret. Contohnya, Anda tertarik memotret sunset atau sunrise? Sering-seringlah keluar di pagi atau sore hari.

Tertarik memotret hewan atau binatang liar? Mulailah mengamati hewan yang ada di sekitar Anda, sesekali wisata ke kebun binatang tentu sangat membantu.

****

Demikian 4 tips sederhana bagi Anda yang ingin mendapatkan hasil foto keren, tanpa mengeluarkan biaya terlalu mahal.

Pada intinya, selama Anda memiliki kemauan untuk belajar dan mencoba, mendapatkan foto keren seperti karya fotografer handal di luar sana bukanlah hal yang mustahil.

Selamat memotret!

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *